Sukses

Gen Z Ramai-Ramai Serbu Tiket Festival Dangdut Koplo

Gen Z atau generasi yang lahir dalam rentang 1997--2012 tak melulu identik dengan mengikuti tren atau hal-hal yang berbau kekinian. Selain K-Pop, ternyata Gen Z juga menyukai dangdut koplo dengan membeli tiket festival genre musik tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gen Z atau generasi yang lahir dalam rentang 1997--2012, tak melulu identik dengan mengikuti tren atau hal-hal yang berbau kekinian. Selain K-Pop, ternyata Gen Z juga menyukai dangdut koplo dengan membeli tiket festival genre musik tersebut.

CEO RND Group Reynol Bolung selaku penyelenggara Festival Koplo Indonesia menyebutkan bahwan ini adalah festival koplo pertama dan terbesar di Indonesia. Mengingat, setiap festival musik setelah pandemi melibatkan genre musik dangdut hanya 10--20 persen.

"Mereka tempatkan sebagai "pemanis", tapi sekarang mau jadikan "pemanis" itu menjadi yang utama dengan 100 persen dangdut koplo. Loket.com itu rilis pembeli kita itu 18--26 tahun, itu luar biasa," kata Reynol saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Rey, begitu ia akrab disapa, melanjutkan di festival sebelumnya yang telah diselenggarakan, peminat dangdut koplo pun banyak didominasi anak-anak muda. "Regenerasi sekarang penting, jadi dangdut koplo tidak selalu harus tua atau old skool," jelasnya.

Pihaknya punya cara tersendiri untuk menjangkau pasar yang lebih luas sebagai target audiens dari event musik dangdut koplo ini. Rey menyebut langkah yang dilakukan dengan pendekatan kepada komunitas masing-masing artis hingga gaya media sosial yang diatur.

"Brand-brand yang ikut juga boleh dibilang brand muda semua dari situ pencerminan bahwa dangdut koplo sekarang memang sudah harus menempati generasi-generasi baru," terangnnya.

Rey mengungkapkan soal dangdut koplo ke depannya, "Biar 10--20 tahun ke depan mereka juga punya regenerasi baru. Nah, itu harusnya kita pupuk dari sekarang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Festival Koplo Indonesia

Berdasarkan dangdut koplo yang mendapat sedikit tempat di ragam festival musik, Rey pun terpikir untuk membuat line-up festival penuh dangdut koplo. Ia berharap acara ini mendapat tempat di hati penggemar.

"Antusiasnya luar biasa. Dari pembelian tiket, Instagram cepat berkembang followers. Ini memberi wahana atau keceriaan baru industri musik, khususnya genre koplo," tutur Rey.

Ia menambahkan, "Terima kasih buat pembeli tiket antusias luar biasa, (tiket) sudah mendekati sold out."

Festival Koplo Indonesia (FKI) sendiri bakal diselenggarakan di Lapangan Parkir Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta dan berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu pada 29--30 Juli 2023. Kawasan GBK Senayan sendiri dikatakan Rey, dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan karena menjadi ikon pusat hiburan dan olahraga di Jakarta.

"Kami mengajak Nagaswara sebagai official label partner yang disambut baik. Mudah-mudahan bisa ada di kota-kota lain. Indonesia harus roadshow ke Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan bagian timur Indonesia," ungkap Rey.

3 dari 4 halaman

Jangkau Pasar

Julius Wijaya dari Nagaswara menyebut, "Kita turut serta karena melihat promotor punya konsep berbeda dari promotor lain. Melihat ide brilian bisa membawa festival ini beda dengan lainnya."

Julius yakin bahwa kolaborasi Nagaswara dan penyelenggara dapat menyuguhkan konser spektakuler di pertengahan tahun ini. Di sisi lain, Rey menyebut bahwa dangdut koplo tak selalu identik dengan daerah pinggiran. Melalui event musik ini, pihaknya menargetkan penonton dari wilayah Jabodetabek.

"Yang beli ada juga dari Sukabumi, Bandung, dan Cirebon," ungkap Rey.

Melihat antusiasme yang besar pada dangdut koplo, pihaknya mengusung konsep unik di event ini dengan mendedikasikan penampilan penuh dari penampil dangdut koplo. Konsep itu terbentuk dari kreativitas dan juga strategi di media sosial.

Ada sederet penampil yang bakal dihadirkan di Festival Koplo Indonesia. Rey mengatakan acara dua hari ini akan berlangsung dari pukul 14.30 hingga 22.30 dengan satu artis bakal tampil sekitar 50--60 menit.

4 dari 4 halaman

Line-up

Para artis yang bakal tampil pada Sabtu, 29 Juli 2023 meliputi PPKM, Diskoplo, El Corona, Fitri Carlina, Siti Badriah, Om Leo Berkaraoke feat. Tuty Wibowo, Ikke Nurjanah, Wika Salim, Aftershine, dan NDX AKA. Sedangkan pada Minggu, 30 Juli 2023 bakal dimeriahkan oleh Sandrina, Duo Anggrek, Kalia Siska, Iyeth Bustami, DJ Tessa Morena, MR.Jono&Joni, Happy Asmaran, Guyon Waton, dan Ndarboy.

"Ada festival ini sebuah kebanggaan buat saya pribadi karena dangdut dihargai sampai ada festival ini. Senang bisa dikasih kepercayaan untuk hadir di acara ini," kata Siti Badriah.

Pada kesempatan yang sama, Fitri Carlina turut menyampaikan rasa bahagiannya dapat terlibat dalam event musik ini. "Festival yang menurut aku memberi penghargaan tersendiri pada dangdut koplo. Misi kita InsyaAllah ingin menggaungkan dangdut nasional dan internasional," terangnya. "Setelah ini ketemu band aku, kita meeting besar dan bikin aransemen beda dari show sebelumnya."

Sementara, Wika Salim juga menyebut dirinya senang berada di antara line-up di festival ini. Ia juga menyampaikan bangga karena musik dangdut kian meluas pecintanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini