Sukses

Turis dan Pedagang Tewas Tersambar Petir di Pantai Meksiko Saat Badai Datang

Dua orang tewas setelah tersambar petir di pantai di Meksiko. Sebuah video mengabadikan momen mengerikan ketika petir menyambar seseorang di Pantai Maruata di negara bagian Michoacan.

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang tewas setelah tersambar petir di pantai di Meksiko. Hal ini diketahui dari sebuah video mengabadikan momen mengerikan ketika petir menyambar seseorang di Pantai Maruata di negara bagian Michoacan.

Dikutip dari News.com.au, Rabu, 20 September 2023, petir itu kemudian melintasi pasir dan menyerang orang lain. Para pengunjung pantai terdengar berteriak saat mereka melarikan diri.

Para pengunjung pantai sedang mengemasi barang-barang mereka ketika badai melanda pada Jumat, 15 September 2023. Video mengejutkan tersebut kemudian beredar di media sosial pada pekan ini.

Salah satu korban bernama Elvia de Jesús, 33, yang sedang berlibur dari negara bagian Guanajuato. Korban kedua dilaporkan bernama Félix Andrés, seorang pria pedagang tempat tidur gantung dari negara bagian dekat kawasan pantai.

Elvia sedang berjalan mengikuti suaminya setelah berenang dan keluar dari air ketika dia disambar petir, Daily Mail melaporkan, mengutip otoritas setempat. Suaminya telah melakukan CPR pada Elvia sebelum paramedis tiba, tetapi nasib berkata lain, istrinya dinyatakan meninggal dunia. Sementara, Andrés dilaporkan mengembuskan napas terakhir di rumah sakit karena luka-luka yang diderita akibat tersambar petir.

Playa Maruata, juga dikenal sebagai Pantai Maruata, dianggap sebagai salah satu pantai terindah di Michoacan karena airnya yang biru kehijauan dan pasir keemasannya. Kawasan ini sebenarnya adalah tiga pantai yang bersebelahan yang terletak di antara pegunungan dan teluk. Destinasi wisata tersebut terkenal jadi spot pengunjung untuk snorkeling dan berenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengantin Pria di China Tewas Tersambar Petir Saat Foto Prewedding

Kasus tersambar petir lainnya juga terjadi di China. Hal itu menimpa seorang pria yang sedang berpose untuk foto prewedding dengan tunangannya ketika ada badai petir di destinasi wisata populer di barat daya China. Dikutip AsiaOne, kabar ini menurut sebuah pernyataan yang dirilis Komite Manajemen Jade Dragon Snow Mountain di Lijiang, provinsi Yunnan.

Pria itu disambar petir tepat tengah hari pukul 13.30 pada Rabu, 25 Agustus 2022, di Spruce Meadow, destinasi wisata terkenal dengan padang rumput dan gunung yang tertutup salju. Layanan darurat setempat segera tiba di tempat kejadian dan membawa pria bermarga Ruan itu ke rumah sakit tempat ia dinyatakan meninggal.

"Orang-orang yang berdiri di dekat korban tidak terluka," kata seorang manajer tur yang hadir kepada The Paper.

Sebuah video yang diambil tepat setelah kecelakaan menunjukkan pekerja darurat di tengah hujan lebat mengenakan jas hujan dan memegang payung memindahkan pria itu ke tandu. Kala itu, otoritas meteorologi setempat telah mengeluarkan peringatan petir dan kilat, dalam taraf bahaya di bawah sistem peringatan empat tingkat China, sekitar 30 menit sebelum petir menyambar. 

3 dari 4 halaman

Tips Hindari Petir

Menurut situs CDC, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, kejadian tersambar petir bisa dihindari. Meskipun rumah merupakan tempat perlindungan yang aman selama badai petir, Anda mungkin masih berisiko. Sekitar sepertiga dari cedera sambaran petir terjadi di dalam ruangan. Berikut tipsnya dalam ruangan saat petir datang.

1. Hindari air

Jangan mandi, mencuci piring, atau melakukan kontak lain dengan air selama badai petir karena petir dapat merambat melalui pipa bangunan. Risiko sambaran petir melalui pipa mungkin lebih kecil dengan pipa plastik dibandingkan dengan pipa logam. Namun, yang terbaik adalah menghindari kontak dengan pipa ledeng dan air mengalir selama badai petir untuk mengurangi risiko tersambar petir.

2. Jangan menyentuh peralatan elektronik

Jangan gunakan apa pun yang terhubung ke stopkontak, seperti komputer, laptop, sistem permainan, mesin cuci, pengering, atau kompor. Petir dapat merambat melalui sistem kelistrikan, sistem penerimaan radio dan televisi, dan kabel atau batang logam apa pun di dinding atau lantai beton. Lengkapi rumah Anda dengan pelindung lonjakan arus seluruh rumah untuk melindungi peralatan Anda.

3. Hindari jendela, pintu, beranda, dan beton

Jauhi jendela dan pintu, dan jauhi beranda. Jangan berbaring di lantai beton atau bersandar di dinding beton selama badai petir. Petir dapat merambat melalui kabel atau batang logam apa pun di dinding atau lantai beton.

4. Jangan gunakan telepon kabel

Telepon berkabel tidak aman digunakan selama badai petir. Jangan menggunakannya. Namun, aman untuk menggunakan telepon nirkabel atau seluler selama badai.

4 dari 4 halaman

Tips Keamanan

Meskipun tidak ada tempat di luar yang aman selama badai petir, Anda dapat meminimalkan risiko dengan menilai ancaman petir lebih awal dan mengambil tindakan yang tepat. Pertahanan terbaik adalah menghindari petir.

Berikut adalah beberapa tips keselamatan di luar ruangan yang dapat membantu Anda menghindari tertabrak.

1. Waspadalah

Periksa ramalan cuaca sebelum berada di luar ruangan. Jika ramalan cuaca menyerukan badai petir, tunda perjalanan atau aktivitas Anda, atau pastikan tempat perlindungan aman yang sesuai sudah tersedia.

2. Pergi ke dalam ruangan

Ingat ungkapan, "Ketika guntur mengaum, masuklah ke dalam rumah." Temukan tempat berlindung yang aman dan tertutup saat Anda mendengar guntur. Tempat perlindungan yang aman termasuk rumah, kantor, pusat perbelanjaan, dan kendaraan keras dengan jendela digulung.

3. Segera cari perlindungan

Jika Anda terjebak di area terbuka, bertindak cepat untuk mencari perlindungan. Tindakan yang paling penting adalah menjauhkan diri dari bahaya. Berjongkok atau jatuh ke tanah dapat mengurangi kemungkinan tersambar petir, tetapi itu tidak menjauhkan dari bahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.