Sukses

Tuai Simpati di Squid Game, Anupam Tripathi Jadi Bulan-bulanan Warganet di Drakor King the Land

Drakor King the Land diterpa kontroversi setelah menggambarkan pangeran Arab yang diperankan Anupam Tripathi sebagai tukang mabuk dan main perempuan. Warganet juga memprotes kebangsaan Anupam yang seorang warga India.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pencapaian rating tinggi, drama Korea berjudul King the Land kini diterpa kontroversi. Drakor yang dibintangi Junho 2PM dan YoonA SNSD dikritik pedas warganet karena peran Pangeran Arab.

Dalam episode 7 dan 8, aktor Squid Game Anupam Tripathi muncul memerankan pangeran Arab bernama Samir. Dia digambarkan sebagai mantan teman sekolah Gu Won di luar negeri yang diperankan Junho. Mengingat Pangeran Samir disebut sebagai salah seorang terkaya di dunia, ketika tersiar kabar dia akan bepergian ke Korea Selatan, Hotel King milik Gu Won tak mau kalah dari pesaingnya.

Mereka berusaha menarik hati si pangeran Arab agar bersedia menginap di tempat mereka. Pangeran Samir itu digambarkan tidak hanya lucu, tetapi juga berperan sebagai 'pemeran utama kedua' segera setelah bertemu dengan Sa Rang yang diperankan YoonA. Dia jatuh cinta pada si tokoh utama dan membanjirinya dengan perhatian.

Pangeran Samir bahkan melamar Sa Rang. Tindakan itulah yang memotivasi Gu Won untuk menyatakan perasaannya kepada Sa Rang setelah kepulangan Pangeran Samir.

Mengutip Koreaboo, Selasa (11/7/2023), penggemar drakor sebagian menyambut bahagia Anupam Tripathi kembali ke layar kaca. Apalagi, perannya sebagai Ali yang berakhir menyedihkan di Squid Game begitu membekas untuk banyak penonton. Beberapa bahkan menikmati karakternya di King the Land.

Namun, sebagian lainnya tak suka. Mereka memprotes penggambaran pangeran Arab yang problematik itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakter Pangeran Arab di King the Land

Menurut banyak penonton, karakter Pangeran Arab yang sebelumnya bertujuan untuk menghibur, justru terkesan 'menghina' orang Arab. Ya, Pangeran Samir ditampilkan sebagai pria tukang mabuk dan main perempuan. Itu bukan representasi yang diinginkan siapapun.

Selain itu, beberapa penonton merasa tersinggung karena karakter Arab diperankan oleh aktor non-Arab. Anupam Tripathi adalah orang India. Jadi, jika karakter Arab disertakan, mereka menginginkan casting otentik dan penggambaran non-stereotip.

Akibatnya, banyak kebencian diarahkan kepada Anupam Tripathi sejak episode tersebut ditayangkan. Unggahan Instagramnya dipenuhi komentar warganet yang tidak senang menuntut permintaan maaf atas perannya.

Tapi, banyak komentar pedas di Instagram sang aktor kini malah mengarah ke rasisme. Di lautan bendera, muntah, dan emoji jari tengah juga ada emoji gorila, monyet, dan sapi.

Demikian pula, pemirsa telah meminta permintaan maaf dari JTBC. Tim produksi sebelumnya telah merilis pernyataan melalui SPOTV News sebagai tanggapan. Mereka menulis, "Semua karakter, area, dan nominasi yang muncul dalam drama adalah karya fiksi. Kami tidak pernah menentukan negara asal pangeran."

Namun, respons itu membuat netizen semakin geram.

 

3 dari 4 halaman

Profil Anupam Tripathi

Dilansir dari The Hindustan Times, Jumat, 1 Oktober 2021, Anupam sudah berkecimpung di berbagai proyek drama sebelum Squid Game. Ia mendapat sejumlah peran kecil dalam beberapa film dan drama Korea. Beberapa di antaranya dibintangi Song Joong Ki: Descendants of The Sun, Arthdal Chronicles, dan Space Sweepers.

Dalam Descendants of the Sun, ia muncul di episode keenam sebagai orang yang terluka dalam gempa bumi. Sementara di film Space Sweeper, ia berperan sebagai asisten sang antagonis di film ini, James Sullivan.

Diwartakan India Times, pria 32 tahun ini lahir di India tapi pindah ke Korea Selatan pada 2010. Seorang sahabatnya merekomendasikan agar ia mencari beasiswa dari Korea National University of Arts (KARTs). "Aku menghabiskan 10 tahun di Korea sebagai mahasiswa dan aktor teater dengan pikiran untuk terus teguh setiap harinya," ujarnya kepada Yonhap News.

Awalnya, keluarganya tak setuju dengan keinginan Anupam menjadi aktor. "Ayahku, yang datang dari keluarga kelas menengah di India, berkata bahwa aku harus belajar dan mencari kerja serta mendapatkan uang," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Squid Game 2 Dinantikan

Sementara King the Land dibelit kontroversi, serial Squid Game Season 2 sedang diantisipasi publik untuk tayang paling cepat pada 2024. Serial yang menjadi tayangan paling banyak disaksikan di Netflix ini hadir dalam Season 2 dan menjanjikan berbagai kompetisi yang epik.

Pada musim pertamanya, Squid Game berfokus pada sejumlah orang yang diundang ke sebuah game kompetitif bertaruh nyawa, Squid Game. Kompetisi-kompetisi berupa permainan tersebut sangatlah rahasia dan mempertaruhkan nyawa masing-masing peserta.

Uniknya, para peserta yang mulanya takut dan keluar dari game bertaruh nyawa tersebut, justru kembali ke game agar bisa mendapatkan uang, demi menyelesaikan permasalahan finansial di dunia. Nyawa mereka pun jadi taruhannya. Di serial Netflix tersebut kehidupan para pemain Squid Game digambarkan punya beban finansial besar sehingga bertaruh nyawa itu jadi tiket emas para pemenang agar bisa keluar dari jerat permainan dan menjalani hidup normal.

Saat pengumuman pemeran untuk serial ini, terungkap sejumlah informasi menarik tentang satu karakter yang nasibnya tidak diketahui di musim pertama. Karakter tersebut adalah Jun Ho yang ditembak oleh saudara laki-lakinya karena polisi tersebut berhasil mengungkap keberadaan gim yang lagi kalah.

Meski ada pemikiran Jun Ho telah mati, karakter Jun Ho yang diperankan Wi Ha Jun kembali di Season 2. Bisa jadi, kisah tentang nasib Jun Ho ini bakal jadi sebuah alur cerita atau kilas balik yang dipakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.