Sukses

Suga BTS Pergi Wamil Susul Jin dan J-Hope, Sempat Bagikan Pesan Manis

"D-638," ARMY, sebutan penggemar BTS, mulai menghitung hari sampai Suga BTS menyelesaikan masa wajib militer (wamil) sejak Jumat (22/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - "D-638," ARMY, sebutan penggemar BTS, mulai menghitung hari sampai Suga menyelesaikan masa wajib militer (wamil). Menyusul dua rekan grupnya, Jin dan J-Hope, Suga BTS resmi pergi wamil hari ini, Jumat (22/9/2023).

Berpamitan dengan fans, Suga menulis pesan manis di Weverse, Kamis, 21 September 2023, "Halo, ini SUGA. Saya di sini untuk mengucapkan selamat tinggal!" menurut allkpop, dikutip Jumat. "Saya bisa sampai di sini dengan selamat berkat ARMY, dan sekarang waktunya telah tiba."

"Saya akan dengan sepenuh hati memenuhi layanan (wamil) saya dan kembali. Harap berhati-hati terhadap perubahan cuaca musim gugur yang dingin. Tetap sehat dan sampai jumpa di tahun 2025! ARMY!!! Terima kasih selalu dan saya mencintai kalian," tutur rapper yang juga dikenal dengan nama panggung Agust D tersebut.

Pada 17 September 2023, agensi Suga, BIGHIT MUSIC, secara resmi mengumumkan bahwa idol sekaligus produser musik itu akan memulai wajib militernya pada 22 September 2023. "Halo. Ini adalah BIGHIT MUSIC," kata mereka mengawali pernyataan resmi.

"Terima kasih atas dukungan Anda yang berkelanjutan untuk BTS. Kami memiliki informasi lebih lanjut mengenai dinas militer Suga," imbuhnya. "Suga akan memulai layanan wajibnya pada 22 September 2023.

"Tidak akan ada acara resmi apapun yang diadakan pada hari ia memulai dinasnya atau pada hari ia memasuki kamp pelatihan. Kami dengan hormat meminta para penggemar untuk tidak mengunjungi Suga di tempat dinasnya selama masa wajib militernya. Mohon sampaikan salam hangat dan dorongan dalam hati Anda saja," kata agensi BTS itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Periode Wamil Suga Lebih Lama

Mereka menyambung, "Selain itu, harap berhati-hati untuk menghindari dampak buruk dari tur tidak sah atau produk paket yang menggunakan kekayaan intelektual artis secara ilegal. Perusahaan kami akan mengambil tindakan terhadap upaya aktivitas komersial apapun yang menggunakan kekayaan intelektual artis secara tidak sah."

"Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk Suga hingga ia menyelesaikan pengabdiannya dan kembali. Perusahaan kami juga akan berusaha memberi semua dukungan yang ia butuhkan selama masa ini. Terima kasih," tandasnya.

Tidak seperti Jin dan J-Hope, Suga dinyatakan tidak layak untuk tugas tempur reguler. Meski semua laki-laki berbadan sehat di Korea Selatan harus bertugas di militer, mereka yang memiliki masalah kesehatan dapat ditugaskan ke layanan alternatif, termasuk bekerja di kantor pemerintah kota, lapor Yonhap.

Meski alasan keputusan terhadap Suga belum diungkap, hal itu diyakini terkait operasi yang dilakukannya untuk memperbaiki labrum yang robek pada 2020. Masa tugas untuk setiap pos dalam dinas alternatif adalah tiga bulan lebih lama daripada tentara, yakni 21 bulan, namun ia masih akan mendapat tiga minggu pelatihan dasar militer.

3 dari 4 halaman

Tetap Bersama pada 2025 dan Seterusnya

Di tengah salam perpisahan sementara dengan SUGA, ARMY sebenarnya juga mendapat kabar bahagia karena tujuh personel BTS akan memperbarui kontrak eksklusif mereka dengan BIGHIT MUSIC, label musik yang dijalankan HYBE.

Mereka pun berjanji untuk "tetap bersama pada 2025 dan seterusnya." "Dewan BIGHIT MUSIC semuanya sepakat untuk memperbarui kontrak eksklusif anggota RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook BTS," kata perusahaan itu dalam siaran persnya, dilansir dari Korea Joongang Daily.

Perpanjangan ini akan dilakukan pada waktu yang berbeda untuk masing-masing personel, mengingat agenda wajib militer mereka. Label musik BTS akan mendonasikan 1 miliar won (Rp11,5 miliar) pada UNICEF untuk merayakan pembaruan tersebut.

Kontribusi ini merupakan bagian dari kampanye "Love Myself" yang dimulai boy band tersebut melalui kerja sama dengan UNICEF cabang Korea pada November 2017. Ini merupakan kali kedua para personel BTS memperbarui kontraknya dengan agensi.

Grup ini debut pada Juni 2013 dan pertama kali memperbarui kontrak mereka pada Oktober 2018, dua tahun lebih awal dibandingkan kontrak standar tujuh tahun mereka. Perusahaan tidak mengungkap berapa lama kontrak baru tersebut akan bertahan, namun berjanji bahwa "semua personel BTS akan bersama setelah tahun 2025."

"Dengan pembaruan ini, kami akan dapat melihat BTS secara keseluruhan, yang ingin kami lihat pada 2025," kata HYBE dalam siaran persnya. "Kami berjanji untuk mendukung para artis dengan segala cara agar reputasi BTS semakin terangkat."

4 dari 4 halaman

Janji RM untuk Comeback Grup

Harapan itu kian membumbung karena tidak berlama lama sejak kabar BTS memperpanjang kontrak dengan BIG HIT beredar, leader grup, RM, mengunggah cuplikan dokumen kontrak di Instagram Story-nya.

Ia menindaklanjutinya dengan cerita lain yang didedikasikan untuk ARMY, yang menyiratkan bahwa reuni yang dinantikan semua orang di 2025 akan tercapai sesuai rencana. Sebelumnya, janji ini juga sudah lebih dulu diucapkan pelantun lagu moonchild tersebut.

Pada 12 Agustus 2023, RM mengadakan siaran langsung di Weverse di mana ia membuka tentang rencana boy band tersebut di masa depan. Khususnya, BTS telah menjalani "istirahat panjang" sejak pertengahan 2022 untuk "menjelajahi beberapa proyek solo."

RM berbicara tentang obrolannya dengan Suga tentang tur dunia D-DAY dan apa yang ia pelajari dari pengalaman itu. "Ia memberitahu saya bahwa ada banyak ARMY di seluruh dunia yang menginginkan kami bertujuh bersatu kembali dan tampil lagi," kata RM, dilansir SBS Star.

Setelah berbicara pentingnya mengeksplorasi warna masing-masing personel dalam proyek solo, yang mana album Layover V jadi yang terbaru, pemilik nama asli Kim Namjoon ini kemudian menyatakan bahwa grup tersebut "(pasti) akan kembali."

"Kami akan bergabung (berkarya) bersama lagi, dan itu akan terjadi pada 2025," sebut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.