Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kasus Inses di Banyumas Jadi Cerita Tragis, di Bukittinggi Masih dalam Penyelidikan

Top 3 berita hari ini mengenai kasus inses di Banyumas yang jadi cerita tragis, pemuda yang nekat pergi haji hingga fakta tentang Palau di Samudera Pasifik yang dekat dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini yang pertama mengenai istilah incest atau inses kini sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan kasus inses ini sedang ramai dibicarakan publik baik di media sosial maupun di dunia nyata. Inses sendiri adalah hubungan sedarah atau memiliki ikatan keluarga (kekerabatan) yang dekat.

Kasus inses ini dikabarkan baru saja terungkap di Banyumas, Jawa Tengah. Saat masih berusia 13 tahun ketika Linda, bukan nama sebenarnya, melahirkan bayi pertamanya. Kini, 12 tahun kemudian, terungkap setidaknya ada empat bayi yang ia lahirkan dan dikubur di sebidang tanah di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas.

Selanjutnya berita kedua yang paling banyak dibaca adalah tentang pemuda asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur, nekat pergi haji dengan mengendarai sepeda motor disusul kapal laut. Meski tak masuk rombongan haji Indonesia tahun 2023, pemuda yang berprofesi sebagai pemandi jenazah ini bisa menunaikan ibadah haji bersama jutaan umat Muslim dari berbagai belahan dunia.

Dengan motor kesayangannya, pemuda bernama Ahmad Muhbitin ini nekat berangkat haji ke Arab Saudi. Muhbitin memang tidak menempuh haji dengan cara yang biasa. Ia tak mendaftar ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sebagai jemaah haji, sebagaimana masyarakat Indonesia pada umumnya.

Berita ketiga yang paling banyak dibaca adalah tentang Palau di Samudera Pasifik. Palau sangat dengat dengan Indonesia, tepatnya negara berbentuk republik ini berada di bagian barat Samudra Pasifik atau terletak tepat di sebelah utara pulau-pulau Provinsi Papua Barat. Selanjutnya di top 3 berita hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Inses di Banyumas Jadi Cerita Tragis, di Bukittinggi Masih dalam Penyelidikan

Kasus inses sedang ramai dibicarakan publik baik di media sosial maupun di dunia nyata. Inses sendiri merupakan hubungan sedarah atau memiliki ikatan keluarga (kekerabatan) yang dekat,

Kasus inses ini dikabarkan baru saja terungkap di Banyumas, Jawa Tengah. Saat masih berusia 13 tahun ketika Linda, bukan nama sebenarnya, melahirkan bayi pertamanya.

Kini, 12 tahun kemudian, terungkap setidaknya ada empat bayi yang ia lahirkan dan dikubur di sebidang tanah di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas. Ketika itu, pemilik tanah, Prasetyo Tomo (42), mempekerjakan enam orang untuk menguruk sekaligus membersihkan tanahnya. Tanah yang ia beli pada Maret 2023 itu semula kolam. 

Tanpa diduga, cangkul seorang pekerja bernama Slamet yang menancap ke dalam tanah menyangkut kain yang berisi tulang belulang. Setelah bungkusan kain dibuka, ternyata itu tulang manusia. Para pekerja itu semula hendak membuang tulang itu ke Kedung Malang, ceruk Sungai Banjaran persis di sebelah bidang tanag itu. 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Pemandi Jenazah dari Gresik Nekat Pergi Haji Naik Motor Disambung Kapal Laut, Tak Jadi Rombongan Jemaah Haji Indonesia

Seorang pemuda asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur, nekat pergi haji dengan mengendarai sepeda motor disusul kapal laut. Meski tak masuk rombongan haji Indonesia tahun ini, pemuda yang berprofesi sebagai pemandi jenazah ini bisa menunaikan ibadah haji bersama jutaan umat Muslim dari berbagai belahan dunia.

Dengan motor kesayangannya, pemuda bernama Ahmad Muhbitin ini nekat berangkat haji ke Arab Saudi. Muhbitin memang tidak menempuh haji dengan cara yang biasa. Ia tak mendaftar ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sebagai jemaah haji, sebagaimana masyarakat Indonesia pada umumnya.

Alasannya cukup sederhana, yakni ia tak mau antre lama dan menghemat uang. Dimulai dengan perjalanan darat bersama motor kesayangannya, ia nekat melaju sendirian ke Arab Saudi. Perjalanannya dimulai dengan berpamitan pada keluarga dan para tetangga di kampung halamannya pada Mei 2023.

Negara pertama yang dilewatinya adalah Malaysia. Merasa perjalanannya cukup memakan waktu lama, ia memperkirakan tak akan sampai tepat waktu saat puncak haji nantinya.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Negara Palau di Samudera Pasifik, Tetangga Indonesia Dekat dari Papua Barat

Palau merupakan negara di Samudera Pasifik bagian barat. Wilayahnya terdiri dari sekitar 340 pulau karang dan vulkanik yang bertengger di Pegunungan Kyushu-Palau.

Kepulauan Palau yang juga dieja Belau atau Pelew terletak di sudut barat daya Mikronesia, berbatasan dengan Guam di timur laut, Nugini di selatan, dan Filipina di sebelah barat. Palau sangat dengat dengan Indonesia, tepatnya negara berbentuk republik ini berada di bagian barat Samudra Pasifik atau terletak tepat di sebelah utara pulau-pulau Provinsi Papua Barat.

Mengutip dari laman Britannica, Senin, 16 Juni 2023, Palau merdeka pada 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau memiliki 250 lebih pulau, namun hanya 8 yang berpenghuni sebagai pulau utamanya.

Pulau-pulau berpenduduk utamanya antara lain Babelthuap (Babeldaob), Koror, Malakal, Arakabesan, dan Peleliu. Kepulauan Kayangel yang jarang penduduknya di sebelah utara Babelthuap dan pulau karang Angaur, Sonsorol, Pulo Anna, dan Tobi yang terangkat di selatan Peleliu terletak di luar sistem karang penghalang yang dimiliki Palau.

Selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.