Sukses

Pramugari Perlakukan Jemaah Haji Indonesia bak Orangtua Sendiri, Bantu Gantikan Popok

Seorang pramugari membagikan pengalamannya melayani jemaah haji Indonesia yang sebagian besar adalah lansia dalam pesawat menuju Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pramugari membagikan pengalamannya saat melayani jemaah haji Indonesia di pesawat. Jemaah haji 2023 yang sebagian besar lansia membuat para pramugari harus ekstra sabar dengan tetap memperlakukan mereka selayaknya orangtua sendiri.

Hal itu terungkap dari unggahan video singkat dari salah seorang pramugari Garuda Indonesia melalui akun @karerinannisa di platform TikTok. "Jujur penerbangan ini tuh penuh haru banget, karena mereka udah sepuh tapi semangatnya luar biasa buat ibadah haji," sebut  sang pramugari di awal video, dikutip pada Kamis (22/6/2023).

Video tersebut juga memperlihatkan seorang jemaah haji Indonesia yang menggendong istrinya sejak masuk pesawah hingga ke kursi. "MasyaAllah air mata tuh nggak berhenti turun melihat mereka," sambungnya. 

Para kru pesawat secara ekstra menjaga jemaah dengan berbagai kondisi. Ada yang belum pernah sama sekali naik pesawat, ada yang ingatannya kurang bahkan sampai pipis di celana. "Dan aku harus menggantikan pampers (popok) nya," katanya lagi.

Beberapa waktu berselang, pramugari itu merekam situasi para jemaah haji yang hendak salat berjamaah dan bertayamum. Karena banyak yang sakit di tengah perjalanan, awak kabin pun harus meregangkan otot mereka dulu agar peredaran darah lancar dan sendi-sendi tak terasa sakit.

"Akhirnya sudah sampai di Madinah. Banyak yang nggak bisa jalan sama sekali tapi ada juga yang masih bisa kita bantu. Tapi yang aku salut mereka semangat banget buat ngejalaninnya," celoteha sang pramugari sambil terharu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anggap Seperti Anak Sendiri

Hal yang membuat sang pramugari makin terkesan adalah perhatian para kru kabin, membuat para jemaah haji juga respek. Bahkan, ketika sampai mereka memeluk dan mencium bagai anak sendiri.

"Semoga sehat-sehat ya bapak ibu sampai ke Tanah Air," doanya. 

Video yang mendapat 232,7 ribu tanda suka tersebut mendapatkan ribuan komentar dari warganet. Mereka ikut terharu dengan semangat para jemaah haji meskipun sudah renta untuk menjalankan ibadah.

"Kak aku nangis, terima kasih sudah membersamai mereka dengan tulus ya," tulis warganet.

"Kalo bukan kita siapa lagi yang jaga mereka. Mereka udah kayak orangtua sendiri," balas pramugari tersebut.

"Kak jangan pernah capek jadi orang baik ya," komentar yang lain.

"Haru banget semoga bisa menunaikan ibadah haji," sambung yang lain.

"Merinding nangis huhu. Semoga diberi kesehatan," tulis yang lain.

"Semoga disehatkan semua jemaah dan kakak kakak yang jagain mereka semua," doa warganet.

3 dari 4 halaman

Jemaah Haji yang Stroke Sembuh Usai Minum Air Zamzam

Keterbatasan fisik tak menyurutkan seorang jemaah haji asal Kabupaten Bone, Sulawesi Seatan, untuk tetap beribadah. Indo Hanna yang berusia 79 tahun terpaksa memakai kursi roda karena kondisi kesehatannya yang mengidap stroke ringan.

Selain tak bisa berjalan dan menggerakkan dua pergelangan tangannya, mulut jemaah haji lansia ini juga sulit untuk dibuka. Saat pemeriksaan kesehatan, tim dokter kloter dan klinik kesehatan haji di Asrama Haji Sudiang mengidentifikasi Hanna mengalami gangguan aliran darah ke otak sementara.

Meski begitu, Hanna tetap diizinkan berangkat ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi. Melansir laman merdeka.com dan akun TikTok @officialinews, Selasa (20/6/2023), Hannah tergabung di kloter 22 UPG dengan 218 jemaah asal Pangkep, dan 175 jemaah dari Bone. (total 393 jemaah).

Dia ditempatkan di rombongan 8, regu 29, bersama 30 tetangga dan warga sekampungnya. Mereka termasuk jemaah haji gelombang II yang mendarat di Jeddah Sabtu 9 Juni 2023.

Saat tiba di Mekkah, Arab Saudi, Hanna menginap di kamar nomor 606 Hotel Ruwabi Muna. Karena kondisi fisik dan keterbatasan pendamping pendorong kursi roda, Hanna tak dibiarkan menunaikan sholat lima waktu berjemaah di Masjidil Haram.

"Kita pilih melarangnya ke Masjidil Haram, tapi dia selalu minta dibawakan air zamzam dari Masjidil Haram," kata Kiai Arief Arfah, pembimbing ibadah kloter. Permintaan Indo Hanna untuk dibawakan air zamzam dipenuhi oleh teman kamarnya. Setelah tiga hari, ia bisa berdiri sendiri.

 

4 dari 4 halaman

Penjelasan dari Penelitian

Mengutip dari kanal Heath Liputan6.com, manfaat air Zamzam telah diteliti oleh para ahli. Salah satunya di jurnal berjudul "The Effect of Zam-zam Water to the Lipid Profile (HDL & LDL) at White Mouse (Rattus novergicus)."

Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Mutiara Medika itu mengatakan, air zamzam diduga berkhasiat menurunkan kadar profil lipid (lemak) dalam darah. Penelitian dilakukan pada 25 tikus putih selama 28 hari. Hasilnya, air zamzam 100 persen terbukti sangat berpengaruh terhadap HDL dan LDL. Disimpulkan bahwa pemberian air Zamzam berpengaruh pada profil lipid darah HDL dan LDL Rattus norvegicus (tikus putih).

Dalam penelitian lain yang dipublikasikan di National Library of Medicine disebutkan bahwa air Zamzam memberikan efek perlindungan pada jaringan tubuh tikus putih. "Data kami membuktikan bahwa air Zamzam bebas patogen sehingga tidak ada pertumbuhan bakteri pada koloni agar CLED (media kultur padat diferensial)," sebut penelitian yang ditulis oleh ilmuwan Arab Saudi, Hany Salah Mahmoud dan kawan-kawannya.

Penelitian juga mengungkap khasiat mengonsumsi air Zamzam secara rutin selama tiga bulan. "Konsumsi air Zamzam selama tiga bulan berturut-turut pada tikus cukup aman untuk kesehatan umum serta secara signifikan menurunkan asam urat dan kolesterol."

Zamzam mempunyai kandungan kalsium, magnesium, dan selenium yang tinggi. Secara histologis (cabang ilmu biologi yang mempelajari struktur sel dan jaringan), data peneliti menegaskan air Zamzam cukup aman untuk ginjal dan sebanding dengan jenis air minum lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini