Sukses

Cerita Jemaah Haji Mualaf Sering Jahat Sama Binatang, di Makkah Mencium Bangkai Tikus

Sang ibu mengakui sempat berbuat jahat kepada binatang, hingga merasakan balasan dari Allah langsung dengan mencium bau yang sangat busuk ketika tiba di Tanah Suci. Tak hanya itu, ia juga melihat semut begitu banyak saat sedang berada di Mina.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang menunaikan haji mengalami kejadian yang di luar nalar. Hal ini terkait dengan perilaku seseorang dalam kesehariannya. 

Seorang jemaah haji pun menceritakan pengalamannya saat menunaikan ibadah di Tanah Suci Makkah. Ia mengatakan mencium bau busuk bangkai tikus begitu sampai di Jedah, Arab Saudi.

"Baru keluar pesawat, langsung apa ya bau bangkai tikus ya Allah," ujar perempuan dalam sebuah video yang diunggah akun TikTok @hijrah1816, dikutip Sabtu (22/7/2023).

"Menyengat banget," sambungnya.

Ia mengakui sempat berbuat jahat kepada binatang. Tak hanya itu di Makkah ia melihat semut begitu banyak saat sedang berada di Mina. 

Namun setelah mengucap istighfar, semut-semut tersebut hilang. Akhirnya perempuan itu mengaku bertobat.

"Sering-sering nangis, minta ampun. Pokoknya langsung air wudu," lanjutnya.

Ibu yang tak diketahui namanya tersebut mengaku seorang mualaf, dulunya ia adalah keluarga pendeta. Menurutnya hal itu jadi pelajaran bahwa apapun yang diperbuat manusia maka akan diganjar oleh Allah SWT. 

Konten yang cukup membuat orang merinding itu mendapatkan banyak respons dari warganet. Setidaknya ada ribuan komentar mengingat kembali bagaimana memperlakukan binatang.

"Aku sering kesel sama semut ya Allah, terus gimana cara mengatasinya ya Allah," tulis warganet.

"Gimana kabarnya dengan saya, sering bikin perangkap tikus ya Allah," sambung yang lain.

"Ya Allah ampuni semua kesalahanku," tulis yang lain merasa memiliki dosa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Haji Lainnya

Konten mengenai jemaah haji Indonesia masih terus bikin heboh di jagat maya. Yang terbaru, rekaman memperlihatkan jemaah Indonesia pulang haji berpakaian bak Putri Disney tengah ramai di media sosial.

Video ini dibagikan akun TikTok @andyyuniverse, 11 Juli 2023, dengan keterangan, "Penjemputan Jamaah haji berasa di DisneyLand bertabur Para Princess." Rekaman berdurasi satu menit dan 13 detik ini diawali dengan memperlihatkan si pengunggah video berteriak bersama banyak orang lain, menyambut kepulangan jemaah haji yang disebut berasal dari Bugis.

"Selamat datang," tulisnya di video. Yang datang pertama, menurut rekaman itu adalah Elsa, merujuk pada jemaah haji yang mengenakan gamis dan hijab serba putih nan megah. Disusul "Putri Belle" yang memakai busana serba emas, lengkap dengan hijab beraksen tulle.

Ada pula "Rapunzel" yang memakai busana serba mauve nan berkilau hampir di seluruh bagiannya. "Sekarang Princess Yasmine dan Aladdin sudah tiba," sambungnya. Ia juga menyebutkan beberapa karakter Putri Disney lain yang seolah menginspirasi busana para jemaah haji Indonesia.

3 dari 4 halaman

Jemaah Haji Mirip Putri Disney

Di antaranya adalah Anna, Moana, Putri Salju, Mulan, Putri Merida, bahkan Ariel. Video yang telah mencatat hampir empat juta penayangan saat artikel ini ditulis ikut mengundang berbagai komentar.

"Bugis pride," komentar salah satu TikToker, sementara yang lain berkomentar, "Di Bugis begitu dari dulu, ke tanah suci minta ampunan, pulang-pulang udah style menor cetar mebahana apalgi kalo beli mi emas beeeh silau. Saya juga orang bugis bingung sama bu Hajjahnya stiap tahun begitu semua."

Ada pula yang berkomentar, "Homecoming para miss universe yang telah menyelesaikan tugasnya di tanah suciii." "Belum lagi yang dapat tugas jadi panitia penjemputan jemaah haji, dalam bus berasa toko parfum. Puyeng puyeng dah lo," kata yang lain.

"Nggak kebayang di pesawatnyaa," sambung seorang pengguna TikTok. "Tapi, hati orang siapa yang tahu. Cuma bisa doain aja semoga hajinya mabrur. Mungkin ini kultur aja," tulis seorang warganet. 

4 dari 4 halaman

Jemaah Haji Pamer Emas

Bukan kali pertama momen kepulangan jemaah haji menarik perhatian di media sosial. Sebelum ini, Suarnati Daeng Kanang (46) sudah lebih dulu viral usai memamerkan sejumlah emas di tubuhnya setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros pada 5 Juli 2023 untuk kloter pertama sepulang melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Jemaah haji perempuan inii diketahui pengusaha makanan yang aksinya kemudian direkam dan videonya viral di media sosial hingga akhirnya berurusan dengan Bea Cukai untuk diperiksa berkaitan barang mewah bawaannya, lapor kanal Bisnis Liputan6.com per 11 Juli 2023.

Aksinya tampil cetar dengan pamer emas 180 gram saat pulang haji menuai sorotan publik. Pihak Bea Cukai Makassar mengungkap emas yang dibawa jemaah haji asal Makassar, Sulawesi Selatan itu bukan emas asli alias imitasi.

"Berdasarkan penelitian kami, barang tersebut sudah kami koordinasikan dengan pegadaian. Dari pegadaian menyimpulkan bahwa barang tersebut bukan emas, begitu hasilnya. Kemungkinan seperti itu (imitasi)," ungkap Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Makassar Ria Novika Sari dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.