Sukses

Brightspot Market 2023 Resmi Dibuka Selama 2 Akhir Pekan, Tiket Masuknya Gratis

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Brightspot Market 2023 terselenggara di dua lokasi di Plaza Senayan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Selesai sudah hitung mundur penyelenggaraan Brightspot Market 2023. Terhitung hari ini, Kamis (28/9/2023), acara bertajuk "The Future Is Human" itu resmi dibuka selama dua akhir pekan, 27 September--1 Oktober 2023 dan 6--8 Oktober 2023, di Plaza Senayan, Jakarta.

Sementara tidak ada tarif masuk alias gratis, pengunjung tetap harus mendaftar untuk masuk ke area Brightspot Market 2023. Caranya, Anda dipersilakan mengunduh aplikasi Brightspot di iOS maupun Play Store untuk menentukan jadwal kunjungan.

Setelah itu, Anda bakal mendapat kode QR yang akan dipindai saat memasuki area "pasar kaget" serba brand lokal tersebut. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, founder Brightspot Market dan Future 10, Anton Wirjono, menyebut bahwa Brightspot Market 2023 terselenggara di dua lokasi di Plaza Senayan.

Keduanya, yakni Ex-Bowling yang disebut Utopia Area dan P4 sebagai FoodPark Utopia, serta EX-Metro sebagai Vision Area dan Rooftop Metro sebagai FoodPark Vision. Pemilihan tempat ini, menurut Anton, bakal memberi pengalaman berbelanja yang berbeda.

"Penyelenggaraan selama dua akhir pekan, yang terinspirasi festival musik, seperti Coachella, diharapkan membuat pengunjung lebih menyebar. Jadi tidak terlalu padat dan jalan-jalannya lebih enak," katanya saat jumpa pers pembukaan Brightspot Market 2023 di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu, 27 September 2023.

Co-founder Brightspot Market, Cynthia Wirjono, mengatakan bahwa pendaftaran tenant tahun ini mencatat rekor baru, yakni mencapai 800 aplikan. Namun karena keterbatasan ruang pamer, pihaknya mengurasi itu sampai menyisakan 256 jenama lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diikuti 256 Jenama Lokal

Cynthia berkata, "265 brands ini terdiri dari 190 retail, mulai dari fashion brand sampai lifestyle brand, sisanya F&B. Tahun ini juga ada record store, dan semuanya sudah dikurasi dengan banyak konsiderasi."

Sejalan dengan suburnya eksistensi jenama lokal, Anton mengatakan bahwa pihaknya merasa penting mengangkat tema "The Future is Human." Ini secara khusus menyoroti bagaimana proses kreatif manusia tidak akan tergantikan dengan apapun, termasuk teknologi.

"Teknologi bisa mempermudah, malah kami mendorong pelaku bisnis lokal memanfaatkan teknologi secara bijak untuk memberi nilai tambah pada pengalaman konsumen, tapi tidak menggantikan (proses kreatif)," sebutnya.

Selaras dengan itu, Signature Time bergemakan gerakan "Rasakan Nikmatnya Hidup" di gelaran Brightspot Market tahun ini. Pihaknya bermaksud mengajak anak muda melawan stereotipe dan mendefinisikan ulang makna kesuksesan yang tidak terbatas "standar sosial."

"Kami ingin mengajak individu menjalani hidup sesuai passion, mengejar panggilan hati, dan mendefinisikan sukses sesuai keinginan pribadi masing-masing," kata representasi Signature Time, Adrian Riadi. 

3 dari 4 halaman

Brand Lokal Sebagai Kisah Sukses

Adrian menyambung, "Kami percaya, Brightspot Market adalah panggung yang tepat untuk menghadirkan contoh nyata orang-orang yang berhasil dan berani menjalani hidup sesuai pilihan mereka."

Dalam perpanjangan tangannya, mereka menghadirkan instalasi "Path of Passion" supaya orang-orang mengingat kembali impian mereka. "Di saat yang sama, kami juga mengingatkan bahwa menjalankan impian memang tidak semudah itu, tapi tidak apa-apa."

"Omongan orang, persepsi orang, jadi tidak penting karena ini pilihan kita. Setelah mendefinisikan kembali sukses sesuai passion tanpa dibayangi stigma sosial tentang kesuksesan, pada akhirnya kita semua dapat merasakan nikmatnya hidup," imbuh Adrian.

Brightspot Market 2023 juga mengangkat konsep acara "Solarpunk," sebuah gerakan menuju "masa depan berkelanjutan" yang mendukung kolaborasi antar manusia, alam, dan teknologi.

Saat jumpa persn pada 12 September 2023, Anton berkata, "Kami memang maunya nanti ke sana (menerapkan konsep berkelanjutan di setiap elemen Brightspot Market), tapi sekarang masih susah, karena secara bahan baku masih mahal (untuk brand). Kami juga maunya acara ini didukung penuh panel surya (sebagai sumber energinya)."

 

4 dari 4 halaman

Nikmati Berbagai Produk Menarik

"Di antara brand lokal yang berpartisipasi, ada juga yang mengangkat konsep sustainability," Anton menambahkan. "Secara limbah (dari penyelenggaraan acara), terutama kemasan makanan, ini juga kami pikirkan. Pengolahan (limbah) sudah kami lakukan sejak tahun lalu, dan akan berlanjut tahun ini."

"Kami sekaligus ingin bangun awareness (tentang konsep berkelanjutan dalam berbisnis), karena kami juga enggak mau yang bagaimana-bagaimana dan akhirnya jadi green washing. Kami lakukan apa yang bisa kami lakukan sekarang, dan ini baru langkah awal," klaimnya.

Ia juga merekomendasikan pengunjung Brightspot Market 2023 untuk naik kendaraan umum. "Aksesnya (lokasi Brightspot Market) dekat dengan MRT," ia menyebut.

Melengkapi keseluruhan pengalaman, pengunjung dapat dengan nyaman melakukan berbagai transaksi melalui aplikasi MyBCA dengan akses BCA ID. Mereka juga berkesempatan menikmati berbagai promo menarik di Plaza Senayan, serta punya kesempatan berpartisipasi dalam undian eksklusif.  

EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya berharap bahwa keikutsertaan pihaknya bisa berkontribusi pada pertumbuhan berkelanjutan industri kreatif lokal. Jadi, tertarikah Anda untuk berkunjung?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini