Sukses

Kolaborasi Rhoma Irama, Dipha Barus, dan Dewa Budjana Bakal Guncang Synchronize Festival 2023

Di panggung Synchronize Festival 2023, Rhoma Irama akan membawakan lagu milik Dewa Budjana berjudul "Smararindu."

Liputan6.com, Jakarta - Kolaborasi antara Rhoma Irama, yang dikenal sebagai Raja Dangdut, dengan musisi Dipha Barus dan Dewa Budjana akan mengguncang panggung Synchronize Festival 2023 yang akan berlangsung pada 1--3 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Uniknya, Rhoma Irama akan membawakan lagu Dewa Budjana berjudul "Smararindu."

Rhoma Irama mengaku bangga bisa berkolaborasi dengan musisi-musisi muda yang akan memberi gambaran perkembangan musik terkini. "Tantangan buat saya, di samping kita menyanyi, kami juga akan duet (bermain) gitar bareng. Bakal keren banget," janjinya saat menghadiri The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar hybrid, Senin, 28 Agustus 2023.

Berkolaborasi dengan Dipha Barus juga disebut sebagai tantangan baru oleh Rhoma. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, pun penasaran bagaimana citra si Raja Dangdut di mata milenial dan Gen Z yang merupakan penonton Synchronize Festival.

"Kalau saya rasa, bangsa Indonesia enggak tahu Begadang (merujuk judul lagu populernya) sih terlalu," Rhoma mengatakan jawaban khasnya yang disambut teriakan riuh Sandi.

Dewa Budjana, yang menciptakan lagu untuk kolaborasi tersebut, mengungkap bahwa Smararindu menggambarkan kondisi sekarang, terutama seputar perbedaan dan perasaan merasa benar. Di akhir lirik, ia pun berpesan agar bisa tetap selaras meski berada di tengah perbedaan. 

"Kayaknya memang sebuah keharusan (berkolaborasi dengan Rhoma Irama). Saya sejak tahun 2022 rekaman di Amerika kebanyakan untuk solo album saya dengan musisi-musisi kelas satu lah di sana. Ternyata saya salah, di sini ada Pak Haji (Rhoma) yang lebih legend," ujar Dewa Budjana mengenai alasan turut serta dalam kolaborasi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Targetkan hingga 20 Ribu Pengunjung

Awalnya, Budjana mengaku hanya membuat aransemen musik, tanpa lirik. Harapannya, Rhoma Irama akan menulis lirik dan bernyanyi. Ia pun mengakui bahwa sejak dulu, lirik-lirik yang dibuat Rhoma sangat keren.

"Tapi, Pak Haji bilang saya nyanyi dan main gitar aja (tidak menulis lirik). Itu jadi tantangan buat saya, bikin liriknya. Beruntung banget saya ajukan tidak ada yang diprotes," ia bercerita.

Penyelenggara Synchronize Festival, David Karto, menambahkan bahwa konsep kolaborasi Rhoma Irama dengan musisi muda yang sempat dibuat pada masa pandemi 2020 secara offline bertema "Selebrasi bersama Televisi" mendapat sambutan tertinggi.

Hal inilah yang menginisiasi pihaknya menghadirkan panggung kolaborasi lagi dengan Rhoma Irama. "Kita angkat lagi. Alhamdulilah Pak Haji mengizinkan," sebut dia.

Dari jajaran musisi senior, Iwan Fals juga akan berkolaborasi dengan musisi muda. Dengan kapasitas besar Gambir Expo Kemayoran, pihaknya menargetkan pengunjung hingga 20 ribu orang per hari. 

3 dari 4 halaman

Tampilkan Beragam Genre Musik

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, tahun ini, Synchronize Festival mengusung tema "Bhineka Tunggal Musik." Ide ini terepresentasi melalui 167 line up yang menghadirkan musisi dari ragam genre. 

Salah satunya adalah Bimbo bersama Yanti Bersaudara yang akan tampil di hari ketiga, yaitu Minggu, 3 September 2023. Samsudin Hardjakusumah atau yang lebih dikenal sebagai Sam Bimbo pun mengaku bangga bisa terlibat di acara tersebut.

"Terima kasih banyak. Ini spesial buat saya karena kami masih dihargai," kata Sam Bimbo saat ditemui di acara konferensi pers Synchronize Festival, beberapa waktu lalu.

Di kesempatan itu, ia juga menanggapi anggapan masyarakat soal Bimbo yang identik dengan lagu-lagu religi. Ia meluruskan bahwa selain lagu religi, mereka juga punya lebih banyak lagu pop. "Banyak yang bilang kami musisi religi. Sebetulnya lagu religi kami 200, dan pop ada 600," kata Sam lagi.

4 dari 4 halaman

Penampilan Musisi Lain

Sementara itu, pihak penyelenggara diwakili David Tarigan, mengungkap alasan di balik pemilihan Bimbo sebagai salah satu penampil special show. Alasannya tak lain karena Bimbo merupakan salah satu band legendaris yang saat ini masih sangat aktif.

"Selain legend dan tua, ya dia masih aktif. Materi-materi Islaminya itu diterima banyak orang. tapi musiknya variatif sekali gitu dan enggak banyak grup musik Indonesia yang seperti itu," sebut David Tarigan.

Tak hanya Bimbo bersama Yanti Bersaudara, masih banyak lagi special line up yang disediakan Synchronize Festival 2023. Di antaranya ada Konser Petualangan Sherina, Iwan Fals X Sawung Jabo, Selangkah ke Seberang: Dekade Fariz RM ’79-’89, God Bless 50 Tahun, Melly Goeslaw Songbook, Mesin Waktu 2.0, Matajiwa X Matajiwo, Republik Cinta Management, 4 Sehat 5 Nambah, serta Symphony from Hell.

Selain mereka, ada pula ratusan musisi lokal lain yang bakal tampil di delapan panggung berbeda, yaitu Dynamic Stage, District Stage, Lake Stage, Forest Stage, XYZ Stage, Gigs Stage, Record Market, dan Panggung Getar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.