Sukses

Horor Pesawat Tersambar Petir Saat 278 Orang Berada di Dalamnya, Langsung Putar Balik

Pesawat Hawaiian Airlines hanya mengudara sekitar 20 menit sebelum tersambar petir dan memutuskan putar balik.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Hawaiian Airlines tujuan Honolulu disambar petir saat berada di udara dan terpaksa kembali ke Las Vegas dengan 278 penumpang. Penerbangan itu dilaporkan terjebak di tengah badai petir setelah pesawat berangkat dari Las Vegas pada Minggu, 1 Oktober 2023 pukul 19.57.

"Bagian paling menakutkan bagi kami adalah tersambar petir," kata penumpang Julie-Anna Bardon pada KHON 2, dikutip dari NY Post, Kamis, 5 Oktober 2023. "Ada orang-orang di pesawat yang menangis."

Penumpang tersebut menggambarkan kepanikan awal di dalam pesawat ketika petir menyambar pesawat. "Kami tidak tahu apakah pesawat mengalami kerusakan struktural, kami tidak tahu apakah kami bisa mendarat dengan selamat, ada banyak hal yang tidak kami ketahui," tambahnya.

Pesawat hanya mengudara sekitar 20 menit sebelum kejadian, lalu mendarat kembali di Bandara Internasional Harry Reid sekitar pukul 20.30, menurut data dari situs pelacakan penerbangan FlightAware. Juru bicara Hawaiian Airlines mengonfirmasi bahwa penerbangan dialihkan karena petir, dan seluruh 278 penumpang pesawat dan 11 awak kembali ke Vegas dengan selamat.

Maskapai penerbangan mengatakan pihaknya menyediakan akomodasi hotel dan makanan bagi para penumpang, sementara kru bandara bekerja untuk memeriksa pesawat. Penerbangan ke Honolulu dijadwal ulang pada Selasa, 3 Oktober 2023, pukul 4 pagi.

Sangat jarang bagi maskapai penerbangan komersial mendapati pesawat mereka tersambar petir. Hanya ada satu atau dua insiden yang dilaporkan dalam setahun, menurut Layanan Cuaca Nasional Amerika Serikat (NWS).

Meski petir belum pernah menyebabkan kecelakaan penerbangan komersial dalam beberapa dekade terakhir, mengingat pesawat sekarang dirancang tahan terhadap sambaran petir, maskapai penerbangan masih diwajibkan mendarat dan memeriksa kerusakan selama kasus tersebut terjadi, kata NWS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Insiden Pesawat Putar Balik

Faktanya, tidak hanya petir yang bisa membuat pesawat putar balik. Penerbangan Delta Airlines dari Atlanta ke Barcelona terpaksa berbalik arah setelah seorang penumpang mengalami diare. Pesawat jenis Airbus A350 tersebut berangkat tepat waktu pada Jumat malam, 1 September 2023 dengan 336 penumpang di dalamnya.

"Ini hanya masalah biohazard, ada penumpang yang menderita diare sepanjang perjalanan di dalam pesawat sehingga mereka ingin kami kembali ke Atlanta," kata seorang pilot DL 194 pada pengatur lalu lintas udara. Mengutip CNN, 6 September 2023, Airbus 350 tiba kembali di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta sekitar dua jam lepas landas, menurut FlightAware.

Delta mengatakan bahwa penerbangan itu ditunda lebih dari delapan jam, tapi mendarat di Barcelona tanpa insiden lebih lanjut pada 2 September 2023 pukul 17.16, waktu setempat. "Tim kami bekerja secepat dan seaman mungkin untuk mengantarkan pelanggan kami ke tujuan akhir mereka," kata seorang juru bicara.

Ia menyambung, "Kami dengan tulus meminta maaf pada pelanggan kami atas keterlambatan dan ketidaknyamanan pada rencana perjalanan mereka."

3 dari 4 halaman

Mati Listrik di Bandara

Insiden mati listrik di bandara Filipina juga pernah membuat pesawat Qantas Airlines putar balik. Saat itu, mati listrik menyebabkan gangguan lalu lintas udara dan memaksa otoritas Filipina menutup wilayah udara negara tersebut.

Sekretaris Departemen Transportasi Filipina, Jaime Bautista menyebutkan pemadaman listrik membuat hilangnya komunikasi untuk radio, radar dan internet, serta pusat manajemen lalu lintas udara. "Masalah sekunder adalah lonjakan listrik akibat pemadaman listrik yang berdampak pada peralatan," katanya melansir dari news.com.au, 3 Januari 2022.

Penutupan wilayah udara terjadi selama lima jam yang menyebabkan pembatalan penerbangan atau pengalihan mendarat ke Bandara Hong Kong atau Bangkok. Hal tersebut berdampak pada lebih dari 360 penerbangan dan sedikitnya ada 56 ribu penumpang yang terjebak dalam kekacauan penerbangan ke Manila.

Penerbangan QF18 rute Ausralia - Manila berangkat pada pukul 12.39 siang waktu setempat pada hari tahun baru. Tapi, tiga jam kemudian pilot mengumumkan bahwa mereka harus berbalik arah. "Semua maskapai dilarang mendarat di Manila pada Minggu sore karena otoritas lokal menutup wilayah udara setempat. Ini berarti penerbangan kami dari Sydney harus berbalik arah," kata juru bicara Qantas.

4 dari 4 halaman

Pesawat Tidak Jadi Mendarat

Pesawat Jetstar Airways pun pernah tidak jadi mendarat di Denpasar, Bali, pada 27 Desember 2022. Pesawat terpaksa putar balik ke Melbourne lantaran izin pendaratan tidak diberikan pihak otoritas Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Dikutip dari news.co.au, 29 Desember 2022, Jetstar mengonfirmasi insiden itu terjadi karena "miskomunikasi internal," lantaran maskapai gagal memenuhi persyaratan yang diminta otoritas Indonesia setelah mengganti pesawat. Pilot pun baru diberitahu bahwa pendaratan mereka tidak diperbolehkan di tengah perjalanan di udara.

"Kami menukar pesawat yang melayani rute Melbourne ke Bali kemarin dengan pesawat Boeing 787 yang berukuran lebih besar untuk mengangkut lebih banyak penumang selama musim liburan," demikian penjelasan seorang juru bicara Jetstar pada 28 Desember 2022.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan, mengamini penjelasan Jetstar. Ia mengatakan bahwa penerbangan Jetstar Airways JQ035 memutuskan kembali karena ada persyaratan yang belum dipenuhi internal maskapai untuk dapat melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

"Koordinasi dengan manajemen Jetstar, solusinya adalah sebagian penumpang dialihkan ke penerbangan Virgin Australia dan Qantas di malam tersebut, sebagian ada yang bermalam di hotel dengan tanggungan Jetstar," kata Handy dalam pernyataan tertulis pada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini