Sukses

Beredar Video Lama Ganjar Pranowo dan Anne Avantie Diwawancarai Najwa Shihab, Bahas Pentingnya Popularitas dan Pencitraan

Ganjar Pranowo sempat dituding sejumlah warganet sebagai gubernur pencitraan. Pasalnya,ia pernah mengundang pemain Timnas Indonesia yang meraih medali emas di SEA Games setelah dituding sebagai biang kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video lama yang menampilkan potongan wawancara presenter Najwa Shihab dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan desainer Anne Avantie baru saja beredar di media sosial. Video dibagikan oleh akun Instagram resmi Anne Avantie @anneavantieheart pada Selasa, 13 Juni 2023. Video singkat itu membahasa tentang pencitraan dan popularitas di mata Anne Avantie dan Ganjar Pranowo.

Entah kebetulan atau tidak, Ganjar sempat dituding sejumlah warganet Indonesia sebagai gubernur pencitraan. Salah satu bakal calon presiden di Pilpres 2024 ini pernah mengundang sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas di SEA Games 2023 pada Mei lalu.

Padahal sebelumnya, ia dituding sebagai biang kerok batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Indonesia karena menentang kehadiran timnas Israel. Ganjar bahkan disebut-sebut jadi penghancur mimpi para pemaon timnas U-20 Indonesia yang sudah menyiapkan diri sejak lama agar bisa berlaga di Piala Dunia U-20.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas di SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola dan mendapatkan banyak pujian. Soal pencitraan ini ternyata sidah ramai disematkan pada Ganjar, setidaknya pada 2019 lalu yang dibahas di program Mata Najw a yang dipandu Najwa Shihab.

"Dokumentasi tahun 2019 dimana saya tidak tau apa itu POLITIK… ketika di PANGGUNG.., saya hanya mengemukakan apa yang terpikir dalam benak saya… yang saya alami dalam PERJALANAN HIDUP saya.. 💕❤️," tulis Anne Avantie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membangun Citra Diri dan Popularitas

"Bahwa “bagi saya” POPULARITAS itu sangat PENTING dan PENCITRAAN itu selama tidak untuk suatu tujuan NEGATIF.. juga merupakan satu bagian yang PENTING. Karena dengan POPULER itu harus BERCITRA BAIK… 🙏💕❤️,” sambung desainer senior asal Semarang itu.

"Membangun CITRA DIRI itu penting dalam segala bidang.. sampai hari ini saya tidak jadi APA-APA.., tidak juga jadi CALEG. Tidak sama sekali BERPOLITIK… 🙏🙏, Tapi saya butuh CITRA DIRI dalam membangun hidup saya.., semoga menginspirasi 🙏🙏💕," tutupnya.

Pendapat Anne didukung oleh Ganjar yang mengakui dalam dunia politik juga butuh pencitraan tapi untuk tujuan yang baik.

"Politik itu juga membangun citra, tentunya citra yang baik. Memangnya kamu mau jadi politisi yang buruk yang busuk? Terus kamu mau membangun citramu seenaknya sendiri? Ya nggak bisa," tutur Ganjar.

"Kita semua melakukan pencitraan tapi ya pencitraan yang baik. Kalau mbak Nana nggak punya citra yang baik, mana mungkin bisa mengundang orang sebanyak ini untuk ikut acara ini," timpal Anne yang disambut tepuk tangan meriah para penonton.

3 dari 4 halaman

Dukungan Anne untuk Ganjar?

"Yang sangat disayangkan sekarang ini, ada sebagian orang yang nggak suka melihat ada orang sukses. Kalau ada orang yang sukses bukan mencari tahu bagaimana cara dia bisa sukses, tapi justru dicari-cari kejelekannya apa. Catat ini ya, kalau bagi saya, orang yang suka mencibir orang yang sukses itu bukanlah orang yang sukses," tutur Anne lagi.

Belum diketahui maksud Anne mengunggah kembali video lama tersebut. Belum diketahui juga apakah Anne mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Yang jelas, unggahan itu mendapat banyak pujian dari warganet dan dianggap sangat menginspirasi.

"Menginspirasi sekali bunda yg bunda katakan dan lakukan Sehat salalu bunda. GBU," komentar seorang warganet.

"Kalo bunda PENCITRAAN nya kan INSPIRATIF makanya bunda sampe' detik ini pun bisa menggenggam yg namanya POPULARITAS,” komentar warganet lainnya.

"Bunda pesannya mendalam sekali " Orang yang mencibir orang sukses tidak pernah sukses,” timpal warganet lainnya.

"Saya terpukau dengan mindset ini, semula pencitraan identik dengan sesuatu yg kurang baik, dengan adanya pernyataan bunda tsb menjadi terbalik bahwa pencitraan adalah hal yg positif, terima kasih bunda buat insight nya 🙏," kata warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Pertemuan Ganjar dan Jokowi

Sementara itu, Ganjar baru saja mengunggah foto bersama Presiden Jokowi di akun instagramnya, @ganjar_pranowo, Selasa, 13 Juni 2023. Unggahan tersebut memperlihatkan Gubernur Jateng itu dan Jokowi yang tampak duduk berdua di sebuah meja bundar dengan jarak relatif tidak terlalu jauh.

Di atas meja tersebut tersedia banyak makanan, dari sate, lalu ada juga pelengkap makanan semisal kerupuk, kecap, dan buah. Dalam foto itu, Jokowi berpakaian kemeja putih polos dengan lengan tangan di atas meja. Jokowi tampak senyum lebar dengan pandangan mata ke arah Ganjar.

Sementara, Ganjar yang mengenakan kemeja batik terlihat senyum merekah dengan pandangan agak menunduk. Tangan Ganjar ditempatkan di bawah meja beralaskan kain. "Kalau pas lagi makan malam bareng Pak Jokowi, ada menu yang gak boleh ketinggalan. Apa coba?" tulis Ganjar dalam akun Instagram pribadinya, Selasa (13/6/2023).

Ganjar pun mendapat respons dari para pengikutnya. Beberapa menebak menu yang tidak boleh ketinggalan adalah kerupuk. Ada juga yang menjawab sate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini