Sukses

Aktris China Zhang Ziyi dan Wang Feng Bercerai Setelah 8 Tahun Menikah, Sebut Keputusan Bersama

Aktris Zhang Ziyi dan Wang Feng memutuskan bercerai setelah delapan tahun menikah. Kedua selebriti tersebut mengumumkan hal tersebut di akun Weibo masing-masing pada Senin, 23 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Zhang Ziyi dan Wang Feng memutuskan bercerai setelah delapan tahun menikah. Kedua selebriti tersebut mengumumkan hal tersebut di akun Weibo masing-masing pada Senin, 23 Oktober 2023.

"Teman-teman terkasih, terima kasih atas perhatian dan dukungan kalian yang terus-menerus terhadap saya dan Saudara Feng. Setelah delapan tahun menikah, kami memutuskan untuk membubarkan pernikahan kami setelah mempertimbangkan dan berdiskusi dengan cermat," keterangan dari kedua belah pihak yang dikutip dari laman Asia One, Selasa (24/10/2023).

"Kami memiliki pernikahan yang luar biasa bersama. Selama delapan tahun terakhir, kami telah mengurus keluarga kami, membesarkan anak-anak kami, dan membangun kehidupan bahagia dengan cinta. Tidak ada perselisihan di antara kami tentang benar dan salah."

"Perpisahan tidak berarti kekecewaan atau pengkhianatan. Ini adalah keputusan yang dibuat oleh dua orang dewasa bersama-sama dan kami berharap mendapatkan pengertian dan dukungan semua orang," lanjut pihak Zhang Ziyi dan Wang Feng.

Pesan diakhiri dengan tulisan, "Suka dan duka dalam hidup bukanlah penilaian sederhana tentang benar dan salah." Baik Zhang (44) dan Wang Feng (52), mengakhiri pernyataan mereka dengan mengatakan bahwa "tidak akan ada tanggapan lebih lanjut mengenai masalah ini".

Zhang yang terkenal membintangi film "Crouching Tiger, Hidden Dragon" dan Wang Feng yang merupakan penyanyi dan penulis lagu rock populer tersebut, menikah pada Mei 2015. Mereka memiliki dua anak bersama, yakni seorang putri yang lahir pada Desember 2015 dan seorang putra yang lahir pada Januari 2020. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Zhang Ziyi

Mengutip dari laman South China Morning Post, sutradara film Tiongkok Zhang Yimou menemukan Zhang ketika dia berada di tahun kedua studinya di The Central Academy of Drama di Beijing, Tiongkok. Mereka telah membuat beberapa film yang mendapat pujian kritis bersama-sama, seperti debut sinematiknya The Road Home (1999), Hero (2002) dan House of Flying Daggers (2004).

Zhang Yimou bukan satu-satunya pembuat film terkemuka yang mengakui bakat dan atribut aktris tersebut. Zhang kemudian membintangi Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) karya Ang Lee dan 2046 (2004) karya Wong Kar-wai dan The Grandmaster (2013). Ketiga film tersebut saja berhasil meraih delapan penghargaan aktris terbaik di Hong Kong dan Taiwan. 

Dia juga membintangi Memoirs of a Geisha (2005) dengan kontroversial karena penggunaan aktris Tiongkok untuk memerankan karakter Jepang. Film menceritakan kisah tentang seorang gadis muda yang kemudian menjadi salah satu geisha paling sukses di masa itu. Ia beradu akting dengan Gong Li.

3 dari 4 halaman

Masuk 100 Orang Paling Berpengaruh pada 2005

Pada 2005, majalah Time menyebut Zhang sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia dan “hadiah Tiongkok untuk Hollywood”. Pada 2007, ia memperoleh izin tinggal di Hong Kong melalui Skema Penerimaan Migran Berkualitas.

Zhang sempat bertunangan dengan pemodal ventura Israel-Amerika, Aviv Nevo tapi putus pada 2010. Lima tahun kemudian, Zhang menikah dengan Wang Feng dan, beberapa bulan kemudian, melahirkan anak pertama mereka.

Ini adalah pernikahan pertama Zhang, namun pernikahan ketiga Wang. Saat menikah, Wang sudah dikaruniai dua orang putri, satu lahir di luar nikah dan satu lagi merupakan buah pernikahan keduanya yang berlangsung pada 2010 hingga 2013. Pernikahan pertamanya hanya bertahan setahun.

Meskipun Zhang dan Wang telah memutuskan untuk bercerai, mereka menulis dalam pernyataan bersama bahwa mereka akan terus mengasuh putri mereka yang berusia delapan tahun dan putra mereka yang berusia tiga tahun 'sebagai satu kesatuan keluarga'. 

Sebelum itu, Zhang sempat jadi pemberitaan setelah ia mengomentari video pernikahan Song Hye Kyo dan Song Joong Ki, beberapa tahun lalu. Ia saat itu menjadi salah satu tamu undangan pesta pernikahan 'Song-Song Couple'.

4 dari 4 halaman

Zhang Ziyi tentang Tersebarnya Video Pernikahan Song Hye Kyo

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, disebutkan bahwa video pesta bahagia Song Joong Ki dan Song Hye Kyo disebarkan secara ilegal oleh salah satu situs di Tiongkok. Sejak video tersebut tersebar, pemain Memoars of Geisha ini sempat dikaitkan dengan kejadian tak menyenangkan tersebut.

"Saya baru mengetahui setelah saya kembali ke Tiongkok. Saya melihat salah satu media melaporkan pernikahan itu tanpa izin," ungkapnya dilansir dari Soompi, Sabtu 4 November 2017.

Menariknya, salah satu pemilik saham dari media penyebar berita itu adalah Wang Feng yang kini menjadi mantan suaminya. "Suami saya memang salah satu pendiri dan pemilik dari media tersebut. Tapi baik saya ataupun suami tidak mengetahui hal tersebut karena kami suami saya tidak bertanggung jawab dengan manajemen perusahaan sejak satu setengah tahun lalu," katanya saat itu.

Zhang Ziyi juga mengaku marah dengan kejadian ini. Menurutnya, hari itu seharusnya menjadi hari bahagia, namun justru terjadi hal seperti ini. "Saya sudah berbicara dengan pihak Song Hye Kyo bahwa apa yang diberitakan media Taiwan itu tidak benar. Saya sangat tertekan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini