Sukses

Prabowo dan Gibran Kembali Berkemeja Biru di Tempat Tes Kesehatan, Selvi Ananda Pilih Blus Putih

Di tempat tes kesehatan, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sama-sama berkemeja biru. Gibran datang didampingi Selvi Ananda sementara Prabowo datang sendirian.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal capres (calon presiden) dan cawapres (calon wakil presiden) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah mulai menjalani tes Kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Keduanya akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan pendaftaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam tayangan live streaming Liputan6 SCTV, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming terlihat kompak dan kembali mengenakan pakaian berwarna biru. Prabowo memakai kemeja denim biru tangan pendek dan celana panjang hitam, sedangkan Gibran mengenakan kemeja denim biru tangan panjang dan celana panjang hitam.

Bedanya, Prabowo datang sendirian sementara Gibran didampingi sang istri, Selvi Ananda. Selvi yang tampil dengan riasan simple mengenakan blus putih tangan panjang dan celana panjang cokelat muda. Prabowo dan Gibran sempat berfoto bersama serta menyapa awal media dan para doker RSPAD sebelum memasuki ruanngan rumah sakit untuk berganti pakaian yang digunakan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan.

Diketahui, pemeriksaan kesehatan adalah sebuah rangkaian wajib yang dijalani oleh setiap bakal calon presiden dan wakil presiden sebelum resmi berkontestasi di Pilpres 2024.

"Selanjutnya bakal paslon akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan calon Pak Prabowo dan Mas Gibran akan dilakukan Kamis, 26 Oktober jam 7 pagi di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta," kata Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI Jakarta, dikutip dari kanal Pemilu Liputan6.com, Kamis (26/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengumuman Hasil Tes Kesehatan

Hasyim menyebut, hasil tes kesehatan belum akan langsung diumumkan ke publik. Nantinya, hasil tes kesehatan baru akan disampaikan oleh tim dokter ke KPU pada keesokan harinya bersamaan dengan hasil dua kandidat yang sudah lebih dulu menjalani tes pemeriksaan kesehatan yaitu pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Md.

"Hasil dari rangkaian pemeriksaan kesehatan untuk 3 bakal pasangan calon yang sudah dilakukan pemeriksaan, itu nanti akan bersama-sama. Hasil dari 3 bakal pasangan calon tersebut oleh tim pemeriksa RSPAD Gatsu akan disampaikan pada KPU secara resmi hari Jumat tanggal 27/10/2023, sekira jam 14.00 siang atau ba'da Jumatan," terang Hasyim.

Berdasarkan catatan di daftar silon, berkas Prabowo-Gibran dinyatakan lengkap. Selanjutnya berkas tersebut akan diverifikasi oleh tim KPU. "Berdasarkan informasi dari tim di Kesekjenan KPU melalui silon, dokumen syarat calon Prabowo-Gibran dinyatakan lengkap," ungkap Hasyim.

Diketahui, pemeriksaan dan verifikasi berkas akan dilakukan sejak masuk per hari ini. Hasil verifikasi akan diumumkan tim KPU RI secara bersama dengan pasangan capres-cawapres lainnya pada 13 November 2023 mendatang.

3 dari 4 halaman

Anies-Cak Imin Pertama Jalani Tes Kesehatan

Dua pasangan bacapres dan bacawapres lainnya sudah lebih dulu menjalani tes Kesehatan. Bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani tes kesehatan di tempat yang sama pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Tercatat Anies-Cak Imin melakukan tes kesehatan selama 9 jam lamanya sejak pukul 07.19 WIB sampai 16.05 WIB. Menurut Anies, segala prosesnya berjalan dengan lancar.

"Izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto dan seluruh jajaran yang tadi telah melaksanakan tugas dengan amat baik, kami merasakan sebuah proses yang dilaksanakan dengan amat profesional, dijalankan secara cepat, ringkas, efisien," kata Anies.

Dia menyampaikan, seluruh rangkaian berlangsung lebih cepat dari yang diprediksi. Semula, Anies-Cak Imin diperkirakan bakal selesai tes kesehatan sekira pukul 17.00 WIB. Anies berharap hal ini dapat menjadi awalan yang baik.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan tak ada kendala yang dia dan Cak Imin hadapi selama proses pemeriksaan kesehatan berlangsung. Selanjutnya, Anies-Cak Imin tinggal menunggu hasil tes kesehatan yang telah dilakukan.

4 dari 4 halaman

Pemeriksaan Kesehatan Ganjar-Mahfud

Setelah itu, pasangan bakal calon presiden (bacapres) dan bakal wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Proses pemeriksaan kesehatan memakan waktu sekitar 9 jam dimulai sejak pukul 07:20 WIB hingga pukul 19:16 WIB. Senyum sumringah terpancar dari wajah Ganjar-Mahfud saat Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya memberikan bukti pemeriksaan kesehatan. Ganjar Pranowo mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh tim dokter selama berada di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih sejak tadi pagi kita dilayani dan dibawa ke sana-kemari. Dari pagi sampai sore saya bersama Pak Mahfud. Alhamdulillah sudah selesai," ujar dia. Dalam kesempatan itu, Ganjar berharap hasil tes kesehatan bisa segera dikirimkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melengkapi seluruh syarat administrasi.

"Tentu saja mudah-mudahan nanti. Insyallah hasilnya baik dan kita sudah melakukan sebuah proses pemeriksaan secara lengkap," ucap Ganjar Pranowo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini