Sukses

Bedu Jual Rumah dan Sempat Minta Pekerjaan ke Raffi Ahmad, Benarkah Terlibat Pinjol?

Komedian Bedu sedang jadi sorotan lantaran kabar tentang dirinya diduga terjerat pinjol hingga harus menjual rumahnya. Perwakilan manajemen Bedu memberi tanggapan atas kabar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Komedian Bedu sedang jadi sorotan lantaran kabar tentang dirinya yang diduga terjerat pinjol (pinjaman online) hingga harus menjual rumahnya. Namun, perwakilan manajemen Bedu langsung menepis kabar tersebut.

Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (10/10/2023), Ayu dari perwakilan dari manajemen, mengungkapkan bahwa Bedu tidak terlibat utang pinjol. Keputusan Bedu menjual rumahnya bukan masalah keuangan, tapi karena ingin pindah rumah.

Dilansir dari tayangan di kanal Youtube Starpro Indonesia yang diunggah pada 3 Oktober 2023, Bedu tak secara gamblang mengatakan terbelit pinjol. Namun Bedu mengiyakan bahwa dirinya mengalami masalah keuangan hingga menjual rumahnya.

"Saya salah kalkulasi, artinya pengeluaran sama pemasukan lebih banyak pengeluaran," ungkapnya kala itu.

Sebelumnya Bedu sempat menceritakan sempat menghubungi Raffi Ahmad untuk meminta pekerjaan. Bedu bahkan  mengatakan jika ia beredia menerima posisi asisten asalkan bisa mendapatkan penghasilan.

"Fi, bagi kerjaan dong. Gue jadi asisten lu gapapa dah yang penting ada penghasilan," sebut pemilik nama asli Harabdu Tohar itu.

Adapun Raffi Ahmad menduga jika Bedu hanya bercanda meskipun sebenarnya Bedu benar-benar ingin bekerja. Ia juga menjelaskan jika hal tersebut adalah bukti keseriusan bahwa dirinya membutuhkan pekerjaan apa pun itu.

"Itu cuman bukti keseriusan kalau gue tuh emang butuh banget bantuan temen-temen. Serius kaya bawain tas gua, ayo yang penting mah ada penghasilan bulanan," ujarnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bedu Jual Rumah Sebagai Solusi

Lebih lanjut keputusan Bedu untuk menjual rumah merupakan keputusan solusi jangka panjang terutama untuk menstabilkan keuangannya serta pendidikan anak-anaknya. Ia pun siap untuk mencari rumah yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah.

"Aset terbesar kita lepas, rencananya rumah ini. Misalkan kita cari rumah yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah, uangnya bisa kita tabung dan investasi yang paling penting untuk pendidikan anak sudah kita siapkan dari sekarang,” ujarnya.

Melalui wawancara tersebut, Bedu juga menjelaskan jika ia sudah melakukan beberapa cara untuk mengatasi krisis keuangan keluarganya. Bahkan dia juga turut berbisnis untuk bisa mengatasi krisis keuangannya.

Mantan personel grup Cagur ini memahami, bahwa permasalahan yang ia hadapi ini tak sendirian. Apalagi perekonomian belum sepenuhnya pulih sejak diterjang pandemi Covid-19. Dengan berbagai pertimbangan hingga minta persetujuan keluarga, ia akhirnya berbesar hati untuk melego rumah mewahnya yang terletak di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan.

3 dari 4 halaman

Bedu Tak Ingin Pinjam Uang ke Teman

Adapun yang dijual Bedu ternyata bukan cuma rumahnya saja, tapi berikut semua isinya. "Ini udah full furnished juga. Udah tinggal bawa baju doang. (Dijual) sama isi-isinya,” tuturnya.  

Bedu pun tidak ingin meminjam uang kepada rekan sesama artis karena merasa takut mencederai hubungan pertemanannya. Sehingga, ia lebih banyak meminta pekerjaan kepada teman-temannya tersebut.

"Saya khawatir ya ketika situasi kayak gini tuh mau nelpon temen kayaknya langsung, aduh. Langsung kayak merasa aduh ada butuh jadi kayak enggak enak udah ketakutan dulu. Saya takut ngerepotin, saya takut mencederai pertemanan ketika kita minjem uang," ujarnya.

Namun menjual rumah ternyata tak semudah berdagang gorengan. Meski sudah beberapa lama ditawarkan, calon pembeli yang akhirnya benar-benar bersedia membeli belum juga ditemukan.

Tak punya jalan lain, ia akhirnya memutuskan untuk banting harga. “Tadinya Rp6M, kalau sekarang kalian nonton ini saya kasih harga Rp5,5 M bisa nego,” ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Bedu Kapok Punya Cicilan

Kini, pelajaran yang bisa diambil Bedu adalah bagaimana menyehatkan neraca pemasukan dan pengeluaran minimal bisa seimbang. Syukur-syukur bisa surplus.

"Sekarang mulai dikurang-kurangin. Cicilan sudah mulai lepas, lepas, lepas...Alhamdulillah sekarang tinggal beberapa cicilan. Tapi kan memang pengeluaran yang non cicilan masih besar juga," ungkap dia.

Bedu diketahui merupakan aktor, komedian, dan presenter.  Ia lahir paa 8 Juli 1979 di Brebes, Jawa Tengah dan saat ini usianya 44 tahun.

Bedu aktif sebagai komedian dengan pernah bergabung bersama kelompok lawak Cagur bersama Denny dan Narji. Diketahui kelompok Cagur adalah alumni dari Universitas Negeri Jakarta. Bedu adalah satu-satunya anggota Cagur yang berasal dari jurusan Teknik Sipil sedangkan Narji dan Denny dari jurusan Ekonomi.

Ia kemudian keluar dari Cagur, dan posisinya digantikan oleh Wendy Armoko atau Wendy Cagur yang juga lulusan Universitas Negeri Jakarta dari jurusan Seni Rupa. Ketika berkarier sendiri Bedu sering dipasangkan bersama Cak Lontong dalam mengisi beberapa program televisi. Bedu telah menikah dengan Irma Kartika Anggraeni dan sudah dikaruniai tiga orang anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini