Sukses

Jemaah Haji Mencuci Baju Pakai Air Zamzam Dekat Masjidil Haram, Warganet: Ibu Saya Menangis Lihatnya

Beragam kisah datang dari jemaah haji yang menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Salah satunya tentang seorang ibu jemaah haji yang mencuci baju di dekat Masjidil Haram dengan menggunakan air zamzam.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kisah datang dari jemaah haji yang menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Salah satunya tentang seorang ibu jemaah haji yang mencuci baju di dekat Masjidil Haram dengan menggunakan air zamzam.

Momen tersebut diabadikan dalam sebuah unggahan oleh akun TikTok @erwinismailkohler. Sejak diunggah sepekan lalu, video singkat yang menunjukkan jemaah haji mencuci dengan air zamzam tersebut telah disaksikan lebih dari 5,1 juta kali.

Dalam video berdurasi 29 detik itu, pengunggah merekam jemaah haji itu mencuci dan di sekelilingnya orang-orang hanya membiarkannya. Jemaah haji itu sempat melihat ke kamera ketika dirinya direkam.

"Allahuakbar, inilah yang terjadi setelah melaksanakan ibadah umroh. Jemaah haji perempuan ini mencuci pakaiannya pakai air zamzam ya. Allahuakbar," kata pengunggah video.

Ia melanjutkan, "Nah, kalau kita minum air zamzam sedikit-sedikit. Nah, si ibu ini, air zamzam dipakai mencuci ya."

"Dan ini lokasinya tepatnya di dekat Masjidil Haram, di sebelahnya rumah tempat kelahirannya Nabi Muhammad SAW," tutupnya.

Unggahan jemaah haji mencuci baju dengan air zamzam ini tak hanya disaksikan jutaan kali, tetapi juga ramai dikomentari warganet. Beragam tanggapan mereka tuliskan mengenai aksi yang bikin geleng-geleng kepala itu.

"MasyaAllah. Ibu saya menangis lihatnya Air ZAM ZAM buat Nyuci di sini minum sedikit harus dibagi itupun kalau lagi sakit," tulis seorang warganet.

Komentar tersebut juga ditanggapi warganet lain, "Ya nggak apa-apa di sana air zamzam melimpah, kapan lagi." Warganet lain lantas membalas komentar tersebut, "Tapi kan ada kamar mandi bisa tuh buat nyuci baju airnya aku juga pernah umroh tapi pas nyuci baju ngga pake air zam zam tuh."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jemaah Haji Cuci Baju Saat di Makkah, Bawa Tali hingga Detergen dari Indonesia

Sebelumnya, warganet di media sosial TikTok membagikan video mengenai pengalaman cuci baju di Makkah. Video terbagi dalam tiga segmen itu mengungkap bahwa saat pergi haji masih ada kegiatan mencuci baju yang dilakukan di hotel tempat jemaah menginap.

Video yang dibagikan oleh akun @dindaansaid tersebut bermula dari pertanyaan seorang warganet tentang haji reguler apakah ada tempat mencuci baju. "Sampai hotel di Makkah langsung mencuci. Aku kloter awal yang sampai ke hotel ini," ujar pembuat video, dikutip Sabtu, 10 Juni 2023.

Hotelnya sendiri terdiri atas 11 lantai dan bagian untuk mencuci baju terdapat di lantai paling atas. Salah satu tips yang dibagikan olehnya adalah membawa tali tambang dan gantungan baju untuk menjemur baju. 

"Mesin cuci masih kotor karena pandemi kemarin nggak ada yang haji," sambung pembuat konten.

Ia juga mengatakan kalau di Madina hotel tempatnya menginap tidak menyediakan fasilitas mesin cuci. Sehingga begitu tiba di Makkah ia langsung mencuci baju kotornya selama beberapa hari.

3 dari 4 halaman

Baju Kering dalam 30 Menit

Selain membawa tali tambang, disarankan pula untuk membawa detergen dari Indonesia sebab di Arab Saudi detergen yang dijual tak memiliki busa. Kalau pun ada detergen merek Indonesia harganya akan tiga kali lipat lebih mahal sehingga sebaiknya membawa sendiri.

Hal yang menarik adalah ibu-ibu yang mencuci dan menjemur bajunya di siang bolong ternyata hanya perlu menunggu 30 menit saja. Selain itu saking silaunya, pembuat konten mengaku memakai harus kacamata untuk menghalau teriknya matahari.

"Jangan jemur baju terlalu lama, karena baju rawan hilang atau tertukar dengan jemaah haji lain," ungkapnya dalam video.

Selain itu kalau sedang tidak antre, maka jemaah yang mau mencuci bisa memakai sekaligus tiga mesin cuci agar cepat selesai. Selain ibu-ibu, banyak bapak-bapak yang ikut mencuci baju karena pergi tidak dengan istri.

Warganet pun berkomentar terkait unggahan kegiatan mencuci baju di Makkah. "Alhamdulilah haji tahun 2015, mesin cuci dimasukkan ke dalam kamar mandi dalam kamar jadi nggak usah ke atas untuk cuci baju, kamar mandinya luas," cerita warganet.

4 dari 4 halaman

Trik Unik Jemaah Haji Indonesia Tandai Koper agar Tidak Tertukar, Pakai Sandal hingga Centong Nasi

Ada saja kebiasaan jemaah haji Indonesia saat menunaikan ibadah ke Tanah Suci Makkah. Salah satunya yang unik adalah menandai koper yang wujudnya serupa agar tidak hilang atau tertukar dengan milik jemaah haji lainnya dan memudahkan mereka mengenali saat pengambilan bagasi di bandara.

"Kreativitas jemaah Indonesia di luar nalar, yang buat heran mereka nandain koper hajinya dengan barang-barang yang aneh," ungkap konten kreator di akun TikTok @yukhaji, dikutip Jumat, 23 Juni 2023.

Tampak di video dari deretan koper yang dikumpulkan ada jemaah haji yang menandainya dengan sandal, centong nasi, sampai serabut kelapa. Padahal, di masing-masing koper haji dari travel agent yang mengurus keperluan haji mereka, sudah disertakan lembar identitas pemilik koper. 

"Tapi bagi jemaah itu kurang praktis saat akan mengambil koper di bandara," katanya lagi.

Cara unik tersebut membantu jemaah haji karena dari pihak travel agent biasanya mereka diberikan koper yang sama. Tanda-tanda nyentrik ini ternyata hanya dilakukan oleh jemaah haji asal Indonesia. Jemaah haji dari negara lain tak memakai cara tersebut untuk mengenali kopernya. 

"Selama tak membahayakan penerbangan, tak ada larangan dari panitia haji untuk tanda-tanda unik ini dipasang," sambung sang konten kreator.

Penggunaan tanda unik ini menunjukkan bahwa jemaah haji Indonesia memiliki cara tersendiri untuk memecahkan masalah dengan cara menarik. Bahkan, trik itu membuat petugas bandara Arab Saudi tersenyum simpul karena merasa geli melihat tanda yang dipasang pada koper. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini