Sukses

Yura Yunita Ternyata Suka Ngemil Kencur Sebelum Manggung, Warganet Malah Kaitkan dengan Seblak

Yura Yunita saat ini tengah naik daun sebagai salah satu penyanyi yang memiliki kualitas suara unik. Dengan pamornya yang makin naik, tentu ada kecendrungan untuk meminta riders yang aneh bagi penyelenggara acara saat Yura jadi bintang tamunya.

Liputan6.com, Jakarta - Yura Yunita saat ini tengah naik daun sebagai salah satu penyanyi yang memiliki kualitas suara unik. Lagu-lagu dari album terakhirnya yang bertajuk "Tutur Batin" juga mendapat atensi besar, bahkan ia sempat menggelar konser sekitar pertengahan 2023.

Dengan pamornya yang makin naik, tentu ada kecendrungan untuk meminta riders yang aneh bagi penyelenggara acara saat Yura jadi bintang tamunya. Wanita berusia 32 tahun itu pun mengungkap riders tersebut ke penggemarnya melalui akun TikTok resminya di @yurayunita.

"Banyak kesegaran saat manggung" tulis Yura dari keterangan videonya di TikTok, yang diunggah 27 Agustus 2023.

Dalam video Yura memperlihatkan riders pertama yaitu kencur yang ia keluarkan dari lemari pendingin. Lalu alumnus Universitas Padjajaran ini juga mengeluarkan air mineral, kemudoan berbagai jenis buah-buahan seperti anggur, mangga, pepaya, semangka,

Tak disangka meski kini sudah terkenal, riders Yura tak begitu merepotkan panitia penyelenggara, hal itu lantaran buah-buahan sangat mudah ditemukan di supermarket atau pasar tradisional. Video yang disukai oleh lebih dari 91 ribu pengguna itu pun mendapat banyak respons yang tak terduga, khususnya dari penggemar Yura.

"Aku juga sama teh suka ngemilin kencur dikasih topping kerupuk, ceker, tulang rangu, bagus banget khasiatnya terutama untuk perut aku yang burayut," tulis warganet sambil memberi emoji nyengir. 

"Kencur mah enaknya jeng kerupuk dan tulang teu sih wkwkwk," sambung warganet dengan bahasa Sunda. Komentar ini pun dibalas oleh Yura,"Jadi seblak atuh."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kencur Dimakan Langsung

Banyak pula warganet yang heran bahwa ada kencur sebagai salah satu riders yang diminta Yura Yunita. "Kencurnya dimakan langsyng gitu kah kak? Seperti makan kacang rebus," tanya warganet yang diiyakan oleh Yura. 

"Sumpah, kencur itu enak banget kalo dimakan langsung," sambung yang lain.

"Rasa kencur dikit di seblak aja ga enak," warganet yang lain membantah.

"Teh Yura sehat sehat ya," kata yang lain.

"Pantes aja suaranya merdu banget, hobi cemilin kencur jadi inget dulu zaman padus, hahaha," curhat warganet.

"Aku juga suka kencur teh tapi dicampur rebusan kangkung, kol, kentang, toge, dan sambel kacang," tambah yang lain.

"Dulu pas aktif di paduan suara sama kayak teh Yura, wajib banget makan kencur langsung. Cuma kunyah disesep sarinya wkwkwk," tambah warganet lagi.

"Kencur emang the best buat tenggorokan. Kalo eyang nyuruhnya pake garem tapi malah nggak enak," kata yang lain. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Kencur

Mengutip dari kanal Regional, kencur adalah salah satu bahan makanan yang digunakan untuk memperkaya cita rasa berbagai masakan. Rasanya yang segar dengan aroma khas, kencur sering dijadikan campuran bumbu berbagai masakan.

Seperti Sambal Oncom, Urap, Rempeyek, Bumbu Pecel, Seblak dan Aneka Sayuran Kuah. Kencur muda juga bisa dijadikan lalapan, dan banyak yang menyukainya. 

Kencur sebagai tanaman tropis yang tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia, banyak masyarakat membudidayakannya. Kencur pun biasa digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Bagian tumbuhan ini yang biasa diperdagangkan adalah umbi-umbian yang tumbuh di bawah tanah dan dikenal dengan rimpang atau rimpang kencur. Mudah tumbuh, baik dinikmati secara tradisional maupun dengan cara yang praktis dan modern.

Tanaman ini punya banyak manfaat besar untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Beberapa manfaat kencur yang telah diakui secara tradisional dan didukung oleh penelitian ilmiah meliputi:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kencur mempunyai sifat antiinflamasi dan antispasmodik, sehingga dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti mual, muntah, diare, serta kembung.

2. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Senyawa-senyawa aktif yang ada pada kencur, antara lain gingerol dan flavonoid, memiliki efek antiinflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada tubuh.

4 dari 4 halaman

3. Kencur Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kencur mengandung senyawa-senyawa bioaktif yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, serta melindungi tubuh dari penyakit. 

4. Kencur Sebagai Obat Flu dan Pilek

Sifat antiviral dan imunostimulan dari kencur bisa membantu meredakan gejala flu dan pilek, seperti batuk, pilek, serta sakit tenggorokan.

5. Menyembuhkan Luka dan Jerawat

Kencur sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu penyembuhan luka dan jerawat. Sifat antiseptik dan antiinflamasinya dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan kalau kencur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol, tekanan darah, dan mencegah penggumpalan darah.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Kencur mengandung senyawa yang bisa memberikan perlindungan bagi kesehatan otak. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan potensi kencur dalam melindungi otak dari kerusakan dan penyakit degeneratif.

8. Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Sifat antiseptik dan ekspektoran kencur bisa membantu meredakan masalah pernapasan seperti bronkitis, asma, dan batuk.

9. Mengurangi Gejala Alergi

Kencur punya sifat antihistaminik alami yang dapat membantu mengurangi gejala alergi, seperti bersin-bersin, gatal-gatal, dan hidung tersumbat.

10. Menyehatkan Kulit

Kencur digunakan di berbagai produk perawatan kulit karena sifat antiinflamasinya yang dapat membantu meredakan masalah kulit, seperti iritasi, kemerahan, dan eksim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini