Sukses

Kylie Jenner Unggah Dukungan untuk Israel di Media Sosial, Dihapus Sejam Kemudian

Unggahan Kylie Jenner yang mendukung Israel di media sosial berbuntut desakan warganet untuk tak lagi mengikuti bintang reality show itu.

Liputan6.com, Jakarta - Kylie Jenner jadi bahan bulan-bulanan warganet setelah mengunggah kalimat dukungan terhadap Israel menyusul serangan mendadak Hamas ke negara zionis tersebut. Hanya dalam sejam, unggahan tersebut akhirnya dihapus dari media sosialnya.

Bintang reality show itu membagikan unggahan dari akun pro-Israel @StandWithUs lewat Instagram Story-nya pada Sabtu, 7 September 2023, waktu setempat. "Sekarang dan selamanya kami mendukung rakyat Israel," begitu bunyi teks dalam grafis yang disebarnya bersamaan dengan foto bendera Israel.

"BAGIKAN jika Anda mendukung rakyat Israel saat mereka menghadapi salah satu situasi paling menakutkan selama bertahun-tahun," tulis unggahan tersebut, dikutip dari Page Six, Senin (9/10/2023). 

Sontak hal tersebut memicu kemarahan dari sejumlah warganet yang kemudian membanjiri kolom komentar dengan gambar bendera Palestina dan seruan untuk tak lagi mengikutinya di media sosial. Kylie pun memutuskan menghapus unggahan tersebut, tapi tak mampu menghentikan komentar negatif kepadanya lewat X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dan Instagram.

"#KylieJenner tak tahu apa yang terjadi antara #Israel dan #Palestina," tulis seorang warganet. "Saat ini selebritas semestinya hanya mengutuk kejahatan perang yang dilakukan kedua belah pihak."

"Sebenarnya lebih parah lagi Kylie Jenner baru saja menghapus postingan Israel. Itu menunjukkan kurangnya pengetahuan dan kepedulian, dia hanya mengunggahnya untuk jadi bahan pembicaraan," imbuh warganet berbeda.

Warganet lainnya menyatakan kekhawatiran unggahan itu akan memicu pertengkaran dengan sahabatnya, Bella Hadid, yang sejak lama dikenal sebagai pendukung Palestina. "Kylie Jenner mendukung Israel saat temannya Bella Hadid adalah seorang Palestina itu gila," kritik seorang warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korban Perang di Kedua Belah Pihak

"Apakah para selebritas ini mendengarkan satu sama lain ketika mereka berbicara?" imbuh warganet berbeda. "Ketika Bella Hadid berbicara tentang Palestina dan menjadi orang Palestina, apakah Kylie Jenner tahu apa maksudnya?”

Hingga saat ini, Kylie belum menjelaskan maksudnya menghapus unggahan tersebut. Ia tak mengunggah apapun di media sosialnya sejak Sabtu malam. 

Laporan BBC, dikutip Minggu, 8 Oktober 2023, menyebut lebih dari 500 warga Israel terbunuh sejak Hamas melancarkan serangan roket pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Pertempuran antara militer Israel dan militan Palestina itu terus berlanjut di wilayah Israel dekat Gaza.

Serangan udara Israel telah menewaskan sedikitnya 313 orang di Jalur Gaza, dan hampir 2.000 orang terluka, kata para pejabat Palestina. Seorang warga negara Inggris, Jake Marlowe, hilang dari Israel - dia bekerja sebagai anggota keamanan di dekat perbatasan Gaza ketika serangan itu terjadi. 

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengutuk serangan yang ia klaim sangat mengerikan dari kelompok Hamas ke wilayah Israel. Dalam pernyataannya, Biden mengaku sudah menghubungi Perdana Menteri Israel dan siap menawarkan bantuan apabila diperlukan. 

 

 

3 dari 4 halaman

Israel Serang RS Indonesia di Jalur Gaza

Serangan balasan Israel juga tak pandang bulu. Seorang koresponden kantor berita resmi Palestina WAFA mengatakan setidaknya satu rudal Israel menghantam Rumah Sakit Indonesia di Beilt Lahiya. Akibat serangan yang dilakukan Israel terhadap rumah sakit di Jalur Gaza utara tersebut, seorang petugas medis dinyatakan tewas. Serangan tersebut juga melukai sejumlah orang lainnya dan merusak peralatan penting rumah sakit.

Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza telah beroperasi sejak Desember 2015, dibangun menggunakan dengan dana yang berasal dari sumbangan masyarakat Indonesia. Fasilitas kesehatan itu memiliki kapasitas 110 tempat tidur dan menyediakan berbagai layanan kesehatan, termasuk layanan rawat inap, ruang operasi, ICU dan gawat darurat.

Empat warga Palestina sebelumnya juga dinyatakan tewas dalam serangan Israel di utara dan tengah Jalur Gaza, menurut laporan WAFA. Serangan Israel itu merupakan balasan terhadap serangan faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza yang menembakkan rentetan roket ke wilayahnya pada Sabtu pagi waktu setempat.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengecam keras serangan udara militer Israel yang menyasar Rumah Sakit (RS) Indonesia di Beilt Lahiya di Jalur Gaza, Palestina, Sabtu, 7 Oktober 2023.

“Kami mengutuk keras dari pihak manapun yang mengabaikan hak-hak asasi manusia, kemanusiaan, kemerdekaan,” kata Zulhas di Jakarta, Minggu, dikutip Antara.

4 dari 4 halaman

Desakan Pertemuan Darurat

Kementerian Luar Negeri Palestina pada Sabtu meminta pertemuan darurat tingkat menteri Liga Arab untuk membahas eskalasi konfliknya dengan Israel.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian itu mengatakan telah memerintahkan perwakilan tetap Palestina di Liga Arab untuk meminta pertemuan tingkat menteri. Langkah itu diambil mengingat "agresi Israel terhadap warga Palestina meningkat", kata pernyataan itu.

Kelompok Hamas meluncurkan serangan mengejutkan pada Sabtu terhadap Israel dengan meluncurkan roket dan menyusupkan puluhan petempur ke kota-kota Israel di dekat Jalur Gaza. Serangan itu menyebabkan 300 warga Israel tewas dan 1.500 lainnya terluka, sementara beberapa tentara Israel dan warga sipil ditangkap oleh Hamas dan dibawa ke Gaza.

Israel kemudian melakukan serangan balasan melalui udara ke Jalur Gaza, yang menewaskan lebih dari 250 warga Palestina dan melukai 1.778 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.