Sukses

Pilot Tertangkap Radar Menggambar Alat Kelamin di Rute Penerbangan Sepanjang 24 kilometer Usai Dialihkan dari Bandara

Para pejabat mengklaim gambar alat kelamin berbentuk penis yang tampak di radar itu tidak disengaja. Hanya saja pesawat sempat mencoba mendarat dua kali tetapi dialihkan karena angin kencang.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pilot Lufthansa menggambar jalur penerbangan berbentuk alat kelamin mirip penis di langit setelah dialihkan dari bandara Catania di Sisilia. Pola sepanjang 24 kilometer itu terlihat oleh radar penerbangan FlightRadar24.

Mengutip dari Euronews, Jumat, 4 Agustus 2023, pesawat meninggalkan Frankfurt di Jerman pada pukul 13.45 tanggal 28 Juli 2023. Pesawat tersebut dilaporkan berusaha mendarat di Catania dua kali sebelum rute penerbangan dialihkan.

Butuh lebih dari 16 menit untuk berputar-putar di langit lepas pantai timur Sisilia. Namun dari rute itu terbentuk sebuah manuver yang menciptakan bentuk penis, sebelum akhirnya pesawat kembali ke jalur penerbangan aslinya dan melanjutkan ke Malta.

Media lokal Italia mengklaim bahwa pilot yang tidak puas itu menggambar jalur penerbangan lingga sebagai protes atas pengalihan tersebut, tetapi para pejabat mengatakan bahwa itu tidak disengaja. Mereka mengklaim bahwa bentuk alat kelamin tersebut tercipta secara tidak sengaja setelah penerbangan LH306 bermanuver menjauh dari pulau tersebut.

Banyak penerbangan telah dibatalkan, ditunda, atau dialihkan dari Catania dalam beberapa pekan terakhir setelah kebakaran menutup satu terminal di bandara. SAC, perusahaan yang mengelola bandara, telah dikritik karena responsnya yang lambat dan komunikasi yang buruk dengan maskapai penerbangan.

Mereka mengatakan bahwa perubahan angin yang tiba-tiba bertanggung jawab atas pengalihan ini. "'Pesawat lain juga mencoba mendarat pertama kali tetapi gagal sehingga mereka harus memutar dan kemudian berhasil melakukannya,' kata SAC kepada surat kabar Italia La Repubblica. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Lufthansa mengatakan kepada surat kabar Corriere della Sera bahwa pergeseran angin berarti "tidak mungkin mendarat dengan aman di Catania". "Untuk alasan ini, pilot harus tetap dalam posisi bertahan sebelum sekali lagi mencoba mendarat yang tidak berhasil," klaim pihak maskapai.

Ini bukan pola berbentuk penis pertama di langit ini bukan pertama kalinya seorang pilot menggambar bentuk penis di langit. Semua jenis pesawat mulai dari penerbangan komersial hingga pesawat militer telah ketahuan menelusuri pola-pola kasar.

Helikopter Angkatan Bersenjata Malta (AFM) mengambil jalur penerbangan lingga di atas pulau Comino awal tahun 2023. FlightRadar24 men-tweet gambar pola yang tidak biasa dengan tulisan "Sementara itu di Malta…".

AFM mengatakan kepada Times of Malta bahwa pola penerbangan telah "dicetak di luar konteks". Hal ini berkat pelacakan yang menunjukkan helikopter terbang di ketinggian rendah dan bukan seluruh jalur penerbangan.

Pada 2022, sebuah pesawat militer AS secara tidak sengaja menarik penis langit di dekat pangkalan Rusia di Suriah. Angkatan Udara AS juga bersikeras bahwa insiden itu tidak disengaja dengan mengatakan bahwa mereka tidak percaya bahwa kru telah "bertindak tidak tepat".

3 dari 4 halaman

Pilot Rekam Penampakan Gurun Sahara

Tak banyak orang berkesempatan untuk menyaksikan salah satu padang pasir terbesar seperti Gurun Sahara. Momen langka ini dirasakan oleh Pilot Rudi van Pangemanan yang terbang di atas gurun yang terletak di utara Afrika tersebut.

Pilot Rudi mengabadikan pengalaman menakjubkannya tersebut melalui akun Instagram pribadinya pada Sabtu, 29 Juli 2023. Video singkat ini menunjukkan dirinya berada di kokpit dan merekam penampakan Gurun Sahara.

"Di atas Sahara ya. Kita telah terbang beratus-ratus miles, tetap saja di bawah itu tidak ada kehidupan karena hanya gurun pasir dan batu karang. Yuk, kita lihat permukaan apa aja yang ada di Sahara," ungkap Pilot Rudi dalam video.

Ia kemudian mengalihkan kamera ke luar pesawat yang menampilkan birunya langit di lokasi dengan panas terik matahari. Di bawah sana tampak gurun pasir sejauh mata memandang.

"Contrast blue sky with brown Earth," tulisnya pada keterangan sebuah video.

4 dari 4 halaman

Penampakan Mirip Mars

Tampak permukaan gurun pasir yang tak merata berwarna cokelat menghiasi pemandangan. "The Loneliest Area in the World (tempat tersepi di dunia)," sambungnya lagi.

"There only hot rocks and hot sands but it still looks beautiful and something different. (Hanya ada bebatuan panas dan pasir panas tapi tetap terlihat indah dan berbeda)," lanjutnya.

Ia menambahkan penampakan Gurun Sahara seperti tak berada di Bumi. "It's more looks like Planet Mars (Terlihat lebih mirip seperti Planet Mars)," tulis Pilot Rudi.

Unggahannya tersebut mencuri atensi warganet. Mereka membanjiri kolom komentar dengan beragam respons.

"Kalo lihat gini betapa Maha besar nya sang Pencipta alam semesta," tulis seorang warganet.

Lainnya ikut menambahkan, "Keren banget pak, saya seumur hidup belum pernah naik pesawat terbang."

"Allahuakhbar... ini pertama kali aku lihat gurun yang subhanallah cantik," tulis lainnya.

Kekaguman juga ditunjukkan warganet lain, "Amazing view capt.. Tidak semua orang bisa melihat dengan nyata apa yang ada di gurun sahara."

"Berkat capt aku bisa lihat gurun Sahara thanks capt," sambung warganet lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini