Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Pantai Cermin di Sumatera Barat yang Ada Tumbuhan Unik Kantong Semar

Gunung Pantai Cermin belum banyak di daki orang, karena belum banyak pendaki yang mengetahui keberadaan gunung ini. Jalur pendakiannya dari Jorong Koto Tinggi, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Pantai Cermin merupakan salah satu gunung di Sumatera Barat dalam kawasan bukit barisan. Lokasinya di perbatasan Kabupaten Solok dengan Kabupaten Pesisir Selatan.

Gunung Pantai Cermin belum banyak di daki orang, karena belum banyak yang mengetahuinya. Jalur pendakiannya dari Jorong Koto Tinggi, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok.

Gunung Pantai Cermin bukanlah tujuan populer bagi para pejalan kaki, dan mungkin lantaran ini jalan setapaknya bersih dari sampah. Saat pendakian Anda akan menemukan beberapa tanda panah logam yang ditinggalkan, Pos 1 berada di ketinggian 1.965 mdpl dan Pos 2 tanpa tanda di ketinggian 2.270 mdpl.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Minggu, 12 November 2023, terdapat harimau Sumatera dan berbagai jenis tumbuhan unik seperti kantong semar di gunung ini. Ada pula sumber mata air panas untuk relaksasi dalam perjalanan turun setelah mencapai puncak Gunung Pantai Cermin.

Masih banyak hal mengenai Gunung Pantai Cermin selain lokasinya. Berikut enam fakta menarik Gunung Pantai Cermin yang dirangkum Liputan6.com pada Jumat, 10 Novemebr 2023.

1. Asal-usul Nama Pantai Cermin

Gunung ini membentuk dataran tinggi yang luas menuju ke selatan menuju wilayah Gunung Kerinci, meskipun titik tertinggi terselip dan sulit dilihat dari jalan utama. Nama Pantai Cermin terdengar sangat menarik tetapi tampaknya hanya dinamai menurut nama Kecamatan setempat. Sepertinya nama tersebut hanya diambil dari nama desa setempat. Namun mengapa desa tersebut diberi nama 'pantai cermin' masih belum diketahui secara pasti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hutannya Padat dan Terdapat Kantong Semar

Terdapat tanaman kantong semar yang tumbuh tanpa gangguan di punggung bukit yang lebih tinggi, dan setidaknya satu dari sedikit harimau Sumatera di wilayah ini. Pendaki perlu mewaspadai karena bisa saja binatang ini mengintai mangsa di lereng bawah gunung.

Hanya ada sedikit pemandangan yang bagus karena hutannya yang lebat, namun karena jalurnya sangat jelas, ini merupakan tamasya yang menyenangkan jika Anda sudah pernah mengunjungi puncak-puncak yang lebih populer di Sumatera Barat.

3. Titik Pendakian ke Gunung Pantai Cermin

Titik pendakian dimulai Jorong Koto Tinggi, yakni di ketinggian 1.300 mdpl. Lokasinya hanya 15 menit dari jalan utama Padang-Kerinci, dekat Surian. Wilayah ini memiliki beberapa kincir air yang digunakan untuk irigasi dan bahkan ada sumber air panas yang tersembunyi di atas sawah.

Penduduk setempat telah membantu para pelajar pendaki (seperti yang berasal dari Mapala Unand 'MU' Padang) mendaki gunung pada beberapa kesempatan. Tetapi jalan setapak menuju pegunungan tertinggi sangat menyenangkan terutama karena penduduk setempat menggunakannya untuk berburu burung langka untuk dijual yang sungguh sangat disayangkan.

3 dari 4 halaman

4. Salah Satu Jalur Pendakian Menyusuri Sungai

Seperti biasa, ada beberapa cara untuk masuk ke dalam hutan dari desa itu sendiri. Yang satu menyusuri sungai dan mengarah ke area di tepi hutan (1.450 mdpl) yang baru-baru ini mengalami kebakaran hutan.

Jalur lainnya mengarah lurus ke atas punggung gunung (di sisi kanan jalan jika Anda melihat ke arah gunung dari desa). Dalam garis lurus jaraknya sekitar 6,6 km dari desa ke puncak tertinggi, namun seperti yang Anda duga, jalurnya tidak mengarah dalam garis lurus.

Setelah Anda mencapai punggung bukit di dalam hutan (1.567m), Anda mungkin akan dapat mendengar suara siamang yang menakjubkan karena banyak yang hidup di gunung ini. Ada juga peluang bagus untuk mendengar dan kemudian melihat burung enggang terbang di atas Anda dan hinggap di bagian tertinggi pepohonan. Jalurnya cukup jelas pada titik ini, dan menanjak secara bertahap dengan beberapa bagian yang curam sebelum mendatar lagi.

4 dari 4 halaman

5. Rute Pendakian ke Gunung Pantai Cermin

Pos 1 adalah tempat terbaik untuk berkemah di gunung karena datar dan besar seperti yang Anda temukan mungkin cukup untuk 3 atau 4 tenda kecil dan Pos 2 hanya menawarkan ruang untuk satu atau dua tenda kecil.

Di Pos 3 pada ketinggian 2.534 mdpl terdapat sekumpulan tanaman kantong semar dan cukup ruang untuk satu tenda kecil saja. Ada ruang untuk satu tenda kecil, Anda seharusnya bisa mencapai titik ini dalam waktu antara 4 dan 5 jam sejak awal.

Jalur ini kemudian mengarah ke bawah sekitar 70 meter sebelum mencapai persimpangan yang mudah dilewatkan (2.475 mdpl). Jalur yang layak mengarah ke sisi gunung (turun ke kiri) sedangkan jalur yang sangat kasar dan banyak ditumbuhi tanaman berlanjut ke depan atau kanan hanya beberapa meter di sepanjang puncak punggung bukit. Sayangnya, masih 1,9 km dari sini menuju puncak Pantai Cermin yang sebenarnya.

6. Terdapat Sumber Mata Air Panas

Dalam perjalanan kembali turun ke bawah, lebih masuk akal untuk terus menyusuri punggung bukit daripada turun ke ketinggian 1.560 mdpl karena pertama ada beberapa pemandangan indah saat menuruni lembah. Kedua Anda mungkin cukup beruntung melihat jejak harimau baru.

Mata air panas dapat ditemukan di sebelah kiri (saat turun) dekat persawahan dan pohon jambu (jambu biji). Tanyakan kepada penduduk setempat karena sulit ditemukan dan pada dasarnya hanya berupa pipa bambu lebar dengan air hangat yang mengalir keluar darinya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini