Sukses

Kisah Transgender Indonesia Jeje Pergi Umrah, Sempat Ditahan Askar dan Dihujat Pedagang Gamis

Transgender Jeje menjadi pembicaraan hangat setelah dirinya menjalankan ibadah umrah beberapa waktu lalu. Sempat ditahan askar sampai diejek pedagang gamis.

Liputan6.com, Jakarta - Transgender Jessi Rinrada, yang lebih dikenal dengan sebutan Jeje, menjadi pembicaraan hangat dan menjadi viral setelah dirinya menjalankan ibadah umrah beberapa waktu lalu. Kisahnya semakin mendapatkan perhatian setelah dia membagikan pengalamannya saat berada di Makkah dan Madinah.

Dia mengaku mengalami beberapa kesulitan, seperti ditahan oleh askar atau pasukan keamanan setempat dan mendapatkan ejekan dari pedagang lokal. Jeje membagikan momen-momen khas selama dia berada di Tanah Suci melalui akun TikTok pribadinya, @jessjsc.

Dalam video-video yang diunggah, dia mengenakan pakaian ihram khusus pria selama proses ibadahnya. Dia juga memperlihatkan dirinya mengenakan gamis dan sorban yang biasa dikenakan oleh pria.

Tulisnya di salah satu video yang diunggah menggambarkan betapa besarnya tantangan yang dihadapinya. "Ujian Transwoman nekat umrah Masyaallah betul," bubuh dia di akun TikTok pribadinya, yang dikutip pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Lebih lanjut, dalam video tersebut Jeje tampak emosional dan memohon doa dari para pengikutnya agar diberikan kekuatan untuk melanjutkan ibadahnya dengan lancar.

Saat berada di Tanah Suci, penampilan Jeje sebagai seorang transgender tentunya menarik banyak perhatian. Meski memiliki penampilan fisiknya cenderung feminin, ia tetap berupaya menjalankan ibadah dengan penuh keyakinan dan keikhlasan sebagai laki-laki. Namun, tantangan datang dari askar yang terus memonitor kegiatannya.

Jeje membagikan, "Tapi Insya Allah Lillahi ta'ala ikhlas menjalani semua konsekuensi, salah satunya jadi incaran askar yang sama sekali tidak percaya kalau saya ini sebenarnya pria, karena wajah dan suara saya yang feminin."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diejek Pedagang Gamis

Pengalaman pahit lainnya adalah ketika Jeje berkali-kali ditahan oleh askar di Masjid Nabawi Madinah. Bahkan, ada pedagang gamis yang mengolok-oloknya dengan menyebut "akhir zaman". Pengalaman ini membuat Jeje begitu terpukul, hingga ingin menangis di tempat.

Meski begitu, Jeje tetap memiliki harapan dan doa yang tulus. Ia berdoa agar bisa kembali menjadi pria seperti kodrat semula dan meminta dukungan serta doa dari semua orang agar ia bisa melanjutkan ibadahnya dengan tenang.

Dalam keterangan video, dengan penuh harap, ia menulis, "Sampai saat ini masih mohon sama Allah di perluas sabar nya, dan diberikan kenyamanan untuk ibadah di rumahNya dengan tenang tanpa di incer askar. Minta doanya ya temen-temen buat saya bisa kuat sampai selesai ibadah umrah🙏🏻😇✨."

Jeje yang bernama asli Bagas Rahmatya mengajak kedua orangtuanya untuk umrah bersamanya. Bagi Jeje, membawa kedua orangtua dalam perjalanan spiritual ini merupakan sebuah pengalaman yang sangat emosional dan mendalam.

Saat berdiri di depan Ka'bah, Jeje tidak bisa menahan air matanya ketika memeluk ibunya. Di hari terakhir Jeje di sana, ia mengungkapkan perasaannya, "Hari terakhir di Makkah rasanya masih gak percaya Allah undang aku kesini bawa kedua orang tuaku di umur 26 tahun."

 

 

3 dari 4 halaman

Banyak Warganet Mendoakan yang Terbaik

Jeje dan kedua orangtuanya telah menjalani berbagai rangkaian ibadah umrah pada 14 Oktober 2023. Berdasarkan unggahan video terakhirnya, diketahui bahwa Jeje dan keluarganya telah tiba kembali di Indonesia pada 22 Oktober 2023.

Dengan penuh keharuan, Jeje mengucap syukur atas perlindungan dan kemudahan yang Allah berikan kepada dirinya, keluarganya, dan seluruh rombongan yang ikut bersamanya. "Alhamdulillah Ya Allah kau jaga aku, keluargaku dan semua rombongan Masya Allah Tabarakallah," ujarnya.

Kisah Jeje ini memang telah menarik perhatian banyak orang. Salah satu video yang diunggahnya telah ditonton lebih dari 8,6 juta kali per Selasa, 24 Oktober 2023. Banyak warganet yang merasa terharu dan terinspirasi dengan kisahnya, yang terbukti dari banjir komentar yang diterima di setiap unggahan videonya.

"Smngt kk bagas pasti kamu bisaa," ucap salah satu pengguna TikTok di kolom komentar.

"Aamiin semangat mas Bagas, pintu taubat Allah selalu terbuka untuk hambanya, rentang peluknya akan selalu menanti hamba-hamba nya," ujar satu akun lainnya.

"Aamiin. semoga doa Bagas dan semua orang yang mendoakan kebaikan untuk Bagas diridhoi Allah," harap salah satu akun.

4 dari 4 halaman

Seorang Transgender di Kontes Miss Universe 2023

Berbicara mengenai transgender, Marina Machete terpilih sebagai wakil Miss Universe Portugal 2023 menjelang acara besar Miss Universe yang akan digelar pada November 2023. Berdasarkan laporan dari Marca pada Senin, 9 Oktober 2023, Machete adalah seorang pramugari transgender. Wanita berusia 28 tahun itu berhasil mengungguli 16 kontestan lain dalam kompetisi tersebut.

Pemenang kontes tersebut tidak hanya berhasil memukau juri dengan kecantikannya, namun juga dengan kefasihan dan kemampuannya dalam menjalin hubungan dengan penonton serta anggota juri. Setelah dinobatkan, Machete menyampaikan tanggapannya setelah dirinya dinobatkan sebagai wakil Portugal di kontes Miss Universe 2023 mendatang.

"Bangga menjadi perempuan transgender pertama yang bersaing memperebutkan gelar Miss Universe Portugal," katanya.

Tidak hanya itu, ia juga menyebut tentang pencapaian yang telah ia capai selama bertahun-tahun tidak dapat berpartisipasi. Miss Universe 2023 sudah mengonfirmasi 79 peserta dan akan berlangsung pada 18 November 2023 di El Salvador.

Kontes tahun ini menjanjikan lebih dari sekedar kecantikan, karena keberagaman dan inklusi akan lebih menonjol dari sebelumnya. Machete bukan satu-satunya kontestan transgender di Miss Universe 2023. Wakil Belanda, Rikkie Valerie Kolle berhasil memenangkan kontes Miss Belanda pada Juli 2023.

Rikkie Kolle terpilih sebagai transgender pertama yang memenangkan titel tersebut pada Sabtu, 8 Juli 2023. Ia akan mewakili negaranya di ajang Miss Universe 2023 yang akan berlangsung pada akhir tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.