Sukses

Mencicipi Uniknya Menu Kafe Singapura di Jakarta, dari Waffle Ayam Goreng sampai Es Krim Nasi Lemak

Kafe Sunday Folks dari Singapura baru saja membuka gerai perdananya di Jakarta dengan beragam menu yang unik seperti Es Krim Nasi Lemak.

Liputan6.com, Jakarta - Kafe asal Singapura yang dikenal dengan hidangan dessert artisanal, Sunday Folks baru saja membuka gerai pertamanya di Indonesia. Bekerja sama dengan Upserve, Sunday Folks membuka gerai perdananya di The Buya, Jakarta Selatan, mulai 6 Oktober 2023.

Berlokasi di The Buya, sebuah ruang komunal trendi di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Sunday Folks menjanjikan kenikmatan yang unik kepada masyarakat melalui beragam menu makanan maupun minuman.

Beroperasi pertama kali di Singapura di Chip Bee Garden, Holland Village pada 2014, Sunday Folks dikenal sebagai kafe hidangan pencuci mulut. Tawarannya mencakup es krim segar, wafel Belgia nikmat, serta kue-kue dan hidangan pencuci mulut unik seperti Es Krim Nasi Lemak.

"Di tempat ini pengunjung bisa merasakan pengalaman makan yang menghadirkan hidangan penutup terbaik bagi setiap tamu, membuatnya merasa setiap hari terasa seperti hari Minggu,” terang Wan Chin, Co-Founder Sunday Folks dalam acara media testing pada Rabu, 4 Oktober 2023.

"Hal tersebut yang mendefinisikan Sunday Folks. Kami ingin berbagi pengalaman, kebahagiaan, dan nuansa perayaan Sunday Folks ke seluruh dunia mulai dari Indonesia," sambungnya.

Lokasinya yang banyak dihun restoran dan kafe ini dipilih karena kemiripannya dengan lokasi toko Sunday Folks pertama di Singapura, yakni Holland Village, yang merupakan gabungan kawasan hunian dengan komersial. Sunday Folks tak hanya mennyajikan menu yang sama dengan gerai mereka di Singapura tapi juga menyajikan beragam menu lokal dan bahkan bahan-bahan lokal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya Ada Menu Brunch dan Dessert

Contohnya, untuk minuman kopi mereka menggunakan biji kopi campuran kopi Indonesia dari Coffeetorium serta memakai bahan-bahan lokal seperti keju dari Mazaraat Artisan Cheese.

"Untuk menunya kita menyediakan menu brunch dan dessert, tidak ada menu berat seperti nasi, tapi ada beberapa menu yang rasanya bisa mengenyangkan," kata Audrey Wang, head chef dan co-founder dari Sunday Folks.

Mereka pun menyajikan menu pembuka sampai penutup atau dessert. Salah satunya adalah Chili Crab, yaitu menu tapas yang merupakan ciri khas penganan Singapura. Menu pembuka ini menyajikan kue kepiting disiram saus chili crab ala Singapura dengan tambahan mantau emas.

Untuk main course ada menu yang cukup unik yaitu Fried Crispy Buttermilk Chicken. Menu brunch yang satu ini memadukan rasa manis dan gurih yang menarik. Waffle yang garing di luar dan lembut di dalam, dikombinasikan dengan crispy buttermilk chicken dan telur ceplok. Kalau lidah Anda belum terbiasa dengan perpaduan unik seperti ini, disarankan untuk menyantap ayam goreng dan telur lebih dulu.

Rasanya gurih, tekstur ayamnya empuk dan telurnya agak setengah matang. Setelah itu dilanjutkan dengan menyantap waffle yang disiram dengan sirup maple untuk melengkapi rasa manisnya.

3 dari 4 halaman

Cita Rasa Es Krim Nasi Lemak

Usai menyantap menu utama, kita bisa mencoba dessert Sunday Folks yang unik dan bikin penasaran. Ada Nasi Lemak Ice Cream Parfait atau Es Krim Nasi Lemak.

Apa jadinya jika makanan gurih seperti Nasi Lemak, dijadikan sebuah makanan penutup yang identik dengan rasa manis? Menu unik ini merupakan kombinasi rasa yang segar dan manis dari es krim kelapa berwarna biru, yang ditambah dengan gurihnya ikan teri.

Selain itu ada pula bahan penting lainnya dari nasi lemak yang dibuat lebih padat dalam bentuk yang lebih kecil yaitu ketan padan, cucumber jelly, sweet chili sauce yang ditutup dengan meringue serta dill sebagai topping. Saat disantap, topping ini bisa dihancurkan dan dicampurkan dengan es krim di dalam gelas. 

Ketika dicoba, rasanya dominan manis dari es krim, hanya saja ada sensasi tambahan yang berbeda yaitu rasa sedikit gurih dan beragam bahan nasi lemak dan sedikit rasa asin dari ikan teri. Tapi secara keseluruhan rasa es krim yang unik ini tetap menyegarkan.

 

4 dari 4 halaman

Menu Lainnya di Kafe Sunday Folks

Ada pula menu khas yang merupakan kreasi Sunday Folks Jakarta yaitu Es Teler Ice Cream Petits Gateaux. Es Teler dengan kearifan lokal ini memanjakan lidah pecinta dessert lokal, dengan memadukan avocado mousse, coconut ice cream, nangka, cokelat putih dan pandan sponge cake.

Menariknya lagi, saat dihidangkan,kita juga akan diberikan jam pasir, sebagai waktu menunggu lima menit es krim bisa dimakan agar semua bahannya lebih meresap. Selain menu es krim dan hidangan penutup, Sunday Folks juga menawarkan menu all-day brunch dan tapas, seperti Singapore Chilli Crab Cake and Golden Mantou, dan Kueh Pie Tie.

Anda juga dapat menikmati koktail yang terinspirasi sajian pencuci mulut, seperti Pink Floyd, racikan lavender martini dan sorbet stroberi, dan Martabak, segelas wiski dengan sentuhan mentega Wiesman. Kalau Anda pensaran ingin mencicipi beragam menu yang ada, bisa menyambangi Sunday Folks yang buka mulai 6 Oktober 2023.

Selama masa perkenalan, dari 6-15 Oktober 2023 mereka memberikan diskon sebesar 20 persen untuk semua menu makanan dan minuman. Adapun harga menu di Sunday Folks berkisar mulai Rp50 ribu-Rp200 ribu untuk makanan dan minuman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.