Sukses

Ketua MPR Bambang Soesatyo Minta Polisi Usut Tuntas Dugaan Pelecehan Seksual di Ajang Miss Universe Indonesia

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo ikut menanggapi polemik yang terjadi akibat dugaan pelecehan seksual di ajang Miss Universe Indonesia. Ia pun meminta agar polisi menyelidiki hingga tuntas.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Universe Indonesia 2023 yang telah selesai beberapa waktu lalu, mendadak menuai kontroversi. Hal itu  sejak mencuat sejak adanya informasi, bahwa finalis Miss Universe Indonesia harus melewati tahap body checking tanpa busana terlebih dahulu.

Hal ini menuai respons dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Ia meminta kepolisian untuk melakukan investigasi kebenaran informasi tersebut, dengan menyelidiki serta mendalami keterangan dari para korban yang mengikuti ajang Miss Universe Indonesia dan pihak yayasan penyelenggara kontes kecantikan tersebut.

"Dengan begitu diharapkan, kasus ini dapat segera diselesaikan secara transparan juga diproses secara hukum yang berlaku," ungkap politisi Golkar tersebut melalui keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Rabu (9/8/2023). 

Selain itu, ia meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkoordinasi dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk memproses ajang Miss Universe Indonesia yang diduga terkait dengan isu dugaan pelecehan seksual.

Diharapkan ada evaluasi aturan tiap kontes kecantikan di Indonesia utamanya terkait standar dan kepentingan dari aturan body checking yang disebut tidak sesuai dengan prosedur. Pasalnya, aturan body checking yang dilakukan pihak penyelenggara tersebut disebut diluar agenda resmi dari ajang Miss Universe Indonesia.

Ia juga meminta seluruh aturan yang ada di dalam setiap kontes kecantikan sebaiknya ditinjau ulang sesuai standar terlebih dahulu juga disampaikan kepada para kontestan secara transparan. Upaya ini diperlukan untuk meminimalisir hal-hal di luar ketentuan, juga sebagai bentuk transparansi dari pihak penyelenggara dalam menjamin hak-hak dan privasi para kontestan.

"Meminta kepada pihak penyelenggara kontes-kontes kecantikan, agar seyogyanya menjaga nama baik Indonesia di setiap ajang yang diselenggarakan dengan tetap menghormati adat dan budaya serta tidak melanggar norma agama apapun," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kritik Warganet untuk Fabienne Nicole

Sebelumnya kritik terhadap Fabienne Nicole usai kemenangannya di ajang Miss Universe Indonesia masih terus mengalir. Terutama berbagai komentar di media sosial Instagram pribadinya yang beralamat di @fabienne_fng.

Memang tak semua warganet menentang dirinya sebagai pemenang Miss Universe Indonesia, tapi sebagian besar komentar berisi nada negatif. Meski begitu, akun Instagram yang memiliki 85,9 ribu pengikut itu tak menutup kolom komentar maupun menghapusnya kritikan warganet.

"Menurutku sih ya, The Real Queen harus berani speak up tentang semua kegaduhan ini. Mulai dari kasus body checking dan kasus tinggi badan, semuanya harus di klarifikasi. Karena ini udah viral di mana-mana. Nggak bisa diem aha, kalau diem aja bisa-bisa malah makin banyak yang hujat. Ayo dong buat kamu percaya bahwa kamu benar-benar layak menjadi Queen. Masa upload foto bisa, klarifikasi ngga bisa? Jangan cuma hapus-hapusin komentar dan blokir haters aja, Queen harus lantang dan berani," tulis seorang warganet. 

"If you're a real queen, kenapa kamu nggak speak up soal pelecehan seksual yang lagi happening? yang korban malah temen-temen kamu sendiri lho," tulis warganet yang lain. 

"The real queen selesaikan masalah yang sekarang dulu, rumor body checking sama tinggi badan. Jangan diem aja. Masalah gini aja nggak speak up kok mau ke kancah internasional," sambung warganet lain.  

3 dari 4 halaman

Dugaan Suap Rp5 Miliar

Diketahui sebelumnya saat diumumkan sebagai Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Groeneveld berhak menggunakan mahkota Miss Universe Indonesia. Ekspresi Fabienne, meski terlihat senang dan bahagia bisa keluar sebagai jawara Miss Universe Indonesia 2023.

"Benar-benar tidak menyangka, aku sangat bersyukur atas tanggung jawab ini," ungkap Fabienne di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Kamis, 3 Juli 2023.

Para juri memberikan nilai serta apresiasi maksimal kepada Fabienne di babak Top 15, Top 11, hingga Top 5 Miss Universe Indonesia 2023. Sampai akhirnya, nama Fabienne diumumkan sebagai pemenang kontes kecantikan bertaraf dunia itu. 

Ramai beredar di media sosial tuduhan Organisasi Miss Universe Indonesia menerima suap senilai Rp5 miliar untuk memenangkan Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Groeneveld. Karena narasinya dianggap makin "tidak terkendali," Miss Universe Indonesia pun merilis pernyataan resmi erkait tudingan ini. 

Pada unggahan di akun Instagram-nya, Senin, 7 Agustus, 2023, keterangan resmi akun Miss Universe Indonesia menulis, "Pada siapa pun yang berkepentingan, kami sangat prihatin dengan tuduhan yang baru-baru ini beredar bahwa Organisasi Miss Universe Indonesia menerima sejumlah uang dari pemenang kontes Miss Universe Indonesia." 

4 dari 4 halaman

Klarifikasi Pihak Miss Universe Indonesia

"Kami menyatakan dengan tegas bahwa klaim ini tidak berdasar dan tidak benar," tambahnya. Keterangan menyebut, "Organisasi kami dengan bangga menjunjung tinggi standar keadilan, transparansi, dan profesionalisme dalam setiap aspek operasional kami."

Menurut keterangan di akhir kalimat, setiap kontestan dinilai berdasarkan prestasi, keterampilan, dan atributnya, dan tak ada pertimbangan finansial atau faktor eksternal lain yang berperan dalam proses seleksi. Gagasan bahwa titel bergengsi seperti Miss Universe Indonesia dapat 'dibeli' atau dipengaruhi dengan cara apapun merusak kerja keras, dedikasi, dan bakat semua finalis.

Organisasi Miss Universe Indonesia menyambung, "Kami menghormati kebebasan berbicara dan hak atas pilihan seseorang. Namun, menyebarkan tuduhan yang tidak berdasar dan merusak terhadap organisasi kami tidak hanya tidak bertanggung jawab, tapi juga berpotensi mencemarkan nama baik kami."

"Kami mendesak mereka yang menyebarkan atau mendukung klaim tidak berdasar ini untuk segera berhenti," tegasnya. "Ketahuilah bahwa kami menganggap serius setiap serangan terhadap integritas kami, dan jika tuduhan palsu ini terus beredar atau merusak reputasi kami, kami tidak akan ragu mengambil tindakan hukum dan tegas terhadap pihak yang bertanggung jawab." 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini