Sukses

5 Fakta Menarik dari Kegiatan Memasak yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan sebagian orang, khususnya wanita yang sudah berkeluarga adalah memasak.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan sebagian orang, khususnya wanita yang sudah berkeluarga adalah memasak. Selain wanita yang senang memasak, tak sedikit juga pria yang memiliki hobi satu itu. Terdapat banyak alasan mengapa kegiatan memasak digemari oleh pria dan wanita, salah satunya adalah sensasi.

Ya, sensasi kegiatan memasak akan semakin dirasakan oleh berbagai kalangan dan menjadi sebuah hobi ketika apa yang diolah dan dibuat dapat dinikmati oleh orang lain dengan perasaan yang bahagia. Pada titik itu, sebagian orang berada pada kondisi psikologis yang happy dan ingin mencari resep terbaik untuk makanan yang dibuatnya.

Dengan kata lain, kegiatan memasak secara tidak langsung dapat berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Selain itu, terdapat beberapa hal menarik lainnya dari kegiatan memasak yang digemari oleh semua kalangan ini. Mau tahu apa saja? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Manusia Mulai Memasak dari 780.000 Tahun Lalu

 

Riset yang dipublikasikan Nature Ecology and Evolution membuktikan bahwa manusia purba Homo Erectus sudah melakukan kegiatan memasak dengan cara dibakar. Hal ini didasarkan temuan sekitar 5.000 gigi ikan yang ditemukan pada lokasi yang diduga tempat pembakaran makanan di situs Gesher Benot Ya'aqov. Analisis struktur kristal pada temuan sisa gigi ikan menunjukkan gigi dibakar pada suhu hingga 500 derajat Celsius.

2. Terbukti ampuh meredakan stres

Memiliki hobi atau gemar memasak adalah kegiatan yang menyenangkan, bahkan bisa meredakan stres, loh. Apalagi menyantap makanan dari hasil masakan diri sendiri. Hal tersebut terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Otago, Selandia Baru pada tahun 2016 yang menyebut bahwa memasak makanan terbukti ampuh meningkatkan ketenangan jiwa dan meredakan stres.

3. Menyalurkan Emosi

Memasak dapat menyalurkan emosi karena kamu bisa melampiaskan amarah ketika sedang membuat adonan kue. Dalam proses tersebut, kamu dapat memukul, membanting, dan menarik-narik adonan tersebut sepuas hati tanpa harus khawatir dapat menyakiti objek tersebut.

4. Menciptakan Kepuasan Diri Sendiri

Menyiapkan segala sesuatu dari awal,memilih bahan,membersihkan kemudian mengolahnya sampai menghasilkan makanan yang siap dimakan bisa memberikan perasaan puas, damai dan berhasil serta bangga terhadap diri sendiri.

Wangi bahan-bahan segar yang bisa menjadi aroma terapi dan membawa perasaan gembira didalam diri. Gabungan dari aroma aroma yang keluar bisa mengingatkan kita pada masa kecil, masa-masa tanpa beban.

5. Mengasah Kreativitas

Memasak bukan hanya tentang menghasilkan makanan yang lezat, tetapi juga tentang seni dan estetika. Banyak koki profesional menganggap memasak sebagai bentuk seni ekspresi dan menciptakan hidangan yang indah secara visual.

Nah, itulah beberapa hal menarik tentang kegiatan memasak yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. So, jika kamu memiliki hobi memasak, selalu cari resep terbaru, asah kreativitas dengan berbagai bahan baku, dan happy cooking!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini