Sukses

Kisah Pria Vietnam Tetap Tinggal Serumah dengan Mantan Ibu Mertua Usai Bercerai, Sampai Dicarikan Istri Baru

Pasangan yang sudah resmi bercerai lazimnya tidak lagi tinggal satu rumah dengan mantan suami atau istri juga mantan mertua mereka. Namun tidak dengan seorang pria Vietnam yang tetap tinggal seatap dengan mantan mertua, bahkan setelah bercerai dengan istrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan yang sudah resmi bercerai lazimnya tidak lagi tinggal satu rumah dengan mantan suami atau istri juga mantan mertua mereka. Namun tidak dengan seorang pria Vietnam yang tetap tinggal seatap dengan mantan mertua, bahkan setelah bercerai dengan istrinya.

Dikutip dari The Thaiger, Rabu, 13 September 2023, kisah unik dan tak biasa ini datang dari pria bernama Van yang diizinkan mantan ibu mertua bernama Sue, menetap di kediamannya. Bukan itu saja, Sue bahkan memfasilitasi pernikahan pria berusia 33 tahun itu dengan perempuan lain.

Cerita ini bermula dari sekitar 10 tahun lalu Van diperkenalkan kepada putri Sue. Keduanya pun jatuh cinta hingga memutuskan untuk menikah.

Tahun-tahun awal pernikahan mereka dipenuhi dengan kebahagiaan. Rumah tangga pasangan ini dikaruniai dua buah hati yang saat ini berusia 9 tahun dan 6 tahun.

Sayang, rumah tangga pasangan itu tak dapat dipertahankan. Upaya rujuk sempat dilakukan, walau akhirnya berujung pada keputusan tegas istri untuk bercerai.

Meski sudah bercerai, Sue mengizinkan Van untuk tinggal di rumahnya. Ia menganggap mantan menantunya itu seperti putranya sendiri, lapor Sanook.

"Van tidak pernah meremehkan saya atau berperilaku buruk. Dia selalu merawat kedua cucu saya dengan baik," kata Sue tentang Van.

Melihat Van berjuang di usianya yang masih muda dan tanggung jawabnya sebagai ayah tunggal, mantan ibu mertuanya menawarkan untuk mencarikan istri baru untuknya. Ia bahkan berjanji akan menyambut istri barunya di rumahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mantan Mertua Belikan Lemari hingga Cincin Emas

Sue juga menawarkan diri untuk menjadi ibu mertuanya dan membantu mengurus rumah tangga serta cucu-cucunya. Sue memberi tahu putrinya tentang niatnya yang akhirnya berujung putrinya yang memutuskan untuk pindah rumah.

Sejak saat itu, mantan ibu mertua Van mengambil segala cara untuk mencarikan istri baru untuk Van. Sue bahkan terlibat dalam mempersiapkan pernikahan Van.

Dalam kehidupan barunya tinggal bersama Van, istri baru Van, dan cucu-cucunya, Sue menyiapkan kamar tidur yang indah dengan perlengkapan tidur dan lemari pakaian baru, dengan perkiraan biaya sekitar 50 juta dong atau setara Rp31,7 juta.

Sue juga menghadiahkan pasangan itu sepasang cincin emas di upacara pernikahan mereka. Sue percaya bahwa mereka akan hidup bersama dengan bahagia dan harmonis, merawat cucu-cucu dan keturunan di masa depan dengan kemampuan terbaik mereka.

Di sisi lain, tak semua hubungan mantan menantu dan mantan mertua berjalan seperti kisah Van dan Sue. Ada beragam cerita yang menunjukkan ketegangan antara kedua pihak tersebut.

3 dari 4 halaman

Anak Satu-satunya Diminta Diberikan ke Kakak Ipar yang Mandul

Anak mama, begitulah cara masyarakat memandang laki-laki yang lebih banyak mendengar dan mengikuti kemauan ibunya. Lebih parahnya lagi karena terlalu penurut, ia menceraikan istrinya karena ikut campur ibu mertua.

Perempuan itu mengaku hubungannya dengan suaminya sebelumnya sangat baik dan tidak ada masalah. "Saya cerai karena ibu mertua saya ingin saya memberikan anak kepada kakak ipar saya," ungkap perempuan itu seperti dikutip dari mStar, Kamis, 15 Juni 2023.

Menurutnya, campur tangan mertuanya dalam kehidupan keluarganya terjadi karena dia adalah sebatang kara, tak ada ayah, ibu maupun sanak saudara. "Itulah mengapa ibu mertua saya suka mengatur hidup kami," ujarnya.

"Nasib saya sangat merana karena mantan suami terlalu banyak mendengarkan apa yang ibu mertua saya katakan dan terlalu kasihan pada kakaknya sampai-sampai dia memaksa saya untuk mengikuti omongan ibunya untuk memberikan anak saya," ceritanya lagi.

Akibat sering ditekan untuk memberikan anak kandungnya, dia memutuskan untuk meninggalkan rumah dengan anak pertamanya. Yang menyedihkan, sang suami tidak peduli dengan keputusannya itu. Ia pun berbagi tentang kehidupan kakak iparnya bersama suaminya yang tak kunjung dikaruniai keturunan. 

4 dari 4 halaman

Anak Sakit Tak Dijenguk Mantan Suami

"Kakak ipar yang tidak bisa hamil bahagia dengan suaminya. Tapi akhirnya, dia tidak punya suami dan menceraikannya karena dia tidak bisa mengandung, tapi kenapa aku yang kena batunya?" kata perempuan itu merasa kecewa.

Tak hanya itu, ia juga mengaku baik suami maupun keluarga mertuanya tidak menghiraukan dirinya dan anak-anaknya setelah mereka meninggalkan rumah. Mereka juga tak kunjung menjenguk meski sudah seminggu anak yang masih kecil dirawat di rumah sakit.

Apa yang terjadi membuatnya merasa heran dengan sikap mantan suaminya itu. Sebagai seorang ayah, tidak mungkin dia tidak memiliki sedikit rasa kasihan pada anaknya atau merasa bersalah.

"Tidak terasa semuanya salah atau benar-benar tidak ada hati? Aneh karena hubungan sebelumnya baik-baik saja. Terkadang sulit untuk move on, tapi ibu dan saudaranya tetap yang terpenting," katanya.

Luapan yang dibagikan di halaman TikTok menjadi populer di media sosial. Rata-rata warganet yang mengikuti ceritanya mengungkapkan kesedihan dan kepahitan karena dia dan suaminya akhirnya berpisah karena sikap ibu mertuanya.

"Saya baca ceritanya, kasihan, sakit hati. Saya pernah mengalaminya, hanya saja keadaan sekarang berbeda. Alhamdulillah saya cerai dan bahagia dengan anak saya," komentar warganet.

"Pernah baca cerita ini, mungkin ini yang terbaik, lanjutkan, jangan menoleh ke belakang. Insya Allah, kebahagiaan menanti di depan," yang lain menyemangati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini