Sukses

Cai Xukun Buka Suara Soal Tuduhan Lakukan Pelecehan Seksual dan Paksa Kekasihnya Aborsi

Bagi Cai Xukun, masalah tuduhan pelecehan dan memaksa aborsi ini adalah pelajaran menyakitkan untuknya.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan lantaran aktor Tiongkok Cai Xukun diduga melakukan pelecehan seksual. Ia bahkan dituduh pernah menghamili tiga orang perempuan sebelum skandal dengan perempuan berinisial C tersebar.

Cai Xukun bahkan juga dituding memaksa mereka untuk melakukan aborsi hingga pernah menjalin hubungan dengan anak di bawah umur. Meski sempat bikin heboh, Cai Xukun belum kunjung angkat suara tentang tuduhan tersebut.

Setelah beberapa pekan, pria berusia 24 tahun itu akhirnya buka suara. Dilansir dari South China Morning Post, Minggu (16/7/2023), Cai Xukun melakukan klarifikasi soal tuduhan yang dilayangkan padanya lewat aku media sosial resminya di Weibo.

Ia mengatakan hubungannya dengan C hanya sebatas sahabat dan membantah telah memaksa melakukan aborsi.Cai Xukun mengakui bahwa saat dia dan C dulu berkencan, hubungan mereka berakhir dua tahun lalu dan masalah pribadi mereka diselesaikan di antara mereka.

"Hubungan antara C dan saya adalah konsensual... Tidak ada yang namanya 'wanita di bawah umur' atau 'aborsi paksa'. Itu tidak melibatkan aktivitas ilegal," tulis Cai Xukun di Weibo."Saya memohon media independen yang relevan untuk tidak menyebarkan atau mempercayai rumor yang ramai beredar tapi diragukan kebenarannya." tambahnya.

Bagi Cai Xukun, masalah ini adalah pelajaran menyakitkan untuknya. Selama dua tahun terakhir, ia mengaku selalu menyesali dan menyalahkan diri sendiri. Ia ingin meminta maaf kepada penggemar, yang sudah mendukung dan mempercayai dirinya, juga orang-orang yang melihatnya berkembang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agensi Cai Xukun Bakal Ajukan Tuntutan

"Di masa depan, aku bakal lebih hati-hati terhadap perkataan dan tindakanku, dan lebih perhatian kepada publik dan masyarakat, yang selalu mengawasi langkahku. Di saat bersamaan, aku harap semua bisa menghargai dan melindungi privasi dari orang yang terlibat masalah ini, terutama C," tulisnya lagi.

Selain itu, akun Weibo agensi Cai Xukun juga merilis pernyataan. Mereka berencana menempuh jalur hukum terhadap orang-orang yang melakukan pencemaran nama baik kepada artis mereka.

Pihak agensi sudah mengajukan tuntutan pertama kepada pengadilan untuk orang-orang yang dianggap sudah merugikan Cai Xukun. Mereka juga berharap warganet lebih bijak saat menerima informasi di media sosial serta lebih menghargai privasi orang lain.

Setelah skandal Cai Xukun tersiar, sejumlah brand menarik kerja sama dengannya. Hal ini terjadi karena meningkatnya opini publik soal kasus ini yang berisiko terhadap brand-brand terkait. Namun belum ada informasi resmi mengenai brand apa saja yang sudah tidak maupun yang masih bekerja sama dengan Cai Xukun, termasuk Prada yang kabarnya tetap menjadikannya sebagai salah satu brand ambassador mereka.

 

3 dari 4 halaman

Debut Cai Xukun di Met Gala

Pria yang akrab disapa Kun ini melakukan debut di Met Gala di ajang Met Gala 2023 mewakili Prada sebagai duta merek China. Kun memulai kariernya di industri hiburan pada 2012 ketika ia tampil di variety show Up Young! dan melakukan debut aktingnya pada Agustus di tahun yang sama dalam drama Half A Fairytale.

Ia mencatat debut musiknya sebagai anggota grup SWIN setelah program kolaborasi Korea-Tiongkok Super Idol berakhir. Tapi, Kun mengajukan gugatan untuk mengakhiri kontraknya pada 2017, yang akhirnya menang pada 2019.

Sementara gugatan ini berlangsung, Cai Xukun bergabung dengan acara survival Idol Producer sebagai trainee independen dan memulai debutnya sebagai center dan leader dari tim pemenang Nine Percent. Selama berada di grup, ia mendirikan studio pribadi, merilis mini album pertama, 1, pada Agustus 2018, menampilkan lagu utama, Pull-Up.

Usai Nine Percent bubar pada 2019, Cai Xukun terus bekerja sebagai artis solo, bahkan bergabung dengan musim terbaru Idol Producer sebagai mentor bersama Lisa BLACKPINK. 

 

4 dari 4 halaman

Cai Xukun dan Prada

Album full pertamanya dirilis pada 2021, menyusul beberapa single yang dirilis sepanjang tahun 2020. Selain kariernya sebagai entertainer, Kun juga telah mencatat namanya di industri fesyen dan barang mewah, dinobatkan sebagai duta merek untuk Levi, Givenchy Beauty, dan Jo Malone. Kolaborasi terbarunya adalah dengan merek GENTLE MONSTER, yang mengumumkan bahwa ia akan bekerja sebagai sutradara untuk proyek Crystal Clear mereka.

Sebelum ke Met Gala 2023, Cai Xukun sudah lebih dulu menghadiri show Prada di Milan Fashion Week, lapor Jing Daily. Menurut platform pemasaran influencer Lefty.io, Kun menarik 3,6 juta dolar AS dalam bentuk EMV (perolehan nilai media) untuk Prada di kesempatan itu.

Pada Januari 2023, Prada juga menandai awal tahun dengan kampanye Memories of Beauty, yang merayakan memori dan berbagi momen bahagia terkait Tahun Baru Imlek dengan menggandeng sejumlah bintang Tiongkok, termasuk Kun yang sebelumnya merupakan wajah ikonis kampanye Prada 520 dan Tahun Baru Imlek Prada 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.