Sukses

Influencer Eksis Pakai Tongsis Saat Tawaf di Makkah, Disindir Warganet Hanya Peduli Konten

Seorang influencer mendapati kritik pedas warganet karena mengabadikan momen tawaf di Masjidil Haram, Makkah sambil menunjukkan cara kerja sebuah produk kamera.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang influencer mendapati kritik pedas warganet karena mengabadikan momen tawaf di Masjidil Haram, Makkah. Ia memutari Kakbah sambil menunjukkan cara kerja sebuah produk kamera. 

"Bismillah buat manifesting kalian biar bisa tawaf langsung di sini juga," tulis wanita bernama Nurmalita Dewi itu lewat akun pribadinya @nurmalitadwwii sambil menyematkan akun sebuah agen perjalanan, dikutip Jumat, 7 Juli 2023. 

Tampak dalam video tangan kirinya memegang tongsis, sementara tangan kanannya sibuk merekam dirinya yang sedang tawaf. Memang jemaah lainnya tampak tak begitu peduli dengan aksinya merekam karena mereka sibuk membaca doa, tapi tak sedikit juga yang meliriknya saat sedang memakai tongsis.

Sebagaian warganet pun menyindirnya hanya peduli membuat konten hingga harus merekam di saat orang sedang khusyuk. "Sampai disinggung imam besar di sana, kalau jemaah asal Indonesia itu cuma fokus konten bukan untuk ibadah," tulis seorang warganet. 

"Maaf mau tanya, apa cuma rakyat Indonesia yang pergi ibadah ke Tanah Suci buat ngonten biar dapet pengakuan? Rakyat di negara lain apa juga begini?" tanya seorang warganet.

"Kayak kalau foto atau bikin video disela ibadah masih masuk akal buat kesenangan, tapi ini lagi tawaf? Ibadahnya sedang berlangsung? Istigfar deh gue," sambung warganet lainnya.

"Nggak bisa ngambil sisi positifnya walau hal itu tujuannya baik. Tapi inget, salah satu omongan syekh di Arab yang bilang orang Indonesia ke Mekah cuma buat konten doang jadi berasa mikir, ngapain sih segalanya yang namanya ibadah harus dikontenin," tanggapan yang lain.

"Bisa-bisanya yang dibawa bukan buku-buku panduan ibadah tapi tongsis. hmmmm," kata warganet menyindir terang-terangan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembuat Konten Merespons Warganet

Sejak mengunggah video tersebut di platform media sosialnya yang diunggah ulang akun lainn, Nurmalita yang dikritik pedas warganet justru tak terlalu menghiraukan. Sebab di Insta Story dia mengunggah bahwa warganet di TikTok justru banyak yang mendukung konten tersebut.

"Perbedaan komentar warga TikTok," tulisnya sambil memperlihatkan ke pengikutnya.

Warganet TikTok sebagian mengamini agar bisa pergi ke Makkah setelah melihat video tawaf tersebut. Sebagian juga berterima kasih dengan video yang dibuatnya. 

Selain itu ada pula yang meledek karena kena sasaran makian warganet,"Akhirnya ngeliat @nurmalitadewii didzolimi nitizen lagi setelah sekian lama drama perypan ini."

"Lolololo komennya mantap sekali. Kan itu niatan emang kerja sambil stock shot buat jualan dan syiar. Gua sebagai videografer yang udah beberapa kali ngeshoot moment umroh bisa bisa aja tuh khusyuk. Sambil ngeshoot sambil doa sambil nangis. Ngeshoot cuma putaran awal-awal aja. Stock shootnya udah dapet ganti fokus ke ibadah," bela yang lain.

3 dari 4 halaman

Sindiran Imam Masjidil Haram

Video imam besar Madinah Syekh Sulaiman Ar-Ruhaili yang menyindir jemaah haji dan umrah asal Indonesia kembali viral di media. Sebelumnya, dia memang pernah melontarkan kritik yang menyebut bahwa jemaah Indonesia kebanyakan suka melakukan swafoto.

Mengutip dari laman Merdeka, 4 Mei 2023, tindakan itu banyak dilakukan ketika mereka sedang ibadah di masjid Nabawi. Tentu saja momen ini kembali menjadi sorotan publik setelah diunggah salah satu pengguna akun TikTok.

Momen ini terekam pada video beberapa waktu lalu tepatnya tahun 1437 Hijriah. Tapi saat ini kembali viral dan mencuri perhatian publik usai diunggah kembali oleh akun Tiktok @edy_hermawan89.

"Memalukan!!!! Imam masjid madinah sindir jamaah asal Indonesia tukang bohong, ibadah cuman buat selfie," tulis keterangan pengguna akun di unggahannya.

Guru besar Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah ini mengatakan jika para jemaah itu tidak benar-benar berdoa ataupun menyimak khotbah. Mereka sengaja meminta tolong kepada rekannya untuk difoto seolah-olah sedang berdoa. Syekh Sulaiman bahkan berulang kali mempraktikkan gaya jemaah yang gemar berselfie.

 

 

4 dari 4 halaman

Viral Waria Pakai Hijab Saat Umroh

Mengutip dari kanal Islami, 13 Mei 2023, jagat maya sempat dibikin heboh saat seseorang diduga waria yang memakai jilbab atau hijab saat umroh. Dia adalah artis Isa Zega, yang diketahui merupakan bekas manajer Lucinta Luna.

Tak usah menunggu lama, aksi pakai hijab di tempat ibadah itu pun menuai berbagai komentar warganet. Bahkan ada pula yang merundung transgender yang dikenal pula dengan sebutan Mami Isa tersebut.

Selebgram yang diduga seorang transgender itu mengenakan pakaian layaknya perempuan. Isa Zega memakai hijab, cadar, serta gamis panjang hitam saat melaksanakan beribadah di Tanah Suci.

Tindakan Isa Zega tersebut sempat memicu pro dan kontra dari publik. Tetapi ia membantah semua tudingan dari warganet.

Menanggapi video dan foto orang diduga transgender ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan angkat bicara. Mengutip laman MUI, DR KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA dalam komentarnya menjelaskan apa yang dilakukan Isa Zega jadi hal yang tidak dibenarkan dalam Islam.

"Jika ia seorang laki-laki maka harus berpenampilan ke kodratnya sebagai seorang lelaki," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini