Sukses

Wajibkan Istri Masak dan Melayani Suami, Denny Caknan Dicap Patriarki, Apa Artinya?

Sikap Denny Caknan dalam sebuah acara menuai banyak kritik dari warganet lantaran disebut tega memaki sang istri, Ia pun dicap patriarki setelah menuturkan beberapa kewajiban seorang istri pada suaminya.

Liputan6.com, Jakarta - Sikap Denny Caknan menuai banyak kritik dari warganet lantaran disebut tega memaki sang istri, Bella Bonita, saat hadir di podcast Deddy Corbuzier belum lama ini.  Melansir kanal YouTube Deddy Corbuzier, Selasa, 26 September 2023, ketika ditanya kelebihan Denny Caknan dari pria lain oleh Deddy, Bella Bonita alias Belbon terlihat kebingungan memikirkan jawabannya.

Hal itu membuat Denny terlihat kesal dan memaksa Belbon untuk menjawab. "Ayo jawab. Lho koe ki nyapo gelem tak rabi nyapo (Lho kamu tu kenapa kok mau ku nikahi itu kenapa)" tanya Denny dengan nada tinggi. Bella terlihat tertekan dan akhirnya menjawab. "Kirain dewasa pertamanya, ternyata kayak anak kecil, tapi suka," ujar Belbon.

Imbas dari podcast tersebut, tindakan yang dilakukan Denny Caknan terhadap Bella Bonita selalu dikomentari oleh warganet, salah satunya dicap patriarki. Hal itu bermula ketika pria berusia 29 tahun itu meminta Bella Bonia memasak di malam hari.

Momen ini dibagikan pelantun Nemen itu melalui Instagram Story dan diunggah ulang oleh akun TikTok @shorts_85. "Jam 9 (malam) aku lapar aku suruh masak," kata Denny sambil menghampiri istrinya yang sedang memasak di dapur seorang diri.

Pemilik nama asli Denny Setawan ini pun memeriksa menu apa yang dimasak oleh sang istri, yang ternyata ikan lele goreng, udang tepung goreng, dan sambal bawang. "Ini udang. Pinter juga. Sejak kapan Yang, pintar masak udang? Biasanya goreng telur doang bisanya," canda Denny sambil terkekeh.

"Ada-ada aja kalau laper malam-malam begini," jawab Bella Bonita.  Sembari bergurau dengan istri dengan memegang leher sang istri, Denny Caknan menjawab, "Iya lapar aku, baru pulang dari Bromo. Yuk, aku tungguin. Lama, kelaparan ini. Yuk!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Seorang Istri

Tidak hanya memasak, Bella juga diminta melayaninya dengan menyiapkan nasi serta lauk ke piring. Denny. Menurut penyanyi pop Jawa ini, melayani suami adalah tugas utama dari seorang istri.

"Fungsi seorang istri itu adalah melayani suami dalam keadaan apapun. Perut lapar, (sedang) lesu, kelaparan, itu harus siap sedia memasakkan, gitu loh. Biar suami betah di rumah, nggak ngopi, nggak ditinggal," kata Denny ke arah kamera.

Namun, sikap Denny Caknan itu justru dihujat oleh sejumlah warganet karena dinilai patriarki.

"Untungnya mbak Bella Bonita sabar," komentar seorang warganet.

"Emang boleh sepatriaki ini? Kek mana?" tanya warganet yang lain.

"Walaupun suamiky nggak sekaya Denny, beruntung aku tidak pernah disuruh suami masak, nyuci, dan lain-lain. Semauku aja," sindir warganet lainnya.

"Liat ini jadi bersyukur , suami pulang kerja tengah malem lapar goreng tahu sendiri ,bikin mie sendiri kalau aku ketiduran ,masih mau disuruh" ngambil,” timpa warganet lainnya.

"Betuulll Benar mas denny istri melayani suami, suami menafkahi istri .. 👍👍👍," ujar warganet lainnya yang sependapat dengan Denny.

3 dari 4 halaman

Patriarki Wujud Dominasi Pria daripada Wanita

Tak sedikit juga yang menanyakan arti patriarki yang dialamatkan sejumlah warganet pada Denny Caknan.  Patriarki konon adalah budaya yang diturunkan dari nenek moyang. Budaya patriarki adalah wujud nyata adanya kepercayaan pada dominasi laki-laki daripada wanita. 

Melansir kanal Hot Liputan6.com, 11 Mei 2023, dalam buku berjudul 'The Origin of the Family, Private Property, and the State' oleh Frederic Angels, dijelaskan patriarki adalah organisasi politik yang mendistribusikan kekuasaan secara tidak setara antara laki-laki dan perempuan.

Konsepsi patriarki adalah berdampak buruk pada kasus kekerasan pada perempuan. Dalam jurnal berjudul 'Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia' oleh Ade Irma Sakina dan Dessy Hasanah Siti A, disebutkan budaya patriarki adalah mangarah pada tingginya kasus pelecehan seksual, dan lainnya.

Patriarki adalah keberpihakan perilaku yang dipengaruhi gender atau jenis kelamin. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan patriarki adalah perilaku mengutamakan laki-laki daripada perempuan dalam masyarakat atau kelompok sosial tertentu. Patriarki adalah wujud dominasi pria daripada wanita.

4 dari 4 halaman

Budaya Patriarki Terdekat ada pada Lingkup Keluarga

Istilah patriarki adalah berasal dari kata patriakat. Hal ini diungkap dalam buku berjudul 'Pengantar Gender dan Feminisme' oleh Alfian Rokhmansyah. Dijelaskan patriarki adalah dari kata patriarkat memiliki arti struktur yang menempatkan peran laki-laki sebagai penguasa tunggal, sentral, dan segala-galanya.

Akibatnya, kesenjangan dan ketidakadilan gender mempengaruhi berbagai aspek kegiatan keseharian Masyarakat. Para ahli menyebut, patriarki adalah budaya yang lahir secara turun-temurun dari nenek moyang. Inilah mengapa budaya patriarki adalah paling dekat ada pada lingkup keluarga, seorang ayah mendominasi perintah kepada istri dan anak-anak perempuannya. Meski sebenarnya, kasus patriarki lebih dari itu.

Secara sosiologi, budaya patriarki adalah prinsipnya memiliki keterkaitan sangat erat dengan eksistensi gender.  Dalam sistem patriarki, seorang ayah memiliki otoritas terhadap ibu, anak-anak dan harta benda. Secara tersirat sistem ini melembagakan pemerintahan dan hak istimewa pada laki-laki dan menuntut subordinasi perempuan. Bahkan dinilai sebagai penyebab dari penindasan terhadap perempuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini