Sukses

Pencapaian TREASURE Lewat Album Terbaru Reboot yang Laris Manis Usai Dirilis

TREASURE resmi merilis album terbaru mereka bertajuk "Reboot" pada 28 Juli 2023. Album kedua TREASURE ini hadir dengan 10 lagu, termasuk pre-release single "Move" dan lead single "Bona Bona".

Liputan6.com, Jakarta - TREASURE resmi merilis album terbaru mereka bertajuk "Reboot" pada 28 Juli 2023. Album kedua TREASURE ini hadir dengan 10 lagu, termasuk pre-release single "Move" dan lead single "Bona Bona".

Pencapaian manis pun diraih TREASURE setelah menyelesaikan penjualan pekan pertama untuk album baru tersebut. Dikutip dari Allkpop, Senin (7/8/2023), menurut data yang dirilis oleh grafik Hanteo, album ke-2 TREASURE "Reboot" terjual lebih dari 220.000 eksemplar pada hari pertama peluncurannya.

Selama minggu pertama, "Reboot" terjual sebanyak 646.948 unit terjual. Pencapaian itu menjadikan album grup terlaris dalam penjualan minggu pertama.

Rekor sebelumnya dipegang oleh mini album pertama mereka, "The Second Step: Chapter One" yang terjual lebih dari 500.000 pada minggu pertama. Selain itu, Menurut weekly update Circle Chart untuk minggu 23 Juli--29 Juli, album ke-2 TREASURE "Reboot" adalah album terlaris nomor satu pada minggu lalu, dengan total 1.533.616 kopi CD terjual secara global.

Turut membantu penjualan dari album versi KiT dan TAG membuat totalnya menjadi 1.718.517 eksemplar, menurut hitungan Circle Chart. Khususnya, jumlah Circle Chart menggabungkan distribusi album musik di seluruh dunia, termasuk penjualan di Korea Selatan, Asia, dan Amerika Utara.

Sementara, album baru TREASURE "Reboot" hadir dengan 10 lagu, yang terdiri atas "Bona Bona", "I Want Your Love", "Run", "Move" (T5), "G.O.A.T" (Rap Unit; featuring Lee Young-hyun), "Stupid", "The Way To", "Wonderland", "B.O.M.B", dan "Lovesick".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang TREASURE

Dikutip dari Bisnis Liputan6.com, TREASURE menjadi salah satu grup K-pop terbaru yang menandatangani antara label Korea Selatan dan Amerika Serikat. Penandatanganan ini menjadi awal menarik bagi TREASURE dan manajemen YG Entertainment serta label Korea Selatan.

Mengutip dari Forbes, ditulis Selasa, 4 Juli 2023, YG Entertainment yang menaungi BIGBANG, BLACKPINK, WINNER dan AKMU mengatakan, TREASURE telah menjalin kemitraan dengn Columbia Records, perusahaan rekaman musik asal Amerika Serikat. Kerja sama ini menandai awal grup tersebut fokus ke barat.

YG Entertainment menyampaikan label Sony Music akan menyediakan dukungan menyeluruh untuk grup yang beranggotakan 10 orang itu dalam distribusi dan promosi. Dengan kemitraan itu grup tersebut hadir di media Amerika Serikat dan memiliki album fisik mereka, tersedia di ritel besar yang seharusnya dapat menempatkan mereka di lebih banyak tangga lagu Billboard.

"TREASURE akan terlahir kembali," ujar YG Entertainment General Producer Yang Hyun-Suk dalam siaran pers dikutip dari Forbes.

3 dari 4 halaman

Profil TREASURE

Baru-baru ini Columbia Records telah bergabung untuk single TREASURE yang dirilis "MOVE", salah satu rilis khusus yang dibawakan Yoon Jae Hyuk, Jihoon, Junkyu, Doyoung dan So Jung Hwan, atau dikenal dengan T5 pada pekan lalu untuk fokus track global.

TREASURE merupakan grup terbaru di bawah YG Entertainment. Awalnya dibentuk pada 2019 melalui acara kompetisi menyanyi YG Treasure Box dengan 13 anggota. Saat ini terdiri dari 10 anggota.

TREASURE resmi mencetak hit pada Agustus 2020 dengan single "Boy". Single tersebut telah ditonton 120 juta di YouTube dan masuk 10 besar di Billboard's World Digital Song. Sejak saat itu meraih beberapa album yang memuncaki tangga lagu di Korea Selatan dan Jepang.

Grup ini dipimpin oleh Choi Hyun Suk dan Jihoon bersama anggota Yoshi, Junkyu, Yoon Jae Hyuk, Asahi, Doyoung, Haruto, Park Jeong Woo dan So Jung Hwan. Sebelumnya ide pembentukan grup ini ada 13 anggota yang dibagi menjadi dua unit, yaitu Treasure dan Magnum. Setelah debut mereka tertunda beberapa kali, dan Yoonbin meninggalkan grup, mengumumkan pada awal 2020 kalau debut mereka sebagai TREASURE dengan 12 anggota.

4 dari 4 halaman

Single Dadari Viral

Sejumlah single grup ini menyita perhatian. Single TREASURE yang berbeda dalam bahasa Korea Selatan dan Jepang telah naik dalam tangga lagu di seluruh wilayah. Single Jikjin pada 2022 masuk dalam chart tertinggi di chart Billboard Global 200 dengan berada di peringkat 110.

Sementara itu, track b-side "Dadari" menjadi hal yang tidak terduga. Lagu tersebut viral di TikTok dan platform media sosial lainnya dan hasilkan lebih dari 180 juta streaming di seluruh platform dan lebih dari dua kali mendengarkan lagu TREASURE teratas lainnya. Potensi TREASURE dinilai telah terbukti sejak pertama kali dibentuk dalam Treasure Box dengan anggota yang mewakili Korea Selatan dan Jepang yang dapat berbicara bahasa Korea Selatan, Jepang dan Inggris.

Kesepakatan YG dan Columbia Records yang Berbeda

Sepanjang sejarah, YG Entertainment telah bekerja dengan berbagai label untuk artisnya tetapi hanya bekerja dengan dua label besar yakni Universal Music Group dan Warner Music Grup. Sebelumnya, YG telah menandatangani kesepakatan label dan distribusi Amerika Serikat untuk BLACKPINK yang ditandatangani Interscope Records di bawah Universal Music grup di Amerika Serikat, serta bertindak di label anak perusahaannya The Black Label termasuk Taeyang, Jeon Somi, Bryan Chase dan Lorean (sebelumnya tiga pihak semuanya juga menandatangani dengan Interscope Records, sedangkan Loren bermitra dengan 88rising yang didistribusikan oleh grup Warner Music).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.