Sukses

Benarkah Layanan Kesehatan Hewan Peliharaan Tidak Ramah di Kantong?

Ssebelum memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satunya adalah biaya perawatan kesehatan yang kabarnya cukup mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Banyak pecinta hewan memperlakukan hewan peliharaannya anggota keluarga mereka, termasuk dalam hal pemeliharaan kesehatan.Agar hewan peliharaan tetap sehat, biasanya pemilik akan membawanya ke dokter hewan.

Tetapi, biaya dokter hewan relatif dianggap mahal sehingga Kesehatan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing yang sering disebut anabul (anak bulu) jadi terabaikan. Tapi benarkah merawat hewan peliharaan termasuk soal layanan kesehatan memang mahal? Untuk itu, sebelum memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Menurut drh Nabila Cahyawati dari aplikasi layanan jasa dokter hewan panggilan ke rumah untuk hewan peliharaan dan ternak. Petcare, perawatan rutin untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing meliputi vaksinasi, pemberian obat cacing, pemberian makanan dengan kandungan gizi sesuai. Lalu mengajak hewan berolahraga agar terhindar dari obesitas, melakukan grooming, dan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

"Di pet-care.id kita juga menyediakan perawatan untuk anjing dan kucing dari vaksinasi sampai groming,” kata Budhi Riyanta, MD selaku co-founder Petcare pada Liputan6.com, Jumat, 6 Oktober 2023.

"Biaya perawatan kesehatan hewan peliharaan memang terbilang cukup mahal, apalagi jika melibatkan vaksinasi lengkap, perawatan gigi, dan pemeriksaan kesehatan yang kompleks. Jadi, sebelum memutuskan untuk memiliki hewan perlu menyiapkan biaya yang cukup," timpal drh Nabila Cahyawati.

Jika hewan peliharaan menunjukkan gejala sakit atau perilaku yang tidak biasa, Nabila menyarankan segera dibawa ke dokter atau klinik hewan agar lebih cepat dideteksi penyebab penyakitnya dan segera ditangani.

"Jika owner tidak punya waktu untuk ke dokter hewan, di pet-care.id ada layanan home visit.. Mereka menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan hewan kesayangan seperti kucing dan anjing, vaksin rabies dan lainnya," terang Budhi. Ia menambahkan, Petcare bisa dijumpai di pulau Jawa dan Bali seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Surabaya, Bali dan Yogyakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertolongan Pertama untuk Hewan

"Kalau untuk alternatif perawatan yang lebih hemat bisa dengan tindakan preventif, seperti memberikan vaksinasi, makanan yang sehat, dan menjaga kebersihan lingkungan. Dengan begitu risiko terkena penyakit yang nantinya akan menimbulkan biaya perawatan lebih tinggi dapat terhindari," jelas Nabila.

Sementara itu layanan perawatan bagi hewan peliharaan (petshop), Petlove Center punya yang tak jauh berbeda. Menurut mereka, biaya perawatan hewan relative berbeda bagi tiap hewan maupun pemiliknya, namun biaya pencegahan akan lebih terjangkau dari pada biaya pengobatan/ketika hewan sakit

"Kalau hewan peliharaan kita sakit sebaikanya memang segera dibawa ke dokter hewan. Namun tetap ada pertolongan pertama. Contohnya, jika hewan sesak napas atau napasnya tersengal bisa diberikan oksigen sembari menuju ke dokter hewan," ujar drh Wismo Aji Nugraha dan drh Betania dari Petlove Center pada Liputan6.com, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Sedangkan alternatif untuk menghemat biaya pengeluaran adalah dengan melakukan pencegahan/tindakan preventif.

"Caranya bisa dengan perawatan awal seperti memberikan obat cacing, antiparasit/tetes kutu, vaksinasi, grooming rutin, pemberian vitamin, makanan yang cukup dan seimbang. Jangan lupa kontrol rutin ke dokter hewan untuk mengetahui perkembangan status kesehatan hewan," tutur dokter dari Petlove Center yang berlokasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan ini.

3 dari 4 halaman

Vaksin dan Sterilisasi Gratis

Untuk vaksnasi, Petlove Center beberapa kali menggelar sesi vaksin dan sterilisasi gratis bagi hewan peliharaan di beberapa kota di Indonesia. Mereka biasanya menggandeng beberapa komunitas seperti Lets Adopt Indonesia untuk mengadakan acara tersebut. Informasi mengenai cara pendaftaran maupun persyaratannya bisa dilihat di akun media sosial mereka.

Mereka berpesan pada pemilik hewan peliharaan agar berkomitmen dalam waktu seperti meluangkan waktu untuk dapat bermain dan berjalan jalan dengan hewan peliharaan mereka. Para pemilik sebaiknya punya tempat yang nyaman bagi hewan peliharaan mereka untuk tinggal dan bermain serta memastikan mereka mendapat kasih sayang yang cukup sehingga para hewan bisa menjalani hidupnya dengan lebih sehat.

Menurut seorang pemilik hewan peliharaan, Ika Ardana, ia melakukan proses vaksinasi, sterilisasi dan pemeriksaan berkala bagi hewan peliharaannya. Meski ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas vaksin secara gratis, tetap saja butuh biaya lebih untuk memelihara hewan dengan baik.

"Biaya perawatan hewan memang terbilang mahal. Iya memang sekarang sudah ada asuransi kesehatan hewan kalau saya tidak salah. Cuma itu untuk hewan-hewan orang kaya atau tertentu saja sepertinya, bukan untuk rescuers atau shelter," ungkap Ika Ardana pada Liputan6.com, Sabtu, 7 Oktober 2023.

4 dari 4 halaman

Biaya Perawatan Hewan Peliharaan Per Bulan

Menurut Ika, dalam satu bulan ia setidaknya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp500 ribu sampai Rp700 ribu, dengan catatan hewan peliharaannya tidak ada yang sakit. Biaya itu sudah termasuk untuk makan, membeli pasir, obat kutu dan mandi/grooming, Namun biaya itu tidak termasuk vaksin dan steril yang terkadang bisa didapatkan secara gratis.

Untuk bisa mendapatkan biaya perawatan yang lebih murah menurut Ika cukup sulit.  "Mungkin kita bisa dekat dengan dokter hewan atau punya kenalan dokter hewan (supaya dapat potongan harga)," kelakar Ika.

Saat hewan peliharaannya sakit, ia biasanya menunggu beberapa hari sambil terus diberi vitamin dan minuman. Bila sudah tidak mau makan dan minum, biasanya langsung dibawa ke dokter hewan.

"Sebelum kita memutuskan untuk memelihara hewan, sebaiknya siapkan mental kita dulu, karena kalau memelihara hewan artinya komitmen untuk seumur hidup mereka. Mereka bukan boneka yang kalau bosan atau jelek dan karena sakit terus dibuang. Kita harus bisa mengurus dan merawat mereka dengan baik,"terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini