Sukses

Kate Middleton dan Pangeran William Diperingatkan untuk Jauhkan Pangeran George dari Pangeran Harry

Pangeran Harry sempat khawatir pada adik-adik Pangeran George yang disebut besar sebagai "cadangan."

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran dan Putri Wales diperingatkan untuk menjauhkan putra sulung mereka, Pangeran George, dari pamannya, Pangeran Harry. Mantan penulis biografi Duke of Sussex, Angela Levin, membuat peringatan keras pada Pangeran William dan Kate Middleton dalam "upaya putus asa" mencegah George menempuh jalan yang sama dengan Harry.

"Kate dan William ada di sana untuk membantunya (George)," kata Levin pada majalah OK, dilansir dari NY Post, Rabu (26/7/2023). "Tapi, ia perlu dijauhkan dari pengaruh negatif Harry. George tidak memiliki keluarga yang disfungsional, tidak seperti William dan Harry saat tumbuh dewasa, jadi ia seharusnya lebih baik."

Dalam memoarnya, Spare, Harry merinci pengalamannya tumbuh di lingkungan kerajaan. Ia pun mengungkap ketakutannya tentang Putri Charlotte dan Pangeran Louis yang tumbuh sebagai "cadangan" bagi Pangeran George, yang merupakan calon Raja Inggris. 

"Saya masih merasa bertanggung jawab mengetahui bahwa dari ketiga anak itu, setidaknya satu akan berakhir seperti saya, (jadi) cadangan. Itu menyakitkan, itu membuat saya khawatir," tulisnya dalam buku tersebut, merujuk pada anak-anak William dan Kate: Pangeran George (10), Putri Charlotte (8), dan Pangeran Louis (5).

Komentar Levin selaras dengan pendapat penulis kerajaan Tom Bower, yang menyarankan George tidak mengetahui situasi sebenarnya antara orangtua dan pamannya. "Kate adalah pembawa damai di antara kakak adik itu di pemakaman mendiang Duke of Edinburgh (pada 2021), tapi setelah rilis buku Harry dan film dokumenter Sussex, semuanya berakhir," katanya.

Ia menyambung, "Saya benar-benar tidak berpikir Kate ingin melihat Harry lagi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Pangeran Harry

Bower berkata, "Tentu saja Pangeran George tidak akan menyadari semua ini. Harry akan selamanya terpinggirkan dalam ingatannya." Diyakini bahwa Raja Charles adalah satu-satunya anggota senior keluarga kerajaan yang tetap berhubungan dengan Harry dan istrinya, Meghan Markle.

Namun, hubungan mereka jadi tegang setelah perilisan Spare dan wawancara yang menyertainya. Harry disebut melancarkan beberapa serangan terhadap keluarganya, menuduh mereka membocorkan cerita pada pers, serta memperlakukan istrinya dengan tidak adil.

Alih-alih merespons langsung, yang jarang dilakukan anggota keluarga Kerjaaan Inggris, Kate Middleton punya cara tersendiri dalam melawan tuduhan iparnya, Harry dan Meghan. Kate disebut sebagai orang di balik ungkapan terkenal "recollections may vary (ingatan dapat bervariasi)."

Melansir The Daily Beast, 1 Juli 2023, kata-kata itu muncul dalam tanggapan resmi Istana Buckingham terhadap klaim ketidakpekaan rasial yang dibuat Harry dan Meghan Markle dalam wawancara dengan Oprah Winfrey pada 2021 lalu. Keterlibatan Kate dalam menekan penggunaan frasa terungkap dalam versi baru buku laris Valentine Low, Courtiers.

3 dari 4 halaman

Mau Pernyataan Lebih Kuat

Low mengatakan, Ratu Elizabeth II menonton wawancara tersebut ketika ditayangkan di TV Inggris, hampir 24 jam setelah siaran Amerika. Keesokan harinya, tulisnya, "negosiasi serius" dimulai untuk menyusun tanggapan resmi kerajaan.

Low menulis bahwa William dan Kate "duduk bersama di sofa" saat mereka mempertimbangkan draft pernyataan yang, pada saat itu, tidak menyertakan frasa "beberapa ingatan mungkin berbeda."

Seorang sumber mengatakan pada Low, "Itu memiliki versi yang jauh lebih lembut. Perdebatannya adalah, apakah Anda sepenuhnya membantah dan mengesankan (Harry dan Meghan) sebagai 'anggota keluarga yang sangat dicintai'? Atau apakah ada saat ketika Anda harus turun tangan dan menawarkan pandangan?"

William dan Kate rupanya mengatakan bahwa mereka ingin draft pernyataan itu "sedikit diperkuat," untuk menunjukkan bahwa "institusi tersebut tidak menerima banyak dari apa yang telah dikatakan." Sumber itu menyebut bahwa William berkata pada tim, "Sangat penting bagi kalian menemukan cara yang benar untuk memastikan bahwa kami mengatakan bahwa ini tidak berpengaruh."

4 dari 4 halaman

Kate Middleton Ngotot

Sumber itu mengatakan Kate Middleton "tepat di belakang" suaminya dalam hal itu. Low mengatakan, frasa "ingatan dapat bervariasi" dikatakan beberapa orang sebagai karya sekretaris pribadi Charles, Clive Alderton, tapi ia mengatakan, itu ditulis Jean-Christophe Grey, sekretaris pribadi William yang baru.

Low menyebut, setidaknya dua pejabat senior lain di rumah tangga kerajaan yang menentang pencantumannya, karena mereka takut hal itu akan membuat Harry dan Meghan marah. Tapi, begitu frasa itu ditambahkan ke draft, menurut sumber lain, Kate ngotot bahwa itu harus tetap ada.

Ia mengutip sebuah sumber yang menyebut bahwa Kate berkata, "Sejarah akan menilai pernyataan ini, dan kecuali frasa ini atau frasa seperti itu disertakan, semua yang mereka katakan akan dianggap benar."

Sumber itu berkata tentang Kate, "Ia tidak mendapat pujian sebanyak yang seharusnya, karena ia sangat halus tentang hal itu. Ia memainkan permainan panjang. Ia selalu memperhatikan, 'Ini adalah hidup saya dan jalan bersejarah saya. Saya akan jadi Ratu (Inggris) suatu hari nanti.'"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.