Sukses

Taman Hiburan Indoor Terbesar di Dunia Dibuka di China, Punya Akuarium Raksasa Berisi Paus Orca

Taman Hiburan Chimelong, taman hiburan dalam ruangan terbesar di dunia yang dibuka pada September 2023, di Zhuhai, Cina. Atraksi itu menghadirkan berbagai wahana dan atraksi, salah satunya akuarium yang berisi 150.000 hewan.

Liputan6.com, Jakarta - Taman hiburan Chimelong yang merupakan sebuah taman hiburan dalam ruangan terbesar di dunia dibuka pada September 2023. Tempat wisata bertema kapal luar angkasa ini terletak di Zhuhai, China. Dilansir dari The Sun, Kamis, 26 Oktober 2023, setelah peluncurannya, taman hiburan ini telah mendapatkan tujuh penghargaan rekor dunia.

Tidak hanya dipenuhi dengan berbagai wahana permainan, Chimelong juga menghadirkan akuarium raksasa yang menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 150.000 hewan. Taman hiburan ini juga dihiasi oleh langit-langit yang terbuat dari kaca raksasa serta arsitektur yang terinspirasi dari karya fiksi ilmiah, yang akan membuat para pengunjung takjub.

Dengan kapasitas 50.000 orang per harinya, ruangan seluas empat juta kaki persegi ini cukup besar untuk banyak orang. Para penggemar luar angkasa seperti kosmos, alien, dan pesawat luar angkasa, akan puas menjelajahi taman wisata tersebut tanpa takut bosan setelah menghabiskan waktu cukup lama berkeliling di taman hiburan tersebut.

Pembangunan taman hiburan bertemakan kapal luar angkasa raksasa ini menghabiskan biaya sebanyak 816 juta poundsterling atau sekitar Rp15,6 triliun, yang menjadikannya taman hiburan termahal di dunia. Bangunan tersebut memiliki akuarium dengan panjang 650 meter, dan menampung lebih dari 16,574,899 galon air di 38 tangki.

Beberapa paus orca yang tinggal di akuarium taman hiburan tersebut dapat menghasilkan gelombang setinggi 10,5 kaki. Hal tersebut menjadikan taman hiburan itu sebagai kolam ombak buatan dalam ruangan terbesar di dunia karena mesin ombaknya yang canggih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadirkan Berbagai Wahana

Atraksi paus orca tersebut terletak di "Whale Universe" milik Chimelong Spaceship, salah satu dari 15 zona wisata dengan berbagai tema di taman hiburan itu. Selain akuarium, terdapat museum ilmu kelautan yang menampung lebih dari 300 spesies ikan dan hewan lainnya.

Pengunjung bisa merasakan berbagai atraksi di taman hiburan terbesar di dunia itu, yang mengkerdilkan Warner Brother's World di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Para pengunjung juga bisa menaiki serangkaian wahana menarik di taman "Universe Paradise" yang menawarkan koleksi roller coaster dengan berbagai tema.

Chimelong's Universe Paradise juga menghadirkan wahana kapal selam bawah air pertama di China yang diberi nama Deep Sea Submarine, dengan atraksi simulator gerak terbesar di dunia yaitu Badai Bermuda. Wahana ini disebut sebagai puncak dari Universe Paradise, dengan 304 penumpang kapal dapat merasakan pengalaman Badai Bermuda yang diproyeksikan pada layar melengkung seluas 1.682 meter persegi.

Terdapat pula bioskop 5D, pameran lingkungan pendidikan, dan berbagai pilihan tempat makan untuk dijelajahi di taman hiburan tersebut.

3 dari 4 halaman

Terus Melakukan Pengembangan

Untuk beristirahat, pengunjung juga dapat menginap di Chimelong Spaceship Hotel yang memiliki 1.250 kamar. Hotel dengan menara setinggi 26 lantai ini menghadirkan berbagai restoran, kolam renang, toko ritel, dan ruang  konferensi.

Taman hiburan ini awalnya direncanakan dibuka pada 2021 setelah satu dekade perencanaan dan lima tahun pembangunan. Namun, struktur utama dari bangunan tersebut baru selesai pada tahun lalu, sehingga peluncuran dilakukan pada September tahun ini.

Kompleks taman hiburan ini merupakan pembangunan tahap kedua dari Resor Wisata Laut Internasional Zhuhai Chimelong, yang juga mencakup Chimelong Ocean Kingdom. Taman hiburan pada pembangunan tahap pertama dibuka pada 2014, dan menerima lebih dari 10 juta pengunjung pada tahun lalu saja.

Bagian selanjutnya dari resor ini diharapkan selesai pada 2027 dengan sejumlah atraksi baru juga akan dihadirkan pada taman hiburan itu. Pembangunan tahap selanjutnya akan  mencakup taman gunung, kereta gantung wisata, Akademi Pariwisata Chimelong, dan taman yang menjadi rumah bagi tanaman langka.

4 dari 4 halaman

Hadirkan Hotel dengan Berbagai Tema

Resor ini juga memiliki dua teater dan tiga hotel dengan berbagai tema, seperti Penguin hotel, Circus Hotel, dan Hengqin Bay Hotel. Penguin Hotel sangat cocok untuk para pengunjung yang memiliki minat soal kehidupan laut Arktik, karena hotel ini menampilkan berbagai referensi soal penguin melalui mural raksasa dan ilustrasi warna-warni.

Circus Hotel penuh dengan lampu terang, desain komidi putar, pelangi, dan bahkan patung gajah bagi mereka yang lebih menyukai binatang darat. Hotel Hengqin Bay bertema lautan dengan ikan dan kehidupan laut sebagai nilai jual utama. Selanjutnya, juga akan dibangun hotel lainnya yang menyerupai pesawat luar angkasa dengan tema fiksi ilmiah.

Di dalam negeri juga terdapat taman hiburan yang menarik perhatian. Dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, Sabtu, 26 Oktober 2023, Taman Arkeologi Leang-Leang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan menjadi destinasi wisata delegasi Forum Tingkat Tinggi ASEAN untuk isu disabilitas (AHLF). 

Selain karena keunikannya, objek wisata ini dipilih lantaran sebagian besar kawasan sudah dibuat ramah disabilitas. Taman Arkeologi Leang-Leang merupakan kawasan arkeologis berupa bebatuan dengan dua goa prasejarah di dalamnya, yaitu Leang Pettae dan Leang Petta Kere.

Objek wisata ini menyajikan pemandangan unik dan langka berupa bebatuan prasejarah. Begitu memasuki taman seluas 4,6 hektar ini, pengunjung akan langsung melihat batu-batu hitam berukuran tak biasa yang terhampar tak beraturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini