Sukses

Choi Siwon Ketagihan Kue Khas Indonesia Ombus-Ombus, Camilan dari Daerah Mana?

Tanpa diduga, Choi Siwon ternyata sangat menyukai kue Ombus-ombus Ia bahkan, berkali-kali mengucapkan kata massine atau 'enak' setiap kali memakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor sekalogus salah satu personel grup Super Junior, Choi Siwon untuk kesekian kalinya berkunjung ke Indonesia. Yang terbaru, Siwon jadi bintang tamu program kompetisi memasak Masterchef Indonesia yang sudah memasuki musim ke-11.

Ia hadir di sesi Pressure Test dan mencicipi salah satu jajanan tradisional yaitu kue Ombus-ombus. Tanpa diduga, Choi Siwon ternyata sangat menyukainya. Ia bahkan, berkali-kali mengucapkan kata massine atau 'enak' setiap kali memakannya.

"Enak, enak sekali," ucap Siwon dalam bahasa Korea, dikutip dari unggahan akun Instagram @masterchefina pada Minggu, 22 Oktober 2023. Tidak hanya pria asal Korea Selatan itu yang menyukainya, chef Renatta dan chef Juna pun mengakui bahwa ombus-ombus yang dibuat oleh tim biru memang enak rasanya.

Pria berusia 37 tahun itu ngin mengungkapkan rasa sukanya dalam bahasa Indonesia. Ia pun menanyakan bahasa Indonesianya 'enak' ke chef Renatta.

"Gimana cara kalian bilangnya? Enak? Enak," ujar Siwon sambil tersenyum. "Ini lebih enak dibanding yang sebelumnya kalian bikin," timpal chef Juna. Mendengar penuturan para juri, tiap anggota tim biru tampak puas dengan hidangan penutup mereka itu.

"Kalau kamu pengin bawa pulang ombus-ombus, mereka (tim biru) punya sisanya," seloroh Chef Renatta kepada Choi Siwon sambal tersenyum.

Ombus-ombus sendiri merupakan makanan atau jajanan ini adalah camilan khas Batak yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Dikutip dari laman Jadesta Kemenparekraf, Ombus-ombus terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. Saking banyaknya komunitas suku Batak yang menetap di Kota Medan, kue ini menjadi sangat terkenal di sana.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ombus-ombus Disajikan dengan Teh atau Kopi

Kue ombus-ombus diberi nama demikian karena konon dibuat untuk memberikan embusan (embuskan napas) saat makan dan kue yang nikmat disantap saat masih hangat. Dalam upacara adat Batak, kue ombus-ombus biasanya menjadi sajian dan disandingkan antara kopi dan teh. Dalam pembuatannya, tepung beras dicampur dengan gula aren di bagian pusatnya. Jadi ketika dikunyah, kelembutan gula aren di dalamnya akan menyatu dengan lidah, memberikan sensasi rasa manis yang menggoda selera.

Pada 2020 lalu, Choi Siwon berkunjung ke kediaman Raffi Ahmad di Kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Mereka mengabadikan momen dengan membuat konten YouTube yang tayang di saluran Rans Entertainment.

Choi Siwon pun mempromosikan konten YouTube tersebut melalui akun Twitter nya. Dalam keterangannya, ia mengucapkan terima kasih atas keramahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina terhadapnya. "Red carpet sampai banyak makanan. kenang-kenangan yang tidak bisa lupa. Aku mengharapkan kalian sehat sampai bertemu lagi," cuit Choi Siwon, pada Jumat (13/3/2020).

"Terimakasih ya. Raffi sedaap. Gigi sedaap. Indonesia sedaap," ia menyambung pernyataan. Melalui Instagram, Raffi Ahmad juga menyebut kedatangan Choi Siwon sebagai hal yang tak pernah ia impikan sebelumnya.

"Siwon main ke Andara, ke rumahku, gila keren banget. Siwon artis Korea datang ke sini, keren banget thank you brother, thank you so much, Korea yeay. Thank you SM Entertainment," tulis Raffi Ahmad sebagai keterangan foto yang diunggahnya di Instagram.

3 dari 4 halaman

Siwon Pernah Dijamu Raffi Ahmad

 

Untuk menjamu Choi Siwon, Raffi Ahmad menyajikan makanan khas Indonesia. ‎Melalui Instagram Stories-nya, @raffinagita1717, Raffi Ahmad menghidangkan sate, tahu goreng, serabi hingga buah manggis sebagai hidangan makan malam mereka.

Raffi Ahmad juga memang mengelar karpet merah yang membentang di pelataran rumahnya. Semua itu disiapkan spesial untuk menyambut kehadiran pelantun "Sorry Sorry". "Ini Siwon sudah kita siapin red carpet. Tuh lihat, Siwon lewat red carpet dan sekarang mau pulang, Siwon thank you ya. Thank you my friend," kata Raffi Ahmad.

Selain ditemani oleh Nagita Slavina dan juga putranya, Rafathar Malik Ahmad, Raffi Ahmad juga ditemani oleh Gading Marten, yang merupakan tetangganya di rumah.

Bukan hanya dikenal para penyuka musik Korea atau K-Pop, tapi sepertinya Siwon bakal disukai ibu-ibu Indonesia. Hal ini dikarenakan Siwon kembali tampil sebagai bintang iklan di Indonesia, kali ini untuk produk santan instan. Iklan itu pertama kali tayang bertepatan pada Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day pada 14 Februari 2022.

 

4 dari 4 halaman

Siwon Akrab dengan Kuliner Terbiasa

 

Warganet Indonesia langsung ramai membahas iklan tersebut, termasuk di Twitter. Ever Lasting Friends (ELF) atau penggemar SuJu di Indonesia ikut ramai berkomentar, terutama soal penampakan Siwon yang tampak semakin glowing di iklan tersebut.

"Pantesan Oppa Siwon glow up. Eatwell dan maskeran pakai Santan Omega 3 juga kali yaa!" komentar seorang warganet. Kandungan Omega 3 memang punya banyak manfaat bagi tubuh. Selain penting bagi sistem kekebalan dan imunitas tubuh, Omega 3 terbukti baik bagi kesehatan dan kelembapan kulit. Jadi, tak heran kalau banyak warganet yang pangling melihat Siwon makin glowing di iklan terbarunya.

Beberapa kali mengunjungi Indonesia dengan berbagai kegiatannya, Siwon sepertinya telah cukup paham dengan kuliner Indonesia. Dikutip dari kanal Hot Liputan6.com, ia bahkan diketahui telah mencoba berbagai makanan khas Indonesia, mulai dari nasi goreng, satai hingga kue klepon.

"Saya selalu menyantap makanan Indonesia dalam perjalanan bisnis di Indonesia dan terkadang saya mendapatkan makanan Indonesia di Korea tetapi tidak sering. Saya ingin makan (makanan Indonesia) lebih sering," ujar Siwon dalam video YouTubenya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini