Sukses

Bukan Hermes, Putri Konglomerat Ungkap Brand Fesyen yang Disukai Orang Kaya Lama

Old monety atau orang kaya lama menurut Grace Tahir ternyata justru tidak terlalu menyukai brand-brand seperti Gucci atau Hermes, Lalu, brand apa saja yang mereka suka dan berapa kisaran harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang kerap disebut kaya kalau memiliki barang-barang mewah dari berbagai brand ternama di dunia, seperti Hermes, Gucci, Dior hingga Chanel. Harga produk-produk dari brand fesyen tersebut bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Namun orang-orang yang sudah punya kekayaan sejak lama atau dikenal dengan istilah old money atau orang kaya lama, ternyata justru tidak terlalu menyukai brand-brand tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh pengusaha Grace Tahir yang merupakan putri dari konglomerat dan salah satu orang terkaya d Indonesia, Tahir.

Sebagai pewaris dari keluarga Mayapada Group dan Lippo Group, Grace Tahir juga dikenal sebagai old money di Indonesia.

"Orang kaya lama senangnya brand apa sih? Apakah Hermes, Dior, Gucci? Ternyata (old money) banyak brand quite luxury yang lebih diminati," tulis Grace di akun TikTok pribadinya, 18 September 2023. Quite luxury artinya bukan sesuatu yang terlalu mencolok.

Nama brand biasanya tidak tercantum secara jelas. Menurut Grace, orang kaya lama memang tidak senang jika nama brand ada di mana-mana. "Mereka nggak suka yang mentereng, dan norak, misalnya LV di mana-mana atau Gucci ada logonya di mana-mana," jelas wanita 46 tahun tersebut.

Dia mengungkapkan lima merek quite luxury yang disukai para old money. Salah satunya adalah Brioni. Grace menyebut brand ini biasanya banyak disukai para old money pria. Brand asal Italia itu menjual pakaian sehari-hari, sepatu, kacamata, hingga parfum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Brand Fesyen Italia

Dilihat dari situs resminya, harga produk Brioni untuk koleksi terbaru 2023, sepasang kaus kaki saja dijual seharga Rp1,5 juta. Sementara setelan jasnya harganya lebih dari Rp150 juta.

Di sisi lain, old money perempuan menyukai brand asal Italia, Loro Piana. Barang-barang fesyen dari Loro Piana juga tak kalah mahal. Dilihat di situs resminya, harga termurah untuk sepasang kaus kaki Loro Piana adalah Rp5 jutaan. Yang termahal ada coat khusus musim dingin yang harganya mencapai Rp260 juta.

Selain itu ada juga brand dari Italia yaitu Brunello Cucinelli yang dikenal sebagai rumah mode mewah yang menjual aneka produk fesyen kelas atas. Pada koleksi baju musim dingin 2023, harga termurah untuk satu sweater dijual dengan harga Rp17,7 juta.

Brand dari Italia lainnya yang juga disukai old money adalah Kiton. Brand ini mengklaim membuat produk dengan kualitas kain terbaik serta penggunaan serat alami. Tak heran kalau harga satu mantel perempuan dari Kiton bisa mencapai Rp90 jutaan.

Tak hanya dari Eropa, brand fesyen yang disukai para old money ada juga yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Polo. Brand ini menyediakan beragam fesyen untuk pria maupun wanita dengan gaya yang lebih kasual. 

3 dari 4 halaman

Brand Fesyen Amerika

Untuk satu kaus jersey anak-anak saja dijual paling murah hampir Rp500 ribu. Untuk tas wanita dari Ralph Lauren harganya sekitar Rp400 juta. "Ralph Lauren ini beda sama Polo yang beredar di Indonesia, karena Polo modelnya beda dan harganya jauh lebih murah dibanding produk Ralph Lauren," terangnya.

Di tahun lalu, Grace sempat bikin heboh dunia maya. Ia mengunggah video dan beraksi memparodikan gaya Indra Kenz saat memamerkan kekayaannya di atas jet pribadi. Gaya Grace yang nyentrik dan menggelitik berhasil menghibur banyak warganet.

Selain di pesawat jet, Grace juga membuat video saat berada di tahanan dengan memakai kemeja oranye khas baju tahanan. Ia membayangkan gaya Indra Kenz saat ditahan. Indra sendiri ditahan polisi karena terlibat kasus penipuan investasi.

Grace terlihat tampil total dalam video parodi yang diunggah di Youtube pada 9 Maret 2022 dan bertajuk 'Review Private Jet ala Indri Benz'. Ia menirukan gaya pria yang dijuluki Crazy Rich Medan tersebut dengan nama Indri Benz. "

4 dari 4 halaman

Grace Jadi Crazy Rich Glodok

"Nama gue Indri Benz, seperti Mercedes Benz," ucapnya di awal video berdruasi dua menit itu. Ia juga menyebut slogan andalan Indra yaitu 'sangat murah' sambil bersantai di pesawat jet pribadi. Ia juga beraksi dengan melempar sejumlah lembaran uang dolar di dalam pesawat.

"Hai guys, saya Indra Benz, Crazy Rich Glodok, selamat datang di jet pribadi saya. Jika Anda bekerja keras, Anda bisa menikmati jet pribadi seperti saya," lanjutnya. Video tersebut mendapat banyak pujian dari warganet. Mereka tak menyangka sosok pengusaha seperti Grace ternyata bisa tampil kocak dan menghibur.

Lahir di Jakarta, 15 Juni 1976, Grace adalah direktur Mayapada Hospital. Ia anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Dato Sri Tahir dan Rosy Riady. Ia mendapatkan gelar master di sebuah universitas di California, Amerika Serikat.

Ayah Grace adalah seorang konglomerat yang mendirikan Grup Mayapada sejak 1986, dan beberapa kali masuk ke dalam daftar orang terkaya Indonesia. Dilansir dari berbagai sumber, ia juga menjabat sebagai CEO Medico, Director Philips Indonesia, dan Komisaris Utama Maha Properti Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini