Sukses

Mengenal 8 Area di Museum Nasional yang Bisa Disewa Publik, Salah Satunya di Gedung A Lantai 2

Liputan6.com, Jakarta - Pada Sabtu malam, 16 September 2023, Museum Nasional yang kerap disebut sebagai Museum Gajah kebakaran. Namun, berkat aksi sigap dari tim pemadam kebakaran, kepolisian, serta pihak Museum Nasional Indonesia (MNI), api sukses dijinakkan tepat pada pukul 22.40 WIB.

Berdasarkan pernyataan resmi yang dikeluarkan setelah insiden tersebut, sebanyak enam ruangan di Gedung A terpengaruh oleh api. Sementara itu, 15 ruangan di Gedung A serta ruangan pamer di Gedung B dan C tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Saat ini, Museum Nasional ditutup sementara waktu untuk mengambil tindakan pencegahan lebih lanjut guna menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengunjung. Bagi pengunjung yang sudah membeli tiket, dana akan dikembalikan.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa berbagai ruangan dan area di Museum Nasional bisa disewakan untuk publik. Berkat lokasinya yang sangat strategis di hati kota Jakarta dan kemudahan akses transportasi, Museum Nasional menjadi tempat yang ideal untuk menggelar berbagai jenis acara.

Penyewaan ruangan di Museum Nasional bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses ruang publik, mengingat keterbatasan aset dan fasilitas publik yang ada. Inisiatif ini sejalan dengan ketentuan yang ada di UU No. 5 Tahun 2017 mengenai Pemajuan Kebudayaan.

Beberapa acara telah sukses diadakan di Museum Nasional, antara lain Jakarta Biennale, Pameran Erlangga Art Awards yang diselenggarakan oleh Penerbit Erlangga, Pop Up Museum Gastronosia dari Indonesia Gastronomy Community, Pameran Seni Jendela Nusantara yang diorganisir oleh SMA Labschool Jakarta, serta berbagai acara lainnya.

Dilansir dari laman resmi Museum Nasional Indonesia, berikut ruangan ataupun area yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

1. Ruang Barat (Gedung A Lantai 2)

Ruang Barat yang terletak di lantai 2 Gedung A biasanya digunakan untuk pameran sementara, namun dapat pula dijadikan tempat untuk memamerkan koleksi umum dan imersifA. Biaya sewa untuk ruangan tersebut adalah Rp200 juta per tahun. Jika penggunaannya kurang dari durasi yang telah ditentukan, biaya akan disesuaikan. Tarif tersebut belum termasuk biaya untuk perlengkapan tambahan.

2. Ruang Auditorium (Gedung B Lantai Basement)

Ruang ini merupakan ruang tertutup yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pameran, seminar, workshop, bazar, acara makan malam, pertemuan, pertunjukan seni, upacara peresmian, wisuda, atau pertunjukan mode. Luas ruangannya mencapai 845,97 meter persegi. Biaya sewanya adalah Rp14 juta per sesi (4 jam) dan belum mencakup biaya untuk peralatan tambahan.

3. Ruang Teater (Gedung C)

Ruang indoor ini dirancang untuk berbagai aktivitas seperti penayangan film, pertunjukan teater, konser, seminar, kuliah tamu, sosialisasi, dan acara seni lainnya. Dengan luas sebedar 266 meter persegi, ruangan ini dapat menampung hingga 237 orang. Biaya sewa untuk setengah hari adalah Rp7 juta dan untuk satu hari penuh adalah Rp10 juta, namun semua itu belum termasuk biaya peralatan tambahan.

4. Ruang Pameran Temporer (Gedung B Lantai Dasar)

Ruang indoor ini memiliki luas 767 meter persegi dan cocok untuk kegiatan pameran. Biaya penyewaannya adalah Rp190 juta per bulan. Jika durasi penggunaannya kurang dari satu bulan, tarifnya akan disesuaikan. Harga yang disebutkan belum mencakup biaya peralatan tambahan.

3 dari 4 halaman

5. Lokasi Indoor (Lantai Dasar)

Area ini sesuai untuk kegiatan seperti pameran, seminar, workshop, acara makan malam, upacara peresmian, pertunjukan seni, bazar, atau pertunjukan mode. Biaya sewa berkisar antara Rp3 juta hingga Rp4 juta per meter persegi per tahun. Jika durasi penyewaannya kurang dari yang ditentukan, akan ada penyesuaian tarif. Biaya yang disebutkan belum memasukkan biaya untuk peralatan tambahan.

6. Ruang Cafe Gedung B

Biaya penyewaan untuk ruang cafe di lantai dasar gedung B adalah Rp150 juta per tahunnya. Jika durasi penyewaannya kurang dari satu tahun, tarifnya akan disesuaikan. Tarif yang disebutkan belum mencakup biaya peralatan tambahan.

7. Lokasi Outdoor

Area outdoor ini cocok untuk bazar, konser musik, dan acara peresmian. Biaya sewa berkisar antara Rp2 juta hingga Rp3 juta per meter persegi per tahun. Jika durasi penyewaannya kurang dari yang ditentukan, akan ada penyesuaian biaya. Tarif yang disebutkan belum memasukkan biaya untuk peralatan tambahan.

8. Lokasi Indoor (Lantai Basement 1)

Area ini sesuai untuk menggelar berbagai acara, termasuk konser, makan malam gala, seminar, workshop, pertunjukan mode, pertunjukan seni, dan pameran. Biaya penyewaannya berkisar antara Rp2 juta hingga Rp3 juta per meter persegi per tahun. Jika durasi penyewaannya kurang dari yang ditentukan, tarif akan disesuaikan. Biaya yang disebutkan belum memasukkan biaya untuk peralatan tambahan.

4 dari 4 halaman

9. Penggunaan Peralatan dan Mesin

Selain beberapa ruangan dan area, Museum Nasional menawarkan beberapa perlengkapan dan peralatan yang tersedia untuk disewa, meliputi:

  • Meja VIP dengan tarif Rp50 ribu per hari
  • Meja sidang seharga Rp80 ribu per hari
  • Kursi futura seharga Rp10 ribu per hari
  • Kursi VIP dengan biaya Rp100 ribu per hari
  • Meja bundar beserta cover-nya seharga Rp200 ribu per hari
  • Sound system tipe 1 dengan biaya Rp2 juta per hari (untuk 8 jam)
  • Sound system tipe 2 seharga Rp4 juta per hari
  • Proyektor LCD seharga Rp2 juta per hari
  • Monitor LCD dengan tarif Rp1.5 juta per hari
  • Alat musik dengan biaya Rp5 juta per hari
  • AC jenis standing dengan harga Rp3 juta per hari

Selain itu, berikut cara menyewa tempat di Museum Nasional:

  • Kirimkan surat resmi yang ditujukan kepada Kepala Museum Nasional ke alamat museum.nasional@kemdikbud.go.id dan museumnasional@gmail.com
  • Cantumkan tujuan pemakaian ruangan, ruangan yang akan dipakai, kapan pemakaian ruangan, dan nomor kontak yang dapat dihubungi.
  • Surat yang masuk akan diproses terlebih dulu dan selanjutnya dikirimkan surat balasan berisi nomor kontak untuk korespondensi lebih lanjut.
  • Info lebih lanjut, chat WhatsApp Museum Nasional di +62 813-5000-7257.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini