Sukses

Misteri Selimuti Kabar Kematian Rapper Lil Tay, Diduga Dianiaya Keluarga

Jagat maya dihebohkan dengan kabar rapper Lil Tay meninggal dunia di usia 14 tahun. Misteri menyelimuti kematian Lil Tay hingga beredar kecurigaan ia mengalami kekerasan di tangan keluarganya, termasuk sang ayah

Liputan6.com, Jakarta - Jagat maya dihebohkan dengan kabar rapper Lil Tay meninggal dunia di usia 14 tahun. Misteri menyelimuti kematian Lil Tay hingga beredar kecurigaan ia mengalami kekerasan di tangan keluarganya, termasuk sang ayah.

Dikutip dari New York Post, Kamis (10/8/2023), hal yang tak kalah meresahkannya adalah pernyataan baru dari mantan manajer Lil Tay yang mempertanyakan apakah remaja itu benar-benar meninggal dunia. Beberapa jam sejak unggahan Instagram mengumumkan kematian Lil Tay Rabu, 9 Agustus 2023, Henry Tsang, mantan manajer bintang bernama lengkap Claire Eileen Qi Hope, dari Vancouver, Kanada itu merilis pernyataan yang menimbulkan sedikit keraguan atas kematiannya.

"Saya telah berkomunikasi dengan individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang situasi keluarga," kata Tsang kepada The Daily Beast pada Rabu, 9 Agustus 2023. "Mengingat kompleksitas keadaan saat ini, saya berada pada titik di mana saya tidak dapat secara pasti mengonfirmasi atau menolak keabsahan pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarga."

Ayah Lil Tay, Chris Hope, bekerja di firma hukum Lindsay LLP di Vancouver. Saat dihubungi di kantornya oleh The Post, orang yang menjawab telepon mengatakan bahwa dia adalah Hope tetapi tidak akan mengonfirmasi kematian putrinya.

"Ya, Anda ada pada orang yang tepat, tetapi saya tidak punya komentar apa pun sekarang," katanya kepada The Post dalam panggilan telepon singkat selama dua menit.

Ia menambahkan, "Saya tidak bisa memberi Anda komentar apa pun sekarang. Maaf, saya tidak bisa." Ketika didesak untuk orang lain yang dapat mengonfirmasi kematian putrinya, dia menjawab, "Maaf, saya tidak dapat berkomentar atau memberi Anda bantuan - saya hanya akan membiarkan Anda pergi," sebelum menutup telepon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kematiannya Dipertanyakan

Upaya The Post untuk menghubungi ibunya, Angela, di nomor telepon kantornya tidak berhasil. The Post juga menghubungi Layanan Koroner British Columbia dan Departemen Kepolisian Vancouver untuk berkomentar. Pada Rabu, 9 Agustus 2023, seorang anonim yang mengklaim mereka juga mantan manajer Tay juga mempertanyakan mengapa pernyataan tentang kematiannya tidak ditandatangani oleh siapa pun dari keluarganya.

"Satu hal yang akan saya pertanyakan adalah siapa yang mengunggah pernyataan itu dan mengapa tidak ditandatangani oleh siapa pun dari keluarga," kata orang dalam, yang dilaporkan tidak berhubungan dengan Lil Tay selama beberapa tahun, kepada The Sun. "Mengapa tidak ditandatangani, 'Ini ibu Tay,' atau 'Ini ayah dari Lil Tay,' atau dari perwakilan resmi? Mengapa tidak ada keterikatan?" kata mantan manajer itu.

"Bagi saya, itu adalah tanda yang sangat jelas. Itu tidak masuk akal. Bahkan ketika Anda lewat, ada sekelompok orang yang berkumpul untuk membuat pernyataan, biasanya keluarga, dan kami tidak melihatnya di sini," lanjutnya The Sun, menambahkan bahwa mereka "memiliki begitu banyak pertanyaan."

"Saya mengirimkan belasungkawa saya dan saya terkejut dengan berita itu. Tapi saya penasaran dengan siapa pernyataan itu dirilis dan (mengapa belum ditandatangani oleh siapa pun)," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Tudingan Penganiayaan

Perwakilan Lil Tay tidak segera menanggapi The Post untuk berkomentar. Tuduhan bahwa gadis itu diduga dianiaya secara "fisik dan mental" oleh ayahnya juga beredar kembali.

Tuduhan dilontarkan terhadap Hope dalam profil GoFundMe April 2021 yang diselenggarakan oleh kakak remaja tersebut, Jason Tian. Menurut unggahan Instagram yang mengumumkan kematian Lil Tay, kakaknya juga telah meninggal, namun, tidak jelas apakah saudara kandung yang meninggal itu adalah Tian.

"Chris Hope memiliki rumah yang tidak berfungsi dan akan membawa pulang banyak tipe perempuan Asia," klaim Tian di situs crowdsourcing. "Mereka benar-benar pasangan seksual, mereka telanjang dan tidur di ranjang yang sama dengan Tay, mereka berhubungan intim sementara Tay berada tepat di samping mereka."

Tian lebih lanjut mengklaim bahwa Hope telah diberikan hak asuh "50/50" atas Tay pada usia 5 tahun. Ibunya, Angela, pindah ke Los Angeles, di mana gadis itu akan berkunjung secara berkala sebelum akhirnya pindah ke kota itu pada 2017 setelah menjadi terkenal di media sosial pada usia 9 tahun.

Di GoFundMe, Tian melanjutkan dengan menyatakan bahwa Hope mengabaikan Tay, menyajikan makanan berjamur, dipenuhi belatung kepada anaknya dan memaksanya untuk memakai pakaian usang.

Ia juga mengklaim bahwa istri Hope, Hanee, mulai menyiksa gadis itu secara fisik dengan "memukul dan menguncinya di lemari yang gelap", dengan izin ayahnya. Tian menuduh bahwa Hanee juga pernah mematahkan jari kaki Tay dengan sengaja membanting kakinya ke pintu.

Ia juga mengklaim penganiayaan itu tidak hanya fisik. Mereka juga mulai berkata-kata kasar kepada Tay.

4 dari 4 halaman

Terkenal di Jagat Maya

"Tay ingat mereka berbicara dan berfantasi tentang membunuh ibuku dan dia dan memulai sebuah keluarga baru," lanjutnya. "Tay menjadi sangat paranoid dan menjadi depresi dan berkembang jadi kecemasan yang buruk."

Setelah memberi tahu pihak berwenang tentang dugaan penyerangan anak di bawah umur, Hope dan Hanee dikatakan telah "memukul Tay di wajah dan tubuhnya," sesuai permohonan tertulis Tian. Menyusul dugaan penyerangan, gadis itu mulai tinggal di LA bersama Angela dan Tian.

Setelah pindah pada 2013, Tian mengklaim Hope berhenti membayar tunjangan anak, diduga menunggak 400.000 dolar AS dan tidak bertemu Tay sampai Mei 2018, selama dia menjadi terkenal di YouTube.

Lil Tay terkenal karena membuat komentar nakal tentang kekayaannya dan menyimpan banyak uang di telinganya, Tay akhirnya mengumpulkan lebih dari 3,3 juta pengikut Instagram. Namun, unggahan media sosialnya mulai berkurang setelah 2018, membuat penggemar mempertanyakan kepergiannya dari industri influencer.

Pada saat itu, Tian sudah mulai membuat tuduhan publik tentang penganiayaan terhadap Hope. Namun, manajer Tay saat itu, Henry Tsang, membantah klaim tersebut.

"Christopher Hope tidak menginginkan uang dari Lil Tay," katanya kepada Daily Beast pada 2018. "Hanya ada tiga hal yang ingin dia lihat," kata Tsang.

Ia menambahkan, "Pertama, tidak ada lagi video kutukan gila dari Tay. Kedua, 25 persen dari pendapatan kotor masuk ke dana perwalian yang didedikasikan untuk Tay. Hal ketiga adalah, harus ada struktur dalam operasinya, dalam citra publiknya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini