Sukses

Pameran Van Gogh Alive Menginspirasi Pelajar dengan Perpaduan karya Seni, Musik dan Teknologi

Pameran seni Van Gogh Alive yang berlangsung di dalam mal memberikan pengalaman yang berbeda yang menginspirasi pelajar dan merupakan perpaduan seni, musik, dan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran seni multi-sensori memukau di Jakarta yang diciptakan juga diproduksi oleh Grande Experiences, Van Gogh Alive mampu memikat penonton dan merayakan seni dan budaya di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Pameran yang menampilkan karya-karya pelukis legendaris Vincent van Gogh ini berlangsung pada 7 Juli hingga 9 Oktober 2023.

Pameran ini mengumpulkan sekitar puluhan ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat, menciptakan hubungan yang abadi antara para penggemar seni, komunitas, sekolah, bisnis lokal, dan pemangku kepentingan utama dalam industri ini. Selain itu, pameran seni di dalam mal memberikan pengalaman yang berbeda, khususnya bagi para pengunjung di Mal Taman Anggrek.

Van Gogh Alive di Jakarta menjadi pusat yang dinamis bagi para penggemar seni dan lifestyle. Pameran ini membentuk rasa persatuan, mengumpulkan beragam komunitas untuk menjelajahi kekuatan transformatif seni Vincent van Gogh.

Menurut Lin Wei Hsien selaku Ketua Meta Doers Innovation Indonesia, Van Gogh Alive di Jakarta jadi pengalaman luar biasa yang melampaui ekspektasi pihaknya.

"Kami senang telah berbagi keindahan seni Van Gogh dengan masyarakat Jakarta, dan respons yang luar biasa dari komunitas tersebut sungguh menyentuh hati. Seni punya kekuatan untuk menyatukan dan menginspirasi, dan kami bangga telah memberikan pendidikan seni dengan pendekatan yang mendalam kepada publik," tutur Lin Wei Hsien dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (9/10/2023).

"Melihat individu dari berbagai lapisan masyarakat berkumpul untuk merayakan seni, budaya, dan kreativitas, mengukuhkan kembali kekuatan abadi warisan Vincent van Gogh. Ini adalah bukti dari daya tarik universal seni sebagai sumber kebahagiaan, refleksi, dan inspirasi," tambahnya.

Para pengunjung bisa menikmati perjalanan yang mengagumkan lewat kehidupan dan karya pelukis legendaris Belanda tersebut. Galeri imersif SENSORY4 canggih dari Grande Experiences, yang terintegrasi dengan sempurna dalam ruang pameran yang dirancang khusus, memungkinkan proyeksi gambar yang sangat jelas dan hidup.

Pameran ini dilengkapi oleh musik klasik yang mengharukan, tampilan yang memukau dari lebih dari 3.000 gambar inspirasional mengubah dunia sekitarnya. Pengunjung terpesona oleh warna-warna cerah dan detail yang tajam dari mahakarya Van Gogh, menciptakan pengalaman sensori yang luar biasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontribusi Signifikan Terhadap Semangat Dunia Seni

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan di Indonesia (HIPPINDO) juga mengungkapkan kegembiraannya. Menurutnya acara seperti Van Gogh Alive memberikan kontribusi yang signifikan terhadap semangat dunia seni di Indonesia dan memberikan kesempatan unik untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal.

"Ini suatu kehormatan untuk berkolaborasi dengan Grande Experiences dalam menyelenggarakan pengalaman budaya yang menawan dan signifikan. Hal ini sudah menjadi komitmen kami untuk memperkaya lanskap kreatif. Kami melihatnya sebagai bukti dedikasi kami untuk menawarkan lebih dari sekadar pameran seni biasa; kami bertujuan untuk menciptakan ruang di mana seni, budaya, dan perdagangan bersatu untuk meningkatkan pengalaman secara keseluruhan," terang Budihardjo.

"Dengan membuka pintu bagi acara-acara budaya yang imersif ini, kami berharap dapat menginspirasi inovasi, kreativitas, dan keterlibatan masyarakat sambil terus memberikan pilihan hiburan yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia," sambungnya.

Salah satu hal menarik dari Van Gogh Alive di Jakarta adalah komitmennya terhadap pendidikan dan pemerintahan. Inisiatif ini merupakan kolaborasi dengan HIPPINDO, asosiasi terkemuka yang mewakili peritel dan penyewa pusat perbelanjaan di Indonesia.

Kemitraan ini fokus pada menghubungkan sektor budaya dan bisnis untuk mendorong pertumbuhan dan pengayaan bersama. Pameran ini menyelenggarakan sesi khusus dan lokakarya untuk siswa dari sekolah-sekolah seperti Tunas Muda School Kedoya, Tunas Muda School Meruya, SD Bina Gita Gemilang, JAC School, dan Mentari Intercultural School.

 

3 dari 4 halaman

Kesempatan Unik Generasi Muda untuk Terhubung dengan Seni

Tujuannya, memberikan kesempatan unik bagi generasi muda untuk terhubung dengan seni dan sejarah. Dengan terlibat dengan karya-karya Van Gogh, para pelajar mendapatkan wawasan yang berharga tentang dunia seni dan kreativitas.

Selain itu, ada berbagai kegiatan yang mengundang berbagai komunitas dari seni hingga wisata - termasuk workshop melukis dengan komunitas terkenal yang berbasis di Jakarta, Bartega Studio. Van Gogh Alive yang berakhir pada hari ini, Senin (9/10.2023) setelah tiga bulan digelar, telah menciptakan pengalaman multisensori yang beresonansi dengan para pengunjung dari segala usia.

Saat pameran, Bartega Studio menggelar kegiatan seni yang berfokus pada melukis keramik bisque. Para peserta bisa berkesempatan untuk melukis karya-karya ikonik Van Gogh seperti "Starry Night", "Almond Blossom", dan "Sunflower".

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Bartega Studio dalam menawarkan pengalaman seni yang lebih dari sekadar pameran pada umumnya. Kolaborasi ini jadi kesempatan unik bagi para pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan karya-karya Van Gogh," terang Lin Wei Hsien, selaku Chairman Meta Doers Innovation Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 5 Oktober 2023.

"Kami ingin memperdalam hubungan mereka dengan dunia seni, menumbuhkan apresiasi yang lebih besar terhadap kejeniusan artistik Vincent van Gogh. Kami juga percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pasar seni Indonesia dengan mendorong minat dan apresiasi terhadap seni di kalangan masyarakat lokal," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

3.000 Lukisan Van Gogh di Jakarta

"Kami ingin memperdalam hubungan mereka dengan dunia seni, menumbuhkan apresiasi yang lebih besar terhadap kejeniusan artistik Vincent van Gogh. Kami juga percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pasar seni Indonesia dengan mendorong minat dan apresiasi terhadap seni di kalangan masyarakat lokal," sambungnya.

Kegiatan yang cocok untuk pemula ini terbuka untuk 15 peserta dan berlangsung di Mal Taman Anggrek, The Anggrek Kitchens Area, Lantai Dasar yang hanya butuh tiga menit berjalan kaki dari pameran Van Gogh Alive.

Pengalaman ini memberikan kesempatan unik bagi para peserta dalam mendapatkan wawasan tentang dunia seni, yang memungkinkan mereka untuk menyelam dalam warna-warna menawan dari karya-karya Van Gogh.

Van Gogh Alive sendiri mendarat di Jakarta setelah melanglangbuana ke lebih dari 100 kota di dunia. Van Gogh Alive diklaim bukan pameran seni biasa. Pameran itu memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati lukisan Van Gogh dengan multisensosi, perpaduan cahaya, warna, suara, dan aroma semarak.

Lebih dari 3.000 lukisan Van Gogh diproyeksikan secara digital ke layar besar yang memenuhi dinding dan sebagian lantai. Pameran itu juga menyertakan panel-panel informasi, video, dan elemen interaktif lainnya untuk memberikan konteks, informasi latar belakang tentang kehidupan serta perkembangan seni Van Gogh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.