Sukses

Arief Muhammad Makan Masakan Padang di Maldives Seharga Rp1,8Juta, Bagaimana Rasanya?

Berbeda dengan sajian masakan Padang di Indonesia, menurut Arief Muhammad makanan yang disediakan di Maldives itu menyajikan masakan Padang dengan visual yang lebih mahal dan disajikan secara fine dining.

Liputan6.com, Jakarta Selebgram dan influencer Arief Muhammad dikenal sangat suka dengan makanan khas Padang atau Sumatra Barat. Ia bahkan membuka bisnis rumah makan masakan Padang saking cintanya dengan hidangan yang dikenal bercita rasa pedas tapi lezat itu.

Baru-baru ini, Arief yang memang berdarah Sumatra Barat membuat review makanan Padang yang dinikmatinya di negara lain, tepatnya di Maldives. Berbeda dengan sajian masakan Padang di Indonesia, makanan yang disediakan di restoran tempatnya makan itu menyajikan masakan Padang dengan visual yang lebih mahal dan disajikan secara fine dining.

"Lihat deh sumpah lontongnya dimacam-macamin kayak sushi. Hmm rasanya kurang familiar. Cobain satenya, hmm rasanya asin banget," kata Arief Muhammad, dikutip video Instagram Kuy Entertainment, Minggu 29 Oktober 2023. Ia juga membagikannya di Insta Story miliknya.

Menurut Arief, makanan khas Padang yang disediakan di restoran tersebut terasa sangat beda karena bumbu dan rempah yang digunakan berasal dari daerah setempat. Penggunaan bumbu dan rempah itulah yang jadi kunci utama masakan Padang. Ketika bahan yang digunakan tidak asli dari Indonesia maka rasanya pun akan berubah.

Arief kemudian mencicipi Soto Padang yang disajikan sebagai hidangan pembuka. Menurutnya, Soto Padang tersebut cenderung bertekstur dan rasa seperti Kari India. "Soto Padangnya juga rasanya beda banget rasanya kayak kari India gitu," terangnya.

Untuk hidangan utama, restoran tersebut menyajikan beberapa menu dalam porsi yang cukup kecil, berbeda dengan sajian di rumah makan Padang pada umumnya. Ada dua potong ayam bakar, plecing kangkung, setengah bagian telur balado, sepotong gulai ikan, dua potong daging rendang, serta nasi putih.

"Ini nasinya aku sendok sekali habis ini. Kita cobain nasinya dulu, tapi kok, nasinya kayak nasi uduk ada rasanya," ucap pria berusia 33 tahun itu . Setelah itu ia mencoba plecing kangkung yang menurutnya sama sekali tidak ada rasa masakan Padang, cenderung seperti masakan khas Jawa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rendang Padang dan Kari India

Ada juga gulai ikan yang menurut Arief Muhammad rasanya tidak seperti gulai ikan di restoran Padang dan telur balado yang rasa sambalnya terlalu tawar. "Ikannya enak rasanya bukan kayak saus Padang tapi enak. Terus telurnya standar kayak telur goreng aja tapi sambalnya nggak kayak sambal Padang, lebih tawar nggak strong," ungkapnya.

Terakhir, Arief mencoba menu yang sangat identik dengan masakan Padang yaitu rendang. Menurutnya, rendang tersebut cenderung mirip dengan kari India karena punya kuah yang kental. "Coba rendang, rendangnya ada kuahnya loh. Rendangnya persis kayak daging kari India. Rendangnya sama sekali ngga kayak rendang sih," jelas Arief.

Setelah mencoba semua makanan tersebut, Arief mengakui rasanya tidak mengecewakan. Meski begitu, rasanya sangat berbeda dengan masakan Padang asli Indonesia. Secara keseluruhan, Arief Muhammad bisa menikmati semua hidangan tersebut dengan harga Rp1,8 juta.

"Ini menurut aku semuanya enak cuma rasanya bukan rasa Padang, rasanya lebih ke India. Tapi over all semuanya enak. Aku paling suka ikannya. Rendangnya juga sebenarnya enak tapi ini bukan rendang tapi daging kari aja," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Restoran Padang Arief Muhammad

Arief Muhammad sendiri membuka restoran Padang bernama Rumah Makan atau RM Padang Payakumbuah. Banyak warganet penasaran dengan sajian di restoran ini lantaran ulasan yang diberikan banyak pelanggan mengatakan makanan di sana terasa nikmat.

Seorang wanita lantas mencicipi makanan di restoran yang berlokasi di kawasan Serpong, Tangerang Selatan itu. Ia mengaku memberikan ulasan jujur tentang sajian di sana. Hal ini ia bagikan melalui akun TikTok @mehmakanterus. Makanan bisa disajikan dengan cara dihidangkan di meja, dipilih, atau dipesan dulu dari daftar menu. Wanita bernama Femmy ini memesan telur barendo, jangek kuah, ayam goreng, dan dendeng batokok cabai hijau.

Menurutnya, dendeng di restoran Padang tersebut sangat lembut namun kurang smoky dan cabai hijaunya tak terlalu pedas. Selanjutnya, menu ayam goreng menggunakan ayam kampung dengan rasa gurih yang meresap.

Lalu untuk jengek kuah, ia merasa sangat menyukainya sampai menyebut kuah gulai itu merupakan yang ternikmat di Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk telur barendo, hanya bagian luar saja yang keriting karena bagian dalamnya tampak seperti telur dadar biasa.Total wanita ini membayar Rp230 ribu untuk makan tiga orang. Menurutnya, harga itu termasuk relatif murah.

Pada Mei 2022, selebgram kondang ini mendapat surat panggilan dari Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy. Penulis buku laris Poconggg Juga Pocong ini rupanya didapuk menjadi Duta Nasi Pandang. Arief Muhammad juga ditantang membuka rumah makan Padang untuk melestarikan kuliner Nusantara.

 

4 dari 4 halaman

Arief Muhammad Jadi Duta Nasi Padang

Tantangan ini pun disebut membuatnya terjebak di antara dua perasaan: kaget dan bahagia. "Insya Allah saya berusaha yang terbaik setelah menerima kepercayaan ini," Arief Muhammad mengatakan terkait penunjukan dirinya sebagai duta nasi padang.

Dengan popularitas dan pengaruh Arief, Audy percaya citra Padang sebagai destinasi wisata dan salah satu lumbung kuliner Nusantara makin terangkat.  Dua bulan berselang, Arief Muhammad menggenapi janjinya. Selebgram dengan 5 jutaan pengikut ini membuka rumah makan Padang Payakumbuah yang diklaim memiliki cita rasa autentik.

Arief optimistis restorannya disambut hangat para pencinta kuliner maupun masyarakat. "Karena hampir di tiap kota atau daerah di Indonesia, terdapat warung nasi Padang. Masakan Padang salah satu yang mudah dijumpai dan rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia," terang Arief Muhammad, melansir dari kanal Showbiz Liputan6.com.

Masakan Padang telah menjadi bagian hidup Arief mengingat, pesohor kelahiran 26 Oktober 1990 ini memang keturunan Minangkabau tepatnya berasal dari Payakumbuh.  "Aku dan Pak Wagub membuka restoran Padang dengan nama Padang Payakumbuah. Kenapa Payakumbuh, karena aku berasal dari sana. Alhamdulillah kami mewujudkannya," pungkas Arief Muhammad.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini