Sukses

Warung Mak Beng di Sanur Bali Masuk Tiga Besar Daftar Restoran Legendaris Dunia Versi TasteAtlas

Warung Mak Beng di Sanur Bali masuk daftar restoran legendaris dunia vesri TasteAtlas. Tak tanggung-tanggung, Warung Mak Beng berada di posisi ketiga dari 150 daftar yang berasal dari seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar membanggakan bagi Indonesia karena Warung Mak Beng di Sanur Bali masuk daftar restoran legendaris dunia versi TasteAtlas. Tak tanggung-tanggung, Warung Mak Beng masuk tiga besar, berada di posisi ketiga dari 150 negara di dunia. 

TasteAtlas adalah panduan online perjalanan pengalaman untuk makanan tradisional yang menyusun resep otentik, ulasan kritikus makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer. Berada di posisi pertama dalam daftar adalah Figlmuller di Vienna, Italia. Sementara posisi ke-2 restoran legendaris dunia ditempati oleh Katz's Delicatessen yang berlokasi di kota New York, Amerika Serikat. 

"150 restoran paling legendaris: Cita Rasa bukan gimmick, selama beberapa dekade. Ini merupakan 150 hidangan yang harus Anda coba selama hidup," tulis akun resmi TasteAtlas @tasteatlas di Instagram, dikutip Sabtu (24/6/2023).

Tentunya bagi Anda yang hobi wisata kuliner di Bali, pernah mendengar atau bahkan sudah mencoba menyantap hidangan di Warung Mak Beng Sanur Bali. Mengutip dari laman resmi Pemerintah Kota Denpasar, lokasi Warung Mak Beng berada di Jalan Hang Tuah No 45 Sanur, Denpasar.

Tepatnya di sebelah utara hotel Grand Ina Bali Beach. Warung Mak Beng telah berdiri sejak 1941 dan berada di lokasi strategis tempat wisata Sanur Bali. 

Jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, untuk menuju warung Mak Beng Bali dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit melalui tol. Jika tidak melalui jalan tol, perkiraan waktu perjalanan sekitar 45 menit.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu Makanan di Warung Mak Beng

Sejak dulu Warung Mak Beng terbilang ramai. Jam buka warung makan dari jam 08:00-- 22:00 WIT, jadi pengunjung dapat mencoba makan saat waktu makan siang atau saat makan malam. Waktu paling ramai pengunjung adalah mulai dari pukul 14:00 --19:00 WIT.

Menu makanan di warung Mak Beng Bali, hanya satu jenis yakni paket menu yang terdiri dari atas nasi putih, sup kepala ikan, dan ikan goreng berbumbu. Tak ada menu lain yang akan Anda temukan di warung ini.

Untuk harga menu Mak Beng, satu porsi hidangan dijual dengan harga Rp 45.000 per paket, belum termasuk minuman. Ikan yang di gunakan tergantung ketersedian seperti ikan Tongkol (Mackerel tuna) atau ikan Cakalang (Skipjack tuna), hasil tangkapan nelayan lokal di daerah Sanur maupun wilayah Bali lainnya

Ikan ikan Tongkol atau ikan Cakalang segar yang telah di bersihkan, akan di masak selama kurang lebih 3 jam hingga dagingnya lembut dan empuk. Perasan jeruk nipis dan daun salam sangat membantu menghilangkan bau amis dari ikan. 

 

3 dari 4 halaman

Diolah dengan Bumbu Rempah Khas

Campuran bumbu khas Bali dan rempah-rempah yang di masak dengan cara tradisional membuat rasanya tidak tertandingi dan sangat cocok bagi penyuka makanan pedas. Untuk ikan gorengnya menggunakan bumbu terasi. Resep sambal ikan Mak Beng terdiri dari cabai, garam, terasi, gula jawa, dan minyak goreng.

Adapun minuman yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari air mineral, jus dan soft drink. Karena keistimewaan warung yang hanya memiliki satu menu andalan dengan nama sop ikan Mak Beng Sanur.

Hampir tiap hari tempat makan di Bali ini tidak pernah sepi pengunjung. Terutama pada musim liburan sekolah, Natal, Tahun Baru, dan hari libur. Pengunjung bahkan rela antri sampai 30 menit untuk dapat mencicipi hidangan laut satu ini.

Tempatnya yang tidak terlalu luas, tanpa AC, dan hanya kipas angin berputar dilangit–langit. Namun tidak mengurungkan niat pembeli beramai-ramai datang ke warung sederhana ini. 

Hidangan yang sudah dipesan akan disajikan dalam hitungan kurang dari 10 menit. Setiap hari restoran ini kabarnya bisa menghabiskan puluhan kilo ikan jangki untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. 

4 dari 4 halaman

Pisang Goreng dari Indonesia Dessert Terenak di Dunia

Sebelumnya, TasteAtlas juga menobatkan sebagai salah satu gorengan manis dan juga makanan penutup terbaik di dunia. Pisang goreng merupakan perpaduan buah pisang yang dibalut dengan tepung terigu.

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, 17 Februari 2023, pemilihan pisang goreng tidak didasarkan sebagai pilihan yang paling sehat, melainkan pilihan yang sangat populer di hampir setiap masakan dan budaya. Oleh karena itu, pisang goreng pun dinobatkan sebagai makanan goreng penutup terbaik.

TasteAtlas merangkum berbagai makanan yang diteliti dan dipetakan, sehingga menjadi populer di kota, wilayah, dan desa di dunia. Pisang goreng dari Indonesia ini berada di nomor satu dengan perolehan poin 4.60 bahkan mengalahkan churros dari Spanyol dengan poin 4.30 dan donat dari Amerika Serikat dengan poin 4.10.

Untuk diketahui, TasteAtlas menyusun resep otentik, ulasan kritikus makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer di seluruh dunia. Taste Atlas menganggap pisang goreng merupakan salah satu jajanan yang sering disantap oleh masyarakat Indonesia sehari-harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.