Sukses

Cara Makeup Artist Menjaga Peralatan Rias Tetap Higienis untuk Kenyamanan Klien

Profesi makeup artist atau MUA profesional tak hanya memastikan riasan yang apik untuk klien. Ada beberapa aspek yang MUA juga wajib perhatikan, seperti menjaga peralatan makeup yang digunakan higienis.

Liputan6.com, Jakarta - Profesi makeup artist atau MUA profesional tak hanya memastikan riasan yang apik untuk klien. Ada beberapa aspek yang MUA juga wajib perhatikan, seperti menjaga peralatan makeup yang digunakan higienis.

MUA Bennu Sorumba menyebut bahwa sangat penting untuk selalu memastikan peralatan makeup tetap bersih. "Selain membuat klien nyaman, kebersihan tools makeup juga tidak akan membuat wajah klien cepat berjerawat," kata Bennu kepada Liputan6.com, Selasa, 12 September 2023.

MUA langganan keluarga Ibu Negara Iriana Jokowi dan deretan pesohor ini melanjutkan bahwa ia memiliki cara tersendiri dalam menjaga kebersihan alat makeup dengan mencuci atau mengganti secara berkala. Ia menyebut bahwa setiap klien yang ia rias selalu dengan satu spons yang bersih.

"Setiap satu minggu sekali, brush-brush aku dicuci, kalau ada brush yang udah mulai bulu-bulu rontok, aku langsung cari gantinya," terang pemilik nama lengkap Juanda Hasid Sorumba ini.

Bukan hanya itu, ia juga mengganti peralatan dan produk makeup yang akan digunakan untuk merias klien dalam periode tertentu. "Biasa 2--3 tahun aku udah ganti semua dengan yang baru yang lebih bagus sesuai kebutuhan," tambah Bennu.

Senada dengan Bennu, MUA Rezy Andriati turut menyebut pentingnya menjaga kehigienisan alat makeup, kuas dan produk riasan. Hal tersebut dikarenakan klien memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, mulai dari normal, kering, kombinasi hingga sensitif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MUA Rezy Andriati

"Jadi dari sisi MUA harus juga menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya beruntusan, alergi ataupun kemerahan. Yang terpenting bisa membuat nyaman klien ketika kita ingin mempercantik wajahnya," ungkap Rezy kepada Liputan6.com, Selasa, 12 September 2023.

Rezy menjelaskan caranya menjaga kebersihan alat makeup yang digunakan dengan sebisa mungkin setiap selesai bekerja ia selalu mencuci dan memiliki cadangan. "Misal belum kering bisa pakai cadangannya kalau harus bekerja. Jadi tidak terkena kuman yang bisa saja menempel di alatnya," terangnya.

"Aku juga kadang memakai sarung tangan untuk kulit yang sensitif agar membuat tenang klien aku juga. Untuk spons aku selalu pakai yang sekali pakai buang, jadi pasti bersih dan aman," tambah Rezy.

Ia juga punya rentang waktu tertentu untuk mengganti produk makeup. "Periode khusus biasanya maksimal enam bulan aku ganti untuk produk makeup, terutama bedak dan foundation," katanya.

"Karena itu salah satu faktor utama yang biasanya bisa membuat kulit klien bermasalah. untuk produk lain biasanya disesuaikan saja. Bila dirasa sudah menuju expired langsung aku ganti. Jadi membuat semua pihak nyaman. Karena kebahagiaan client adalah goals aku dalam bekerja," jelas Rezy.

3 dari 4 halaman

Catatan dari Bennu Sorumba

Di sisi lain, Bennu juga punya beberapa catatan do's and don'ts bagi klien yang akan dirias. "Pertama-tama yang enggak boleh mendekati hari H, enggak boleh pakai eyelash extensions, enggak boleh waxing bulu-bulu area wajah," ungkapnya.

Bennu menambahkan beberapa hal yang tak boleh dilakukan menjelang dirias adalah tidak menggunakan filler dagu, stop pemakaian krim dokter, dan stop facial. "Yang diperbolehkan, botoks dan maskeran lanjut pakai krim malam yang dari brand yah sebelum tidur," ungkapnya.

Sementara, Bennu melalui perjalanan penuh liku membangun kariernya sebagai makeup artist. "Sebelum menjadi MUA seperti sekarang, aku pernah kerja jadi OB (office boy) di Pasar Senen, kerja jadi tukang creambath di salon, jadi asisten MUA," katanya.

"Zaman dulu sebelum ada social media, aku sering bolak-balik makeup di majalah tanpa dibayar demi promosi dan di majalah credit title disertakan nomor telepon saja dan enggak pernah ada yang telepon," curhatnya.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Bennu

Bennu melanjutkan, "Alhamdulillah promosi nama aku dari teman ke teman dan sudah rezeki dari Allah bisa bertahan sebagai MUA sampai hari ini."

Ia juga mengungkapkan tantangan yang ia hadapi selama berkarier sebagai MUA. "Tantangan paling berat makeup Aurel, Erina Gudono, dan Ibu Negara saat upacara bendera. Cara aku menghadapi, walaupun deg-degan parah, tapi aku mencoba menjadi diri sendiri dengan signature aku di mix dengan request keinginan sang klien," lanjutnya.

Bennu dikenal sebagai MUA langganan keluarga Ibu Negara Iriana Jokowi. Selain saat upacara HUT ke-78 RI, Bennu juga merias Iriana dalam berbagai kesempatan, sebut saja ketika Sidang Tahunan MPR RI 2023 hingga merias menantunya Erina Gudono saat menikah dengan sang putra, Kaesang Pangarep.

Sebelumnya ia juga pernah berkhayal untuk bisa melihat dan masuk melihat upacara secara langsung di Istana Merdeka, Jakarta. Doanya pun terjawab ketika menjadi perias bagi Ibu Negara ketika upacara HUT ke-78 RI pada 17 Agustus 2023 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.