Sukses

Ragam Tampilan Glamor Jemaah Asal Bugis Makassar Saat Pulang Haji, Benarkah Tradisi?

Jemaah haji kloter pertama telah pulang ke Indonesia beberapa waktu lalu. Salah satu yang menjadi perhatian adalah penampilan glamor jemaah haji asal Bugis Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji kloter pertama telah pulang ke Indonesia beberapa waktu lalu. Salah satu yang menjadi perhatian adalah tampilan sejumlah perempuan jemaah haji asal Bugis Makassar. 

Hal tersebut dibagikan di lini massa TikTok, salah satunya oleh akun @muhammadalim97. Terlihat bagaimana persiapan jemaah haji asal Bugis Makassar sesaat akan mendarat di Tanah Air. Mereka sudah berganti baju sejak di dalam pesawat dengan warna meriah dan kerudung berenda warna-warni yang kemungkinan dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Tak hanya itu, sebagian besar juga mengenakan perhiasan yang dibeli di Makkah sehingga terlihat sangat glamor. Seorang jemaah haji asal Makassar bernama Suarnati bahkan sempat viral karena memamerkan emas 180 gram saat pulang haji. Ia mengaku membeli emas 100 gram di Makkah, sementara 80 gram lainnya dibawa dari Indonesia.

Menurut Suarnati, penampilan glamor itu erupakan tradisi ketika pulang haji dari Tanah Suci Makkah. Pada video lain yang diunggah akun TikTok @photoaja88, dalam sebuah wawancara Suarnati ditanya menghabiskan uang berapa untuk emas tersebut. "Ratusan juta," jawab Suarnati singkat.

Setelah tiba di Indonesia, Surnati mengaku senang sekali telah selesai menunaikan ibadah haji. Meski fisiknya lelah setelah menempuh penerbangan 12 jam dari Makkah, ia bangga karena bisa menjalankan rukun Islam ke-5 setelah mendaftarkan diri untuk berhaji sekitar 13 tahun lalu. Kebahagiaannya ditunjukkan lewat penampilan yang serba berkilau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sindiran Warganet

Namun, warganet tak semua sepakat setelah melihat video tersebut. "Ya Allah pulang haji atau mau festival busana, alangkah baiknya pergi dengan penampilan sederhana pulang pun penampilan sederhana," tulis seorang warganet.

"Nggak mau komen sembarangan. Pak bu ibu di video ini sudah menunaikan rukun Islam, saya belum. Mereka istimewa, tamu Allah di haji tahun ini. Semoga mabrur," sambung yang lain.

"Yang jilbab abu-abu semoga haji mabrur," doa warganet.

"Semoga kita diberikan lagi lebih banyak ilmu menutup aurat. Terutama yang pulang dari haji," kata warganet.

"Salam ibu yang berhijab syar'i," warganet menulis lagi.

"Saya Bugis.. semoga nanti kalau ada rejeki berangkat haji.. pulangnya tetap pakai hijab syar'i," doa warganet untuk dirinya.

"Kayaknya cuma satu aja deh yang hajinya mabrur. Ibu yang berkerudung panjang MasyaAllah gak ikut-ikut tren, sederhana sekali memang contoh seorang muslimah," warganet lainnya menimpali. 

3 dari 4 halaman

Bawa Oleh-Oleh Emas dari Tanah Suci

Mengutip dari kanal Otomotif, Liputan6.com, 7 Juli 2023, Mira Hayati, jemaah haji asal Makassar, Sulawesi Selatan viral di media sosial karena membawa oleh-oleh emas seberat satu kilogram dari Tanah Suci. Informasi dibagikan langsung Mira Hayati melalui unggahan akun TikToknya @mirahayati91 beberapa hari lalu. 

Mira Hayati membeli kalung emas di sebuah toko perhiasan. Kalung emas tersebut langsung dicoba di toko emas. "Assalamualaikum, Alhamdulillah hari ini kita beli emas lagi. Mau borong semuanya, masyaAllah Tabarakallah," sebut Mira Hayati dalam video di TikToknya, saat mencoba kalung emas tersebut.

Dikutip dari kanal Tekno Liputan6.com, Mira Hayati kembali memamerkan pembelian emas lainnya di sebuah toko perhiasan pada video yang lain. Terlihat wanita asal Makassar tersebut melakukan pembayaran untuk emas dengan total Rp366 jutaan.

"Alhamdulillah koleksi baru lagi, MasyaAllah Tabarakallah kita beli di Jeddah, ini totalnya 91.500 (real) berarti kalau dirupiahkan ini totalnya Rp 366 juta. Alhamdullillah," kata Mira Hayati. 

4 dari 4 halaman

Kerap Pamer Barang Mewah

Sumber lain mengungkap, Mira Hayati juga mengatakan, dirinya juga membeli oleh-oleh emas untuk keluarga. Adapun emas oleh-oleh tersebut dalam bentuk gelang, kalung, dan cincin yang dibelinya dengan total Rp 1 miliar. 

Angka tersebut tentu terbilang fantastis karena bisa membeli mobil-mobil keluaran terbaru seperti Toyota Yaris Cross. Varian terendah Yaris Cross saja dibanderol Rp 351 juta berstatus on the road Jakarta. Dengan uang Rp 1 miliar nyaris bisa membeli 3 unit Yaris Cross dengan total nominal Rp 1,053 miliar. 

Sementara itu mengutip Merdeka.com, Mira Hayati merupakan seorang sosialita yang suka bergaya hidup mewah dan dipamerkan melalui media sosial. Barang-barang mewahnya seperti tas emas hingga perhiasan mewah dan lain-lain kerap dia unggah di akun media sosial.

Sebelumnya, Mira Hayati pernah memamerkan tas emas seharga Rp553 juta dan jadi sorotan warganet. Dikutip dari akun TikTok dan Instagramnya, Mira Hayati sering kali mengenakan pernak-pernik berbahan dasar emas.

Mulai dari aksesori gelang, kalung, dan cincin hingga baju dibalut dengan emas kerap dikenakan oleh Mira Hayati. Dia diketahui memiliki hobi sebagai kolektor emas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini