Sukses

Kronologi Hwasa Mamamoo Dilaporkan ke Polisi karena Gerakan Tarian Dianggap Vulgar di Acara Kampus

Hwasa Mamamoo, rapper asal Korea Selatan dilaporkan ke polisi karena gerakan tarian yang dianggap vulgar saat tampil di sebuah kampus. Saat itu ia diundang jadi salah satu bintang K-pop top di acara Sungkyunkwan University Festival.

Liputan6.com, Jakarta - Hwasa Mamamoo, rapper asal Korea Selatan dilaporkan ke polisi karena gerakan tarian yang dianggap vulgar saat tampil di sebuah kampus. Hal itu bermula dari sebuah festival yang diadakan sebuah universitas di Korea Selatan yang mengundang bintang K-pop top di acara tersebut.

Mengutip dari laman Asia One, Selasa, 11 Juli 2023, lineup bertabur bintang untuk acara Sungkyunkwan University Festival di dalamnya termasuk girl group Itzy dan Ive, Psy dan Lee Hyo-ri. Tapi penampilan Hwasa dari anggota Mamamoo-lah yang paling banyak membuat heboh. 

Pada 12 Mei, penyanyi berusia 27 tahun itu menampilkan medley lagu Mamamoo dan lagu solonya "Don't" dengan juga menampilkan rapper Loco. Selama sesi yang terakhir, Hwasa berjongkok di atas panggung dan membuat gerakan menjilati tangannya dan membawanya ke selangkangannya.

Pertunjukan tersebut direkam untuk reality show Dancing Queens on the Road. Rekaman dari kamera terpotong saat itu untuk menunjukkan reaksi kaget penonton terhadap gerakan yang bersifat vulgar.

Namun penampilan lengkapnya dibagikan oleh saluran fancam K-pop dan menjadi viral, hingga menyebabkan kegemparan. Pada 10 Juli, Hwasa dilaporkan oleh media Korea Selatan Chosun Ilbo bahwa asosiasi orang tua telah mengajukan pengaduan polisi terhadap Hwasa atas penampilannya. 

"Gerakan Hwasa menunjukkan perilaku seksual menyimpang dan cukup membuat malu dan malu publik yang menyaksikannya," kata pengaduan itu.

Pihak pengadu mengatakan, "Karena gestur itu tidak sesuai dengan konteks koreografi, maka itu tidak bisa diinterpretasikan sebagai seni pertunjukan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Akan Panggil Hwasa

Polisi Seongdong di Seoul mengkonfirmasi kepada media, "Setelah memeriksa insiden tersebut, kami berencana memanggil terdakwa untuk penyelidikan jika diperlukan."

Ia melanjut, "Manajemen P Nation Hwasa menjawab bahwa mereka akan melihat fakta dulu secara internal."

Mengutip dari laman Kapan Lagi, Selasa (11/7/2023), Hwasa yang bernama asli Ahn Hye-Jin lahir 23 Juli 1995 dan kini berumur 25 tahun. Kini ia lebih dikenal dengan mononim Hwasa sebagai penyanyi dan rapper Korea Selatan.

Ia diketahui menandatangi kontrak di bawah Rainbow Bridge World. Dia adalah sub-vokalis dan lead rapper dari Mamamoo.

Dia menjadi terkenal sebagai anggota girl grup Mamamoo pada tahun 2014. Pada 2018, Hwasa merilis "Don't" dengan rapper Korea Loco dan memulai debutnya sebagai artis solo pada Februari 2019, dengan lagu "Twit", keduanya menduduki puncak Tangga Lagu Gaon. Selanjutnya pada 2020, Hwasa memulai debutnya sebagai bagian dari Refund Sisters, dengan single "Don't Touch Me", yang mencapai nomor satu di Korea Selatan.

3 dari 4 halaman

Jadikan Beyonce Sebagai Inspirasi

Pada tahun 2023, Hwasa keluar dari RBW, dan menandatangani kontrak dengan P Nation. Diketahui dia lulus dari SMA Seni Informasi Wonkwang.

Mengutip dari laman KH Music, Hwasa sering mengutip Beyoncé sebagai inspirasi musiknya. Ia menyatakan bahwa setelah mendengar seseorang mengatakan bahwa dia unik dan pandai menyanyi meski gemuk dan tidak cantik, lalu pulang ke rumah dan menonton video penampilan Beyoncé sepanjang malam untuk menghibur dirinya sendiri.

Bahkan sebelum debutnya di K-pop, sejumlah artis Korea Selatan termasuk artis Solbi dan band Standing Egg mengenali bakatnya dan menampilkannya di lagu mereka saat dia berusia 18 tahun. Pada Maret 2020, Hwasa berkolaborasi dengan penyanyi Inggris Dua Lipa untuk sebuah remix dari "Physical" milik Lipa yang menampilkan lirik berbahasa Korea.

Cukup membanggakan bukan? Pada April 2020, Hwasa bergabung dengan jajaran soundtrack asli dari drama Korea The King: Eternal Monarch dan akan merilis lagu soundtrack solo pertamanya, berjudul "Orbit."

4 dari 4 halaman

Jadi Bintang Iklan di Korea Selatan

Hwasa telah muncul di daftar Korea Power Celebrity 40 yang menempati urutan ke-26 pada tahun 2019. Bahkan ia ditampilkan oleh Forbes dalam daftar 30 Under 30 Asia pada 2021.

Dia menduduki peringkat ke-16 sebagai idola K-pop paling populer di tahun 2018 dan ke-9 di tahun 2019 dalam survei tahunan yang dilakukan oleh Gallup Korea. Selain itu, ia menduduki peringkat ke-9 dalam survei tahunan Gallup Korea's Singer of the Year pada tahun 2020 di bawah kategori yang dipilih oleh responden dalam kelompok usia 13 hingga 39 tahun.

Hwasa juga kadang-kadang menempati posisi pertama di "Peringkat Kekuatan Merek Anggota Grup Wanita Individu" bulanan Institut Penelitian Bisnis Korea. Penampilan Hwasa di reality show I Live Alone dan Let's Eat Dinner Together bahkan telah dipuji karena memengaruhi kebiasaan restoran, resep makanan, dan peningkatan penjualan makanan serta aksesori terkait di Korea Selatan.

Di Korea Selatan Hwasa sangat terkenal hingga jadi bintang iklan. Pada September 2022, Hwasa bersama dengan Kai EXO menjadi duta merek untuk merek kesehatan dan kecantikan Korea Selatan, Olive Young.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.