Sukses

Demi Bisa Mewujudkan Keluarga yang Sehat, 4 Kebiasaan Baik Ini Wajib untuk Diterapkan

Lantas, apa saja kebiasaan baik tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keluarga yang sehat merupakan impian dari semua orang. Sebab, keluarga yang sehat ini ibarat pondasi rumah tangga yang kuat untuk waktu sekarang dan di masa yang akan mendatang. Selain itu, lingkungan yang sejahtera dan harmonis pun juga akan turut tercipta apabila setiap anggota keluarga yang tinggal di satu rumah memiliki kesehatan yang baik.

Tentunya ada banyak hal yang bisa diupayakan agar seluruh anggota keluarga bisa terjaga kesehatannya, baik secara fisik maupun mental. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan gaya hidup yang baik ini pun juga tak mahal, asal ada komitmen kuat yang dipegang. Lantas, apa saja kebiasaan baik tersebut? 

Meluangkan Waktu Bersama Keluarga

Sepadat apapun aktivitas yang dimiliki, namun jangan pernah lupa untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Menghabiskan quality time dengan orang-orang terdekat diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan diri sendiri serta keluarga. Selain itu, aktivitas yang disebut pula sebagai family time ini dapat membuat tingkat kebahagian dan keterbukaan antara anggota keluarga semakin lebih baik lagi.

Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Untuk menjaga kesehatan keluarga, maka mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang sudah pasti perlu dilakukan. Terlebih lagi bagi anak-anak yang sedang di dalam fase perkembangan dan pertumbuhan, di mana mereka memerlukan banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, zat gizi, protein, dan lainnya. Untuk itu, selalu sediakan aneka hidangan yang bergizi di rumah, agar anggota keluarga juga bisa terbiasa mengonsumsi makanan sehat setiap harinya.

Rutin Berolahraga

Selain menyiapkan makanan bergizi, kamu dan keluarga juga perlu untuk berolahraga secara rutin. Aktivitas ini sangat dianjurkan agar tubuh bisa tetap fit, bugar, dan sehat selalu. Selain itu, olahraga juga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati serta mampu menjaga kesehatan mental. 

Meski begitu, apabila ingin mengajak si kecil untuk berolahraga, maka sebaiknya pilih jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan. Misalnya saja seperti bersepeda, jogging, atau bahkan berenang.

Menjaga Kebersihan Tangan

Langkah terakhir yang bisa diterapkan untuk mewujudkan keluarga sehat adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Nah, hal ini tentunya dapat kamu lakukan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. 

Sebisa mungkin, terapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun ini setelah melakukan aktivitas apapun. Sebab, kuman dan bakteri yang tak terlihat bisa saja menempel serta bersarang di sela-sela tangan kamu beserta anggota keluarga tercinta.

Untuk produk sabun cuci tangan yang tepat, sebaiknya pilih yang dilengkapi dengan kandungan anti bakteri. Ini supaya segala mikroba yang menempel pada tangan bisa dibasmi secara menyeluruh. Selain itu, cari pula sabun cuci tangan yang ramah di kulit dan tak menyebabkan iritasi, ya.

Well, itu tadi beberapa kebiasan baik yang bisa diterapkan untuk mewujudkan keluarga sehat. Apakah kamu sudah melakukannya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini