Sukses

Viral Foto Tiang Penyangga Stasiun Manggarai Miring dan Ganggu Operasional, Apa Tanggapan PT KAI?

Foto tiang penyangga Stasiun Manggarai yang miring itu beredar sejak Selasa, 12 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial beredar foto yang memperlihatkan tiang penyangga beton di Stasiun Manggarai, Jakarta yang diduga nyaris roboh. Foto itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram @jakarta.terkini, Selasa, 12 September 2023.

Dalam unggahan itu, terlihat seorang petugas sedang mengecek penyangga beton yang miring. "Kondisi tiang scaffolding penyangga beton indikasi miring/hampir roboh di Stasiun Manggarai sehingga alasan keamanan jalur kereta Manggarai - Jatinegara pukul 12.00 masih ditutup, Selasa, 12/9/2023," tulis keterangan akun tersebut.

Pihak PT KAI melalui akun X, dulunya bernama Twitter, dilansir dari Jakarta Terkini mengungkapkan, bahwa perjalanan Stasiun Manggarai - Jatinegara belum bisa dilalui akibat gangguan operasional untuk sementara waktu. Tak lama kemudian unggahan itu langsung mendapat tanggapan dari PT KAI.

"Selamat siang. Adanya gangguan operasional pengerjaan jalur DDT (Double Double Track) Manggarai-Jatinegara, untuk perjalanan Commuter Line saat ini belum bisa dilalui," tulis pernyataan mereka di akun Twitter @kai212.

"Perjalanan Commuter Line Cikarang/Bekasi-Angke/Kampung Bandan via Manggarai hanya sampai Stasiun Jatinegara dan perjalanan Commuter Line Kampung Bandan/Angke-Bekasi/Cikarang via Manggarai hanya sampai Stasiun Manggarai. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Tks,” sambung pernyataan tersebut.

Unggahan itu mendapat berbagai komentar dari warganet. Banyak yang masih mempertanyakan kenapa tiang penyangga bisa dalam kondisi miring dan PT KAI tidak menyinggung masalah tersebut.

"Semoga ga terjadi apa2 ya buat para pekerja di area sana,” komentar seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kendala Operasional

"Ada yg tak beres kayanya sampai miring gitu.apakah itu kita tunggu info selanjutnya," kata warganet lainnya.

"Tadi pulang ngampus dr manggarai mau ke bekasi hrus muter dulu lewat kp. bandan lumayan gempor ni kaki berdiri,” ujar warganet yang lain.

"Wah cakep bener nih, mana gw pulang kerja naik kereta lewat sini, kira" Muter-muter dong kita ke kampung Bandan dulu 😂,” ujar warganet lainnya.

Beberapa hari sebelumnya, PT KAI melaporkan sedang membangun rel ganda atau double-double track lintas Manggarai-Jatinegara. Tercatat ada tujuh perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) yang terhambat.

"KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas adanya kendala perjalanan KA Jarak Jauh pada Selasa, 12 September 2023. Hal ini disebabkan adanya kendala operasional pada proses pembangunan Double-Double Track lintas Stasiun Manggarai – Stasiun Jatinegara," ujar Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Selasa, 12 September, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Daftar Kereta Api Terdampak

Menurut Feri, KAI Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa operasional KA. Saat ini petugas terkait dari DJKA Kementerian Perhubungan, PT KAI Daop 1 Jakarta dan KAI Commuter terus melakukan penanganan atas kendala tersebut.

"Demi keselamatan perjalanan KA, mulai pukul 10.10 WIB KAI Daop 1 Jakarta menetapkan Semboyan 3 yang artinya titik tersebut tidak dapat dilalui perjalanan kereta untuk segera dilakukan penanganan," tuturnya.

Daftar KA Terdampak

Adapun operasional KA Jarak Jauh (KAJJ) yang terdampak sebagai berikut:

1. KA 62 Sembrani posisi stasiun CKP lambat 124 menit melanjutkan perjalanan dengan memutar melalui Tanahabang-Kampungbandan-Pasarsenen

2. KA 19F Argo Merbabu memutar Jatinegara-Kampungbandan-Jakartakota-Gambir (Penumpang dialihkan ke KA 47 Argo Parahyangan)

3. KA 47 Argo Argo Parahyangan memutar Jatinegara-Kampungbandan-Jakartakota-Gambir lambat 97 menit

4. KA 11 Argo Sindoro memutar Jatinegara-Kampungbandan-Jakartakota-Gambir lambat 79 menit

5. KA 49 Argo Parahyangan posisi di stasiun Jatinegara lambat 60 menit

6. KA 48 Argo Parahyangan lambat 60 menit

7. KA 50 Argo Parahyangan lambat 20 menit.

Kompensasi

Lebih lanjut, Feni mengatakan pihak KAI Daop 1 Jakarta telah memberikan kompensasi atau Service Recovery kepada penumpang di KA yang terdampak gangguan perjalanan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Pembangunan Rel Ganda

"Per pukul 13.55 WIB, titik tersebut sudah dapat dilalui perjalanan kereta dengan pembatasan kecepatan yakni 20 km/jam untuk jalur hilir, dan 40 km/jam untuk jalur hulu," kata dia."KAI Daop 1 Jakarta akan meng-update informasi lebih lanjut dan mengimbau pelanggan KA untuk mengikuti informasi terkini perjalanan KA melalui sosial media KAI121 atau dapat menghubungi Call Center 121," pungkasnya.

PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) tengah membangun rel ganda atau double-double track. Ada sekitar 16 perjalanan KRL lintas Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan dan sebaliknya yang terkendala. External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan KAI Commuter memohon maaf atas adanya kendala perjalanan Commuter Line Cikarang yang terjadi pada Selasa siang, 12 September 2023.

"Kendala perjalanan Commuter Line ini disebabkan kendala operasional pada proses pembangunan Double-Double Track lintas Stasiun Manggarai – Stasiun Jatinegara," ujar dia saat dikonfirmasi, Selasa, 12 September 2023. 

Leza menjelaskan, untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta pada lokasi tersebut, mulai pukul 10.10 WIB seluruh perjalanan dihentikan dan tidak bisa melintas di lokasi tersebut. Para petugas terkait dari DJKA Kementerian Perhubungan, PT KAI Daop 1 Jakarta dan KAI Commuter sudah menangani kendala tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini