Sukses

3 Cara Hindari Keinginan Berselingkuh yang Bikin Warganet Berang, Kok Bisa?

Seorang konsultan percintaan asal Amerika Serikat mengingatkan bahwa ketertarikan pada orang lain saat masih menjalani hubungan berkomitmen adalah normal, tapi bukan berarti selingkuh bisa dibenarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Merasa bosan dan jenuh terhadap pasangan selalu bisa dialami saat menjalani suatu hubungan. Beberapa orang menganggap bahwa berselingkuh adalah sebuah jalan keluar untuk menghadapi kejenuhan tersebut. 

Faktanya, perselingkuhan hanya akan memperumit masalah yang Anda hadapi. Seorang konsultan percintaan, Lauren LaRusso pun membagikan tips untuk menghindari godaan perselingkuhan melalui video di Instagram.

Dikutip dari NY Post, Jumat, 8 September 2023, hal pertama yang perlu disadari setiap orang yang terpikir berselingkuh adalah bahwa ketertarikan pada orang lain saat masih menjalin hubungan adalah normal.

"Tertarik pada orang lain, bahkan ketika Anda sudah menikah atau menjalin hubungan berkomitmen, adalah hal yang normal," kata LaRusso, terapis perselingkuhan dari Old Saybrook, Connecticut, Amerika Serikat, kepada lebih dari 1,1 juta penonton di Instagram. "Lagi pula, kita belum mati," tambahnya.

Dalam unggahanitu, perempuan yang dianggap sebagai 'pakar perselingkuhan' tersebut menawarkan serangkaian tips kepada orang-orang yang berada di ambang perselingkuhan. Tujuannya untuk membantu mereka untuk keluar dari masalah tersebut.

LaRusso mengingatkan, "Jika Anda merasa tergoda untuk keluar dari pernikahan Anda dan berselingkuh atau tidak setia, anggaplah itu sebagai tanda peringatan serius bagi pernikahan Anda," jelasnya.

Alih-alih bertindak berdasarkan “dorongan hati” dan tidak memikirkan risiko yang dijalani,  serta bertindak atas dasar rasa 'kasih sayang' di luar pernikahan, LaRusso membagikan tiga tips untuk menyelamatkan hubungan dari ancaman perselingkuhan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3 Tips Hindari Perselingkuhan

1. Berbicara dengan Pasangan

LaRusso menjelaskan bahwa hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba membicarakan hal tersebut kepada pasangan. "Satu," dia memulai, "Anda bisa menemui pasangan Anda dan menggunakannya sebagai peringatan."

Ia juga menyarankan untuk membicarakan tentang ancaman perselingkuhan yang mungkin terjadi, dengan bicara tentang perasaan masing-masing pihak yang berada di dalam suatu hubungan. "Katakan sesuatu seperti, 'Saya pikir pernikahan kita dalam bahaya. Mari kita bicara tentang perasaan saya'," katanya.

2. Menemui Ahli

Perempuan tersebut juga menyarankan untuk menemui ahli hubungan ketika suatu hubungan berada di ambang perselingkuhan. Menurutnya, dengan melakukan sesi konseling, pasangan dapat membicarakan kebutuhan dalam suatu hubungan di ruang yang aman dan netral.

"Anda dapat menarik pasangan Anda ke samping dan mengatakan bahwa inilah saatnya untuk pergi ke konseling pasangan sehingga Anda memiliki ruang yang aman dan netral untuk membicarakan apa yang Anda butuhkan dalam pernikahan Anda," katanya.

3. Bertanya pada Diri Sendiri

Saran terakhir yang diberikannya adalah tentang melihat ke dalam diri sendiri. Dengan begitu, kita akan lebih memahami apa yang sebetulnya dibutuhkan sampai harus mencarinya di luar hubungan yang sedang dijalani.

"Tiga,'" katanya, "Anda dapat mengembalikan fokus pada diri sendiri dan bertanya pada diri sendiri apa yang Anda perlukan dan inginkan sehingga Anda tertarik untuk mencarinya di luar pernikahan."

3 dari 5 halaman

Direspons Negatif Warganet

Tips anti-perselingkuhan ala LaRusso tergolong sehat dibandingkan dengan tips yang disarankan oleh Olivia Bentley. Pakar hubungan itu tak segan tidur dengan kliennya dengan klaim bisa mendukung stabilitas pernikahan mereka. 

Namun, tips yang dibagikan oleh LaRusso tidak direspons baik oleh warganet. Postingan tersebut mendapatkan beberapa tanggapan yang kurang baik yang disampaikan pada kolom komentar.

"Segera setelah Anda mengatakan salah satu dari tiga hal tersebut dalam suatu hubungan, maka hubungan itu akan hancur," ujar seorang penonton yang memperingatkan.

"Saran yang benar-benar buruk," sembur seorang netizen lainnya.

"Tanggung jawab individu," lanjut penentangnya. "Jangan menyalahkan orang penting Anda bahwa Anda telah gagal mencapai kesepakatan. Itu adalah sebuah komitmen; cintai dan hormati mereka dengan menghormati komitmen. Berhentilah secara egois berfokus pada kebutuhan Anda dan MEMBERI 100% dan biarkan waktu berlalu."

Namun, komentar positif juga datang dari salah seorang warganet. Ia mengatakan bahwa tips yang disarankan oleh pakar hubungan tersebut adalah suatu hal yang sehat dalam hubungan.

"Semua pilihan ini jauh lebih sehat," bantahnya, "Dan pastinya akan lebih produktif dan tidak terlalu merusak dibandingkan berselingkuh."

4 dari 5 halaman

Arti Mimpi Pasangan Berselingkuh

Sementara itu, pernahkah Anda bermimpi tentang pasangan yang berselingkuh? Mimpi tersebut mungkin memiliki beberapa interpretasi yang menafsirkan inti dari emosi yang kita rasakan. Dilansir dari Times of India, Sabtu, 2 September 2023, berikut adalah beberapa interpretasi potensial yang perlu dipertimbangkan saat Anda bermimpi pasangan selingkuh:

1. Merasa Insecure dan Memiliki Masalah Trust Issue

Arti mimpi perselingkuhan mungkin berasal dari rasa tidak aman atau masalah kepercayaan dalam hubungan. Mimpi-mimpi ini bisa jadi merupakan wujud ketakutan atau kekhawatiran Anda terhadap kesetiaan pasangan. Ini mungkin tidak berarti bahwa dia tidak setia, tetapi mimpi itu pasti memberitahu Anda bahwa Anda sedang bergumul dengan perasaan ketidakpastian di sini.

2. Kecemasan pribadi

Mimpi ini bisa jadi merupakan proyeksi ketakutan Anda sendiri akan kehilangan seseorang yang sangat Anda sayangi. Ini bisa mencerminkan kekhawatiran Anda tentang harga diri atau kemampuan Anda untuk mempertahankan hubungan yang bermakna.

3. Gangguan Komunikasi

Terkadang, mimpi berfungsi sebagai cara pikiran kita memproses konflik atau masalah yang belum terselesaikan. Jika ada masalah komunikasi atau kesalahpahaman dalam hubungan Anda, mimpi anda mungkin juga berarti bahwa Anda perlu mengatasi masalah ini dengan pasangan Anda.

5 dari 5 halaman

4. Pengaruh Eksternal

Mimpi kita juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti film, buku, atau percakapan. Jika baru-baru ini Anda menemukan cerita atau diskusi tentang perselingkuhan, hal itu mungkin memengaruhi impian Anda tanpa berhubungan langsung dengan hubungan Anda sendiri.

5. Kebutuhan Emosional yang Tidak Terpenuhi

Mimpi dapat menyoroti kebutuhan atau keinginan emosional yang belum terpenuhi. Jika Anda merasa diabaikan, tidak dihargai, atau jauh secara emosional dalam hubungan yang dijalani, mimpi Anda mungkin merupakan cara pikiran bawah sadar Anda untuk mengekspresikan perasaan ini.

6. Memproses Emosi

Mimpi juga berperan sebagai mekanisme untuk memproses emosi yang kompleks. Bermimpi tentang pasangan Anda selingkuh mungkin merupakan cara pikiran Anda untuk mengeksplorasi potensi konsekuensi dari skenario seperti itu, sehingga memungkinkan Anda untuk mengatasi perasaan Anda dalam lingkungan yang aman.

7. Interpretasi Simbolik

Mimpi sering kali menggunakan simbolisme. Alih-alih menjadi representasi literal dari perselingkuhan, mimpi Anda mungkin melambangkan aspek lain dari hubungan Anda. Misalnya, selingkuh bisa melambangkan pelanggaran kepercayaan atau jarak emosional dalam hubungan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini