Sukses

Viral Bayi 13 Bulan Dikerok Babysitter, Badan Sampai Merah Kebiruan

Bayi bernama Ibrahim berusia 13 bulan dari Tangerang dikerok oleh suster yang merawatnya karena panik sang bayi rewel dan lemes. Badan bayi itu, khususnya area punggung, berwarna merah kebiruan.

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi mengerok badan dipercaya sebagai salah satu cara untuk menghilangkan rasa pegal dan masuk angin. Meski tradisi ini biasanya dilakukan oleh orang dewasa, sebuah video yang viral di media sosial mengejutkan banyak orang. Video tersebut menunjukkan seorang bayi berusia 13 bulan dengan kulitnya yang merah kebiruan akibat dikerok.

Pemilik akun TikTok @tia.rochman, yang ternyata adalah ibu dari bayi tersebut, mengekspresikan rasa kecewa, kesal, dan sedih atas apa yang dilakukan oleh babysitter yang biasa ia panggil suster, kepada anaknya. Video yang diunggah pada Selasa, 12 September 2023 tersebut menjadi viral dan memicu reaksi khawatir banyak warganet.

Tia, ibu dari bayi tersebut, bekerja di Tangerang Selatan. Sehari-hari, ia menitipkan anaknya kepada suster di rumahnya saat ia pergi bekerja. Namun, pada hari itu, saat ia pulang dari pekerjaan, ia menemukan sesuatu yang mengejutkan. Kulit anaknya penuh dengan bekas kerokan.

"Bayi baru 13 bulan, nangis banget di kerokin sampa kaya gini sm sus nya," tulis Tia pada unggahannya.

Bayi tersebut bernama Ibrahim, yang akrab dipanggil Baim. Di sisi lain, saat Tia kembali ke rumah, sang suster segera meminta maaf kepadanya.

"Pas aku baru sampe rumah habis pulang kerja bibi (susternya Ibrahim) langsung bilang gini "bu maaf ya Bu Baim saya kerokin," cuitannya di TikTok.

Bibi menyatakan saat Baim ditinggal ibunya pergi kerja, kondisinya menjadi rewel dan tampak lemas. Dia menambahkan bahwa Baim berkeringat dingin dan perutnya tampak kembung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Sudah Membaik

Suster tersebut memutuskan untuk mengerok Baim menggunakan uang koin senilai seribu rupiah. Sebelumnya, dia telah melakukan tindakan serupa pada keempat anaknya.

"Kejadiannya setelah aku berangkat kerja, kata bibi sekitar jam 11 siang Baim rewel, lemes, padahal biasanya aktif dan engga pernah merengek pas di cek badanya keringat dingin, cek perutnya kembung. Jadi bibi ini sejak ngurusin ke empat anak nya dia sendiri memang kalo masuk angin suka kerokan. Jadi dia coba kerokin Baim pelan2 pakai koin seribu katanya langsung merah-merah," tulis Tia.

Tia tentu saja kaget mendengar cerita dari suster. Apalagi, hal itu membuat kulit anaknya menjadi setengah memar. 

Padahal, Tia telah menyiapkan obat khusus jika anaknya jatuh sakit. Ia menjadi emosi dan menangis melihat keadaan anaknya. Tanpa menunda, ia segera mengantar anaknya ke rumah sakit. Saat ini, kondisi anaknya sudah mulai membaik.

"Ibrahim sudah dibawa ke DSA, Alhamdulillah sekarang sudah lebih better, terimakasih yang sudah khawatir dan sayangkan ibrahim," bubuhnya.

3 dari 4 halaman

Suster Dimaafkan

Ibu ini menjelaskan alasan susternya melakukan hal tersebut lantaran panik dan kebingungan. Ibunda Baim juga tak memecat sang suster karena merasa kasihan. Susternya tinggal sendiri dengan ke empat anak dan ibunya yang sudah tua. Selain itu, susternya begitu menyayangi Baim. Hal ini ia ambil sebagai pembelajaran ke depannya.

"Semua itu terjadi krn kekhawatiran nya, tidak ada niat jahat. Meskipun didalamnya ada kesalahan dan keteledoran tapi hal ini bisa dijadikan pelajaran untuk beliau dan juga saya sebagai orang tua," tulis Tia pada unggahan berikutnya.

Video tersebut menjadi trending di media sosial, mengumpulkan hingga 2,9 juta tayangan dan menerima respons dari warganet yang mengekspresikan kekhawatiran mereka terhadap keadaan bayi yang terlihat di video.

"Hatimu seluas samudra Bun, kalo aku soal anak udh ga bisa berdamai smua harus dipertanggungjawabkan, titik," tulis salah seorang warganet di kolom komentar.

"Ya Allah nangis banget, kalo aku udah ngamuk2 anakku diginiin," tulis warganet lainnya.

"Aku pun tim annku ku kerok tapi pakek bawang yaa, gak pake kerokan dewasa" bubuh warganet lain.

4 dari 4 halaman

Pakai Minyak Telon

Menengok kejadian di atas, penting bagi kita mengetahui pertolongan pertama jika bayi mengalami tidak enak badan atau keluhan lainnya. Salah satunya mengoleskan minyak telon pada tubuh bayi. Berikut lima manfaat minyak telon yang sudah dirangkum kanal Hot Liputan6.com pada 28 Juli 2023:

1. Menghangatkan badan

Manfaat minyak telon untuk bayi yang pertama yaitu untuk menghangatkan tubuhnya. Hal ini bisa didapatkan dari kandungan cineola di dalam minya kayu putih. Senyawa aktif cineola yang bisa memberikan kehangatan pada tubuh bayi dan mencegahnya dari kedinginan.

2. Mengatasi gatal

Mengatasi rasa gatal dan mencegah gigitan nyamuk merupakan manfaat minyak telon untuk bayi berikutnya.

3. Melembapkan kulit

Manfaat minyak telon untuk bayi selanjutnya adalah melembapkan kulitnya.

4. Meredakan sakit perut

Manfaat minyak telon untuk bayi juga dapat meredakan sakit perut. Hal ini berkat kandungan minyak adas dalam minyak telon, yang dipercaya bisa meredakan iritasi atau rasa sakit di saluran cerna bayi, baik akibat perut kembung atau kolik.

5. Meredakan hidung tersumbat

Minyak telon juga memiliki aroma yang dapat meringankan hidung tersumbat pada bayi. Manfaat minyak telon untuk bayi ini diduga berasal dari kandungan cineola dalam minyak kayu putih, yang dapat mengencerkan lendir dalam hidung sehingga mudah dikeluarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.