Sukses

Viral Turis Asing di Bali Dorong Polisi Gara-Gara Ditilang Langgar Lalu Lintas

Turis asing kembali berulah di Bali. Sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan seorang Warga Negara Asing atau WNA terlihat mendorong polisi ketika dirinya ditilang.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Negara Asing (WNA) kembali berulah di Pulau Dewata. Sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan turis asing terlihat mendorong polisi ketika dirinya ditilang.

Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Jalan By Pass Ngurah Rai, Sunset Road, Kuta, Badung, Bali pada Senin, 18 September 2023. Dalam video singkat itu, seorang pria asing masih duduk di atas motor mengenakan helm dan satu turis perempuan tanpa memakai helm diberhentikan polisi. Turis pria terlihat tak terima saat disetop bahkan mendorong polisi yang menyetopnya.

"Berdasarkan laporan kejadian berawal dari ditemukan ada WNA atau bule mengendarai sepeda motor Yamaha N'Max Nopol 3085 FCP, sedang berhenti karena lampu merah di depan pos polisi," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan dalam keterangan tertulisnya, dikutip Merdeka.com, Selasa (19/9/2023).

Turis asing disetop karena penumpang yang dibonceng tak menggunakan helm. Polisi yang bertugas saat itu Aiptu Puji Santoso dan Aiptu Nyoman Siki Asmara langsung menghampiri pelanggar itu.

Kedua turis itu lantas digiring ke pinggir jalan di depan pos polisi Sunset Road. Aiptu Puji Santoso menanyakan dan mengecek surat-surat kelengkapan kendaraan. Ternyata turis tersebut tidak membawa surat-surat kelengkapan berupa SIM dan STNK.

"Kemungkinan tidak terima diperiksa karena merasa melanggar aturan, tiba-tiba WNA tersebut marah dan mendorong Aiptu Puji Santoso," jelas Jansen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turis Asing Tak Dihukum

Aiptu Nyoman Siki Asmara berusaha melerai. Ia menjelaskan kepada turis tersebut bahwa untuk mengendarai sepeda motor wajib mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia, seperti menggunakan helm untuk keselamatan diri, dan membawa STNK dan SIM.

"Setelah diberikan hukuman berupa teguran dan pemahaman mengenai aturan lalu lintas, WNA tersebut dipersilakan melanjutkan perjalanan oleh Aiptu Nyoman Siki Asmara," ujar Jansen.

Polisi menyatakan mengedepankan sikap humanis ketika ditanya soal apakah kedua WNA itu ditindak dengan hukuman tegas. Polisi juga tidak menjelaskan inisial dan asal negara WNA tersebut.

"Selama petugasnya sudah menjalankan tugasnya dengan baik, beliau lebih mengedepankan humanis dan sudah dilakukan tindakan berupa teguran (tilang ) serta edukasi berlalulintas yang baik," kata Jansen.

Viralnya video turis dorong polisi itu pun mencuri atensi warganet. Tak sedikit yang berkomentar pedas akan tindakan tak terpuji dari WNA tersebut.

"Kami memang perlu wisatawan untuk menjalankan perekonomian di bali yang berbasis wisata budaya dll, tapi kami tidak perlu wisatawan yg seperti ini, yang menganggap sepele dan tidak bisa saling menghargai, tindak tegas saja, sma seperti bapak menindak tegas warga lokal saja," turis seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Turis Asing di Bali Sewa Motor hingga Tabrak Mobil

Sebelumnya, pria turis asing menabrak mobil dan videonya viral di media sosial. Dilansir dari akun Instagram @mood.jakarta, Rabu, 6 September 2023, pria itu disebut belum lancar mengendarai motor tapi tetap nekat untuk menyewa kendaraan. Ia bahkan tidak memakai helm.

Namun banyak pula warganet yang menduga bahwa pria tersebut sedang dalam pengaruh minuman beralkohol. Dalam unggahan akun tersebut, ketika hendak jalan, wisatawan mancanegara (wisman) itu awalnya hampir terjatuh ketika baru keluar dari tempat rental.

Kemudian setelah jalan lagi, pria itu hampir menabrak mobil yang sedang melintas dan akhirnya menabrak mobil taksi yang sedang parkir. Tanpa merasa bersalah, turis asing itu langsung tancap gas lagi sambil sempoyongan meskipun sudah diteriaki oleh orang-orang sekitar.

Orang-orang terlihat berkerumun di sekitar mobil tersebut, namun kejadian selanjutnya tidak direkam lagi. Diketahui kejadian tersebut melaju di salah satu daerah yang berada di Bali, tapi belum diketahui lokasi pastinya.

4 dari 4 halaman

Turis Asing Kerap Langgar Lalu Lintas

Bali adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di kalangan WNA. Banyak WNA atau turis asing yang menyewa sepeda motor di Bali untuk berkeliling di Pulau Dewata.

Hanya saja, banyak turis mancanegara yang rupanya mengendarai motor sesuka hati. Misalkan saja tidak menggunakan helm, berkendara tanpa pakaian, dan juga gaya berkendaranya seperti masih belajar.

Salah satunya yang viral di dunia maya adalah bule yang nyemplung ke sawah saat mengendarai sepeda motor. Kejadian ini dibagikan oleh akun TikTok @sparta_rentalmotor_bali pada Selasa, 7 Maret 2023.

Di video tersebut terlihat ada turis perempuan yang sekujur tubuhnya kotor penuh lumpur. Ia dikelilingi oleh warga yang berniat membantunya, terutama motor yang dikendarainya. Pasalnya motor Honda PCX yang dikendarainya masuk ke dalam sawah. Ada seorang pria yang terjun ke tempat itu untuk mencoba mengevakuasi motor matik gambor tersebut.

Sementara itu turis perempuan tadi terus berbicara ke warga yang ada di sekitarnya. Ia seperti tengah menceritakan kronologi kejadian hingga dirinya sampai masuk ke sawah. Faktanya lagi, ternyata kejadian seperti ini sudah biasa terjadi di Bali. "Hal normal di Bali 😁," tulis pemilik akun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini