Sukses

Remaja asal India Pecahkan Guiness World Record Sebagai Laki-Laki Pemilik Rambut Terpanjang di Dunia

Sidakdeep Singh Chahal yang berusia 15 tahun berhasil meraih pengakuan dari Guinness World Record sebagai remaja laki-laki dengan rambut terpanjang di dunia, yang panjangnya mencapai sekitar 146 sentimeter.

Liputan6.com, Jakarta - Sidakdeep Singh Chahal, remaja laki-laki berusia 15 tahun asal India, mencuri perhatian publik ketika berhasil meraih pengakuan dari Guinness World Record sebagai remaja laki-laki dengan rambut terpanjang di dunia. Rambutnya tercatat sepanjang sekitar 4 kaki 9,5 inci (sekitar 146 sentimeter).

Melansir NY Post pada Jumat, 6 Oktober 2023, dengan rambut sepanjang itu, tidak mengherankan jika Chahal menghabiskan satu jam setiap sesi, dua kali seminggu, hanya untuk merawat rambutnya, mulai dari mencuci, mengeringkan, hingga menyisirnya. Namun, dia mengakui bahwa tanpa bantuan ibunya, proses tersebut bisa memakan waktu sepanjang hari.

Bagi Chahal, rambut bukanlah sekadar gaya atau penampilan. Itu adalah bagian dari identitasnya sebagai seorang Sikh. Menurut ajaran Sikh, rambut adalah karunia dari Tuhan dan tidak seharusnya dipotong.

Meskipun banyak kerabat dan temannya yang berpandangan serupa mengenai rambut, tak satu pun di antara mereka yang memiliki rambut sepanjang Chahal. Banyak yang bahkan terkejut ketika Chahal mengungkapkan rambutnya yang panjang luar biasa itu.

Tentu saja, ketika Chahal mengumumkan pencapaiannya dalam mendapatkan gelar dari Guinness World Record, ada beberapa yang skeptis. Namun dengan bukti yang ada, dia berhasil meyakinkan mereka. Chahal sebenarnya tidak pernah menargetkan dirinya untuk menjadi pemegang rekor dunia.

Dalam perjalanan hidupnya, Chahal pernah mendapatkan ejekan karena rambutnya. Saat itu, dia pernah mempertimbangkan untuk memotong rambutnya saat dia dewasa. Namun, dengan pencapaian ini, dia merasa bangga dengan dirinya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rambut Diikat Sanggul Saat Hadiri Kegiatan Tradisional

"Saya merasa sangat bangga karena hal ini memberikan fokus positif pada aliran Sikhisme, serta menjadikan saya orang yang sangat unik di seluruh dunia," ungkapnya.

Chahal selalu memiliki rutinitas khusus dalam merawat rambutnya ketika menghadiri acara tradisinal di daerahnya. Rambut yang panjang dan tebal itu biasanya ia ikat rapat dalam bentuk sanggul, lalu ia melindunginya dengan penutup kepala tradisional yang biasa digunakan dalam komunitas Sikh.

Di luar kehidupan sehari-harinya yang dipenuhi dengan perawatan rambut, Chahal adalah remaja biasa yang memiliki berbagai hobi seperti berolahraga, bermain video game, dan membaca. Meskipun rambutnya telah memberinya pengakuan internasional, dia tetap rendah hati dan menyatakan bahwa rambutnya bukanlah satu-satunya hal yang mendefinisikan dirinya.

"Percaya atau tidak, tapi keseluruhan kepribadianku tidak didasarkan pada rambutku," ujarnya.

Di sisi lain, dunia juga dikejutkan dengan rambut panjang luar biasa yang dimiliki oleh seorang remaja perempuan bernama Nilanshi Patel dari India. Rambutnya yang mencapai 6 kaki 6,7 inci (sekitar 199 sentimeter) bukan hanya mengagumkan, tetapi juga telah memecahkan rekor dunia.

3 dari 4 halaman

Rambut Telinga Terpanjang

Nilanshi berhasil mencetak namanya dalam buku rekor dunia Guinness sebanyak tiga kali. Pertama kali pada tahun 2018, kemudian pada tahun 2019, dan yang terakhir pada tahun 2020. Tak berhenti di situ, dia juga berhasil memegang gelar untuk kategori rambut remaja terpanjang di dunia.

Namun, setelah serangkaian pencapaian mengagumkan tersebut, Nilanshi memutuskan untuk mengambil langkah berbeda. Pada usianya yang ke-20, dengan niat mulia, dia memotong rambutnya yang telah menjadi identitasnya selama ini. Rambut panjangnya yang telah dipotong kecil-kecil tidak ia buang, melainkan ia sumbangkan ke museum sebagai bentuk dedikasi dan inspirasi bagi generasi mendatang.

Sementara ada orang yang membiarkan rambut di kepalanya tumbuh panjang, seorang pria tua lebih memilih memanjangkan rambut telinganya. Dilansir dari World of Buzz, Jumat, 2 Desember 2022, lapor kanal Hot Liputan6.com, Anthony Victor yang merupakan pensiunan kepala sekolah telah menumbuhkan rambut telinganya sudah cukup lama. Dia bahkan mengukir namanya di Guinness Book of Records untuk bulu telinga terpanjang pada 2007.

Terlepas dari "pencapaiannya" tersebut, dia terus membiarkan bulu telinganya tumbuh. Saat belum pensiun, banyak murid-muridnya dan staf sekolah memanggilnya guru berambut telinga.

4 dari 4 halaman

Rekor Tak Terpatahkan

Jika dilihat dari gambar di atas, rambutnya tampak bertunas dari tengah telinga luarnya. Rambut itu mencapai 18,1 sentimeter pada titik terpanjangnya. Menurut unggahan Facebook pada saat itu oleh Guinness World Records, rekor Anthony sejak 2007 tetap tak terpatahkan.

Dengan melihat foto tersebut, tak sedikit yang bertanya-tanya betapa tidak nyamannya memelihara rambut telinga yang begitu panjang. Mereka juga penasaran bagaimana cara lelaki tua itu membersihkan telinganya.

Anthony rupanya bukan satu-satunya pria yang membiarkan rambut telinganya tidak dipotong. Sebelum Anthony, ada seorang bernama Tyagi.

Pria lain dari Bhopal, India itu memegang rekor rambut telinga sepanjang 10,2 sentimeter. BBC melaporkan bahwa ada orang ketiga, Narayan Prasad Pal yang juga mengaku memiliki rambut telinga sepanjang 13 sentimeter. Namun, Guinness Book Records tidak mengkonfirmasi fakta tentang rambut telinga Narayan.  Pada dasarnya, dunia penuh dengan kejadian dan catatan aneh, tapi melihat rekor bulu telinga terpanjang itu merupakan hal yang begitu unik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini