Sukses

Reza Rahadian dan Yura Yunita Ungkap Masa SMA Jadi Waktu Terbaik untuk Mengembangkan Bakat

Salah satu masa tepat untuk mengembangkan bakat adalah pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Dalam ajang pencarian bakat Bintang SMA yang digelar oleh Pocari Sweat Yura Yunita dan Reza Rahadian termasuk dalam jajaran juri. Menurut Yur

Liputan6.com, Jakarta - Aktor dan penyanyi ternama Indonesia, Reza Rahadian dan Yura Yunita kompak menyatakan masa SMA adalah waktu atau momen terbaik untuk mengeksplorasi maupun mengembangkan bakat yang dimiliki. Jika bakat dalam diri sudah berkembang, hal itu memudahkan diri mencapai kesuksesan di masa depan.

Menandai semangat ini, Pocari Sweat menggelar ajang pencarian bakat dengan Yura Yunita dan Reza Rahadian termasuk dalam jajaran juri. Menurut Yura, usia SMA, merupakan masa tepat untuk eksplorasi.

Meski akan ada banyak rintangan dan halangan, sebuah proses harus dimulai sesegera mungkin. "Setiap hari, kamu bisa melatih mengasah bakat walaupun itu satu persen, lakuin dulu. Karena untuk kita bisa mencapai 100 persen itu dimulai dari hal kecil," terang Yura di acara peluncuran Pocari Sweat Bintang SMA, di SMAN 34, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2023).

Salah satu cara memulai untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah mengikuti ajang pencarian bakat. Penyanyi berusia 32 tahun ini mengatakan, mengikuti kompetisi bukan berarti harus selalu jadi pemenang tapi juga mendapatkan pengalaman. "Contohnya di ajang Pocari Sweat Bintang SMA 2023 ini, apapun bakatnya kamu bisa kamu ikutin. Engak perlu takut kalah, atau berambisi jadi pemenang," kata Yura.

"Dengan ikut ajang seperti kamu pasti bisa dapat sesuatu, seperti networking, dan kamu jadi tahu, level kamu ada di mana saat ketemu bakat-bakat lainnya atau dari teman-teman yang ikut. Itu cara untuk berkembang," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, aktor kawakan Reza Rahadian mengatakan, ada cara sederhana untuk mengetahui bakat dalam diri dan mengembangkannya. "Bakat itu lahir dari kesukaan. Selama kamu suka menjalaninya dan kamu bahagia, itu bisa jadi bakat dalam diri yang bisa kamu kembangkan," ungkap Reza.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakat yang Paling Disukai

"Ada juga yang sering tanya, gimana kalau kita merasa punya bakat di beberapa bidang, mana yang sebaiknya lebih kita kembangkan. Jawabannya tergantung pada diri kita sendiri, mana yang paling kita suka waktu menjalaninya, ya itulah yang kita pilih," lanjutnya.

Selain itu, Reza mengimbau untuk tak mudah menyerah dalam menghadapi dan menjalani sebuah proses. Menurutnya, awal dari kesuksesan adalah kegagalan. Cara meyakinkan diri adalah dengan berani mencoba, kalau tidak pernah mencoba maka tidak akan pernah sukses, tapi juga harus berani menghadapi kegagalan.

"Saya punya adik yang masih muda, saya selalu bilang, berkali-kali gagal pun engak masalah, tapi gimana kamu bisa move on. Sampai akhirnya kamu menemukan keberhasilan yang kamu inginkan. Dari sekian kegagalan nantinya pasti ada yang berhasil," tutur Reza.

Pria berusia 36 tahun ini juga mencontohkan dirinya yang harus melalui jalan berliku untuk bisa menjadi aktor. Penolakan sudah jadi hal biasa baginya saat awal merintis karier di dunia hiburan.

3 dari 4 halaman

Mencari Bakat di 300 Sekolah

"Dulu yang namanya ikut audisi atau casting dan gagal sudah biasa banget. Ada banyak liku-likunya, kalau saya ceritain semua di sini bisa-bisa saya bikin buku biografi di sini juga," kata Reza.

"Makanya generasi sekarang ini termasuk beruntung karena sudah banyak ajang untuk menyalurkan bakat. Kalau dibilang sekarang saingannya lebih banyak karena infonya banyak tersebar itu hal yang wajar aja. Kalau mau sukses tentunya juga mesti berani bersaing," papar aktor yang bermain film "Habibie & Ainun" ini.

Di tahun ini, untuk kelima kalinya Pocari Sweat Bintang SMA kembali digelar dan akan berkeliling ke sejumlah sekolah yang ada di seluruh Indonesia selain melangsungkan audisi secara online. Sebagai pembuka, Pocari Sweat Bintang SMA 2023 menggelar audisi di SMA 34 Jakarta Selatan. Saat konferensi pers, Puspita Winawati selaku Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka mengatakan jika pihaknya akan berkeliling ke sekitar 300 sekolah tingkat SMA untuk mencari bakat-bakat muda dari berbagai bidang.

4 dari 4 halaman

Cara Mendaftar Bintang SMA 2023

"Bintang SMA itu ajang pencarian bakat yang khusus buat anak SMA dan sederajat. Bahkan akan homeschooling yang menempuh Pendidikan setingkat SMA juga bisa ikutan. Apapun bakatnya bisa submit," terang Puspita.

Ia menambahkan, "Kita keliing ke banyak daerah arena bakat-bakat juga banyak dari luar Jakarta juga. Tahun lalu juaranya dari Lombok dan juara favorit dari Jakarta, tahun lalunya lagi juaranya dari Banyuwangi, juara favoritnya dari Papua, jadi ini memang sangat merata."

Mengenai calon peserta yang merasa punya bakat di beberapa bidang, Puspita menyarankan untuk mengirimkan video yang menampilkan beberapa bakat yang dimiliki. Nantinya juri akan menilai mana yang dianggap terbaik.

"Bakat enggak sebatas menyanyi, akting, atau dance. Tapi banyak banget dan mungkin kalian enggak sadar kalau itu bakat. Jadi kenapa nggak di-explore. Karena mungkin tahun ini passion-nya di sini, tapi kemudian berubah. Tapi setelah meng-explore, mereka sudah bisa maju satu langkah," timpal Reza.

Bagi yang ingin mendaftar "Bintang SMA 2023" sudah dimulai pada hari ini, Rabu (30/8/2023) sampai dengan Kamis, 12 Oktober 2023 mendatang di laman https://pocarisweat.id/bintangsma/.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.