Sukses

Hotman Paris Bagikan Tips Hadapi Pasangan Selingkuh: Kumpulkan Bukti dan Jangan Langsung Sebar di Media Sosial

Hotman Paris meminta korban selingkuh tidak gegabah saat ingin membongkar perselingkuhan pasangan di media sosial. Jika sampai salah langkah, justru bisa dijerat pasal pencemaran nama baik.

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengaku ikut prihatin atas ramainya kabar sejumlah selebritis, seperti Inara Rusli dan Lady Nayoan, yang mengaku menjadi korban selingkuh pasangannya. Perselingkuhan tak hentinya jadi sorotan setelah sederet nama pesohor Tanah Air terseret.

Nama Inara Rusli dan Lady Nayoan menjadi perbincangan publik karena keduanya membongkar perselingkuhan pasangan mereka lewat unggahan di media sosial. Namun, Hotman Paris memiliki pandangan berbeda yang mungkin layak dipertimbangkan.

Ia menyarankan agar para korban selingkuh tidak gegabah saat ingin membongkar perselingkuhan pasangan di media sosial. Jika sampai salah langkah, bisa saja justru dijerat pasal pencemaran nama baik dan sebagainya.

"Jadi sebelum bertindak, mendingan kumpulin dulu bukti. Kumpulin bukti sebanyak mungkin kalau kau curiga," ungkap Hotman, dilansir dari video unggahan kanal YouTube dr.Richard Lee, MARS, Selasa (27/6/2023).

Menurut Hotman, penting untuk mengumpulkan bukti lebih dulu saat mulai mencium aroma perselingkuhan yang dilakukan pasangan. Bentuknya bisa berupa tangkapan layar percakapan dengan selingkuhan, foto, sampai video. Bukti yang terkumpul nantinya bisa digunakan untuk menempuh jalur hukum hingga memengaruhi opini publik.

"Makanya kalau memang mau tempuh jalur hukum, kumpulkan dulu bukti sebanyak mungkin agar kau bisa berdalih bahwa apa yang saya utarakan ini adalah fakta dan bisa saja hingga memengaruhi opini publik," terangnya lagi.

Hotman menambahkan, bukti perselingkuhan yang dikumpulkan juga bisa dimanfaatkan untuk mematahkan delik pencemaran nama baik, seandainya dituntut oleh pasangan yang selingkuh.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Media Sosial dan UU ITE

Bukan rahasia lagi bahwa siapa saja bisa dengan mudahnya melaporkan dugaan kasus pencemaran nama baik. Hal itulah yang jadi alasan agar setiap orang perlu berhati-hati saat mengunggah apa pun di media sosial.

"Di dalam Undang-Undang ITE sudah ada peraturan pelaksananya SK bersama kapolri, jaksa agung, sama menkominfo yang mengatakan bahwa bukan pencemaran nama baik kalau apa yang dipublikasikan adalah fakta kejadian sebenarnya," tukas Hotman Paris Hutapea.

Unggahan itu mendapat banyak respons positif dari warganet yang memenuhi kolom komentar. "Bang Hotman klo ngejelasin masalah hukum enak dan mudah dimengerti. Dibalik slengeannya dia, tapi kalo ngejelasin masalah hukum jelas banget,” komentar seorang warganet.

"Penjelasan bang Hotman Paris mewakili Inara banget ya,” timpal warganet lainnya.

"Alhamdulillah dapat ilmu dari bang hotman,” kata warganet lainnya.

"Terimakasih dok & pa Hotman,,,, semoga lebih sering2 lagi bikin content edukasi seperti ini ,” tulis warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Hotman Paris Minta Nasihat pada Aa Gym

Meski memberikan tips tentang pasangan yang selingkuh, sebagai manusia biasa Hotman Paris juga mengakui kadang tergoda oleh kecantikan fisik perempuan selain istrinya. Ia pun pernah melontarkan pertanyaan menggelitik seputar perempuan cantik kepada KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Dalam pertanyaannya, Hotman ingin tahu cara agar bisa menghindari godaan dari para perempuan cantik. "Saya ini lagi populer tentu banyak godaan wanita cantik. Itu bagaimana agar tidak tergoda?" tanya Hotman dalam bincang Ramadan virtual pada Rabu 6 April, 2020, melansir kanal Islam Liputan6.com.

Hotman menjelaskan bahwa dia saat ini sudah memiliki seorang istri. Namun di luar rumah, banyak perempuan wanita yang berseliweran. "Kalau menahan godaan seperti ini bagaimana?" kata Hotman kembali mengulang pertanyaannya.

Mendengar pertanyaan dari pengacara kondang berusia 60 tahun itu, Aa Gym langsung tertawa. Ia kemudian mencoba memberikan jawaban kepada Hotman Paris. Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid ini meminta Hotman agar tidak centil lagi di hadapan perempuan cantik. 

4 dari 4 halaman

Saran Aa Gym untuk Hotman Paris

Aa Gym menyarankan Hotman untuk lebih menjaga diri dan mulai melepaskan dari kesenangan duniawi. "Kalau dalam Islam, menghindari godaan bisa menikah sebanyak empat kali dengan catatan bisa adil. Namun, untuk agama lain saya kurang paham," ucapnya.

"Kalau dengan menikah Sah maka terhormat wanita itu tidak seperti tidak dinikahi. Tidak jelas statusnya, tidak dimuliakan dan hak-haknya tidak dihargai. Kalau dalam Islam, kalau siap dan ridho bisa, tapi di luar kemampuan saya kalau aturan di agama abang Hotman," imbuhnya.

Jawaban Aa Gym ternyata belum sepenuhnya memuaskan Hotman. Kali ini pengacara kondang itu meminta tips dari Aa Gym agar bisa menahan diri dari godaan perempuan cantik terlepas dari agama yang dianutnya.

"Tapi maksud saya terlepas dari agama mana pun kita laki-laki ini bagaimana cara ngeremnya terlepas dari agama dulu," tanya Hotman lagi. Aa Gym memberikan jalan keluar bagi Hotman Paris untuk lepas dari godaan, yaitu dengan menjaga pandangan. Hotman diminta tidak jelalatan ke sana ke mari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.