Sukses

Desa di Kalimantan Barat dan Mojokerto Jadi Desa Wisata Terfavorit dan Terbaik di ADWI 2023

Kemenparekraf kembali menggelar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023. Acara penghargaan bergengsi untuk desa wisata itu digelar di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu, 27 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menggelar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023. Acara penghargaan bergengsi untuk desa wisata itu digelar di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu, 27 Agustus 2023 dan disiarkan secara live di akun Youtube Kemenparekraf.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan desa wisata tak sekadar program pemerintah, tetapi juga sebuah perjalanan untuk membangun Indonesia.

"Bersama masyarakat desa yang semangatnya sungguh luar biasa, ternyata bukan Indonesia yang membangun desa, tapi justru desa yang sebenarnya membangun Indonesia. Saya meyakini sejak awal mencetuskan ajang ini, desa wisata bisa mendunia dan membuat Indonesia makin dikenal," ucap Sandiaga Uno dalam kata sambutannya.

ADWI merupakan program puncak dari rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia yang merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kemenparekraf.

Acara ini merupakan malam penganugerahan bagi desa wisata yang berhasil masuk menjadi 75 besar desa wisata terbaik yang sudah terkurasi dan divisitasi oleh Kemenparekraf. Tujuannya untuk mempublikasikan secara luas pariwisata Indonesia di dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan utama program yang digelar sejak 2021 ini untuk menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebangkitan Ekonomi di Desa Wisata

"Awalnya banyak yang bertanya apakah ini tepat, saat itu pandemi melanda, ekonomi melemah. Dengan tekad kuat, memulai Anugerah Desa Wisata, saya yakin kebangkitan ekonomi itu berawal dari sosok-sosok jiwa yang tak pantang kalah. Itu bisa kita lihat di ajang ADWI tahun ini," tutur Sandiaga.

ADWI 2023 memberikan penghargaan untuk lim kategori penilaian bagi desa wisata, di antaranya Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE, Digital dan Konten Kreatif, Homestay dan Toilet Umum, Daya Tarik Pengunjung dan Suvenir.

Di setiap penghargaan dipilih juara 1 sampai 5 dan juara harapan 1 sampai 5. Selain itu, ada juga penghargaan kepada desa wisata berdasarkan klasifikasi desa wisata, di antaranya Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Rintisan.

Untuk kategori Desa Wisata Terfavorit diberikan kepada Desa Wisata Cipta Karya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Desa wisata ini memiliki kekayaan flora dan fauna, dan beberapa di antaranya berstatus langka dan dilindungi seperti bunga Rafflessia Tuan Mudae, Rhizhantes Lowii (rafflessia terkecil di dunia).

Sedangkan Anugerah Desa Wisata Terbaik diberikan kepada Desa Wisata Ketapanrame, Kecamatan Travas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Desa Wisata Ketapanrame memiliki tiga destinasi wisata andalan, yakni Air Terjun Dlundung, Taman Ghanjaran, dan Wisata Sawah Sumber Gempong.

3 dari 4 halaman

Desa Wisata Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Selain itu ada Desa Wisata Muntei di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang keluar sebagai juara satu kategori Daya Tarik Pengunjung. Sandiaga memastikan bahwa Anugerah Desa Wisata akan terus berlanjut.

Menurutnya, desa wisata merupakan garda terdepan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. "Desa Wisata jadi garda terdepan untuk menciptakan 4,4 juta tenaga kerja. Program ini terus berlanjut tapi harus ditingkatkan dan membawa keberkahan bagi masyarakat di desa," kata Sandiaga.

Acara ADWI 2023 dipandu oleh duet presenter Ayu Dewi dan Raffi Ahmad serta menampilkan beberapa penyanyi yaitu Titi DJ, Wali, Bertrand Putra Onsu, Evi Masamba Ghea Indrawari dan Maria Calista. serta Top 3 Puteri Indonesia 2023.

Sebelumnya, sebanyak 75 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023 telah diumumkan oleh Sandiaga Uno di akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). "Dari 7.275 desa wisata di seluruh Indonesia, telah terjaring 4.573 peserta desa wisata ADWI dari seluruh provinsi di Indonesia tahun 2023," kata Sandiaga Uno soal ajang desa wisata terbaik ini dalam video yang dibagikan pada Selasa, 21 Maret 2023.

4 dari 4 halaman

75 Desa Wisata Terbaik di ADWI 2023

Pria yang akrab disapa Sandi ini menambahkan rangkaian kegiatan ADWI 2023 telah melalui beragam tahapan kurasi. Proses ini berdasarkan penilaian dewan juri pada lima kategori penilaian, klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

"Jadi mulai dari proses kurasi menjadi 500 besar desa wisata, dikerucutkan menjadi 300 desa wisata hingga terpilih 75 desa wisata terbaik. Desa wisata Indonesia bangkit," jelas Sandi.

"Selamat saya ucapkan selamat kepada 75 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia," lanjutnya.

Ia menambahkan rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 selanjutnya akan meninjau dan menilai secara langsung bersama para Dewan Juri ke-75 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Sandi juga berpesan kepada desa wisata yang belum lolos 75 terbaik.

"Kepada seluruh desa wisata yang belum lolos, 75 desa wisata terbaik 2023, tetap terus tingkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui pengisian data desa wisata di website Jadesta sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini